Skip to main content

Review Buku Misteri Patung Garam oleh Ruwi Meita.

Novel misteri lokal yang wajib dibaca



Tahun 2015 adalah ajang pembuktian Ruwi Meita sebagai novelis yang patut diperhitungkan di Indonesia. Gambar sampulnya yang misterius dan latar hitam mampu menghipnotis pembaca. MPG adalah salah satu novel lokal terbaik untuk dibaca tahun ini. Mengangkat kisah pembunuhan berantai oleh seorang psikopat yang terobsesi dengan garam. Penulis mengajak pembaca untuk turut serta mengungkap kasus tersebut selangkah demi selangkah. Kemampuan bercerita yang baik membawa pembaca menyelami kisah ini sambil menaruh rasa penasaran siapa aktor di balik pembunuhan keji. Novel misteri yang menghibur dan memuaskan pembaca dengan jalinan cerita yang runut, mulus dan cukup menegangkan.



Pembaca akan dibuat terpikat dengan karakter-karakter yang diciptakan. Sang tokoh utama seorang muda yang karirnya bersinar di kepolisian. Kiri Lamari adalah sosok yang tangguh dan punya insting yang tajam sebagai penyidik. Kisah percintaannya dengan Kenes Alida, sang pujaan hati yang bak penyeimbang kehidupan tidak hanya menjadi bumbu pemanis Misteri Patung Garam. Salah satu karakter yang berhasil mencuri perhatian adalah si bocah Ireng. Anak jalanan yang bak takdir bertemu dengan kedua anggota Klub Bahaya. 

 
Kasus dalam Misteri Patung Garam dimulai ketika seorang pianis ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di rumahnya. Wina Krisnayanti mematung didepan piano. Tak disangka tidak terjadi pembusukan dan di lokasi kejadian ditemukan banyak sekali garam. Bahkan sang pianis terbalut garam dengan indah bak mahakarya pematung berkelas. Akankah si pembunuh berdarah dingin itu berhasil diungkap keberadaannya? Siapkah Kiri menjaga orang terkasihnya dalam perburuannya menangkap Salty?

Misteri Patung Garam mampu dihadirkan dengan apik lewat cerita yang mengalir dan tertata. Berkat kepiawaiannya menyihir pembaca dengan deskripsi yang memikat. Pembaca seakan ikut masuk dalam cerita. Kelebihan penulis memainkan pertunjukannya membuat pembaca mampu mencerna cerita dengan baik. Bermain dengan sisi misterius yang mampu dihadirkan lewat unsur garam. Kita diajak mengingat kisah keponakan Abaraham. Lot dan keluarganya yang harus meninggalkan kota penuh dosa, Sodom dan Gomora.
Sembari mengikuti pergolakan batin sang tokoh utama. Kita diajak bertualang mencari jejak petunjuk yang mengarah kepada si pembunuh. Sosok berdarah dingin yang tak kenal ampun. Konflik psikologis mampu dihadirkan dengan baik oleh penulis. Namun memasuki pertengahan cerita, gaya penulisan yang seolah harus tertata apik membuat sedikit blunder. Dengan mudah pembaca yang jeli akan terbayang sebuah pola yang berulang. Bisa saja penulis melakukannya untuk "menahan" pembaca sebelum klimaks yang telah disiapkan. Hal ini kemudian menjadi kekuatan sekaligus faktor yang melemahkan. Minimnya kejutan dan tertangkap kesan cerita yang terburu-buru ingin diselesaikan.


Sepertiga akhir Misteri Patung Garam adalah bagian terbaik. Disini ketegangan dapat dibangun dengan baik. Pembaca dibuat tak bergidik membayangkan scene demi scene yang disajikan. Penutup yang menghibur dan cukup memuaskan. Dilihat dari penggalan cerita yang disajikan. Terdapat kemungkinan sekuel MPG. Saya menantikan kiprah Kiri dalam menangani kasus yang lebih spektakuler. 
Satu hal yang patut diapresiasi karena novel ini mengangkat tema kepolisian dan pembunuhan yang tidak biasa. Karyanya bak oase di tengah karya lokal yang tenggelam dibandingkan novel terjemahan sejenis. Pergelutan batin sang tokoh utama membuatnya tetap membumi. Keunggulan novel lokal ini adalah pembaca akan mampu lebih memahami jalan ceritanya dan terikat dengan cerita dengan cepat. Hal ini tidak dipungkiri karena setting cerita yang eksotis dan lekat dengan pembaca. Di samping itu romansa yang dihadirkan turut menjadi bumbu penyedap dengan racikan yang pas.

Mbak Ruwi pasti dapat membuat sekuel lanjutan atau novel misteri yang lebih baik. Lebih menggigit. Misteri Patung Garam direkomendasikan bagi anda penyuka novel misteri. Layak dibaca untuk anda pencinta kisah perburuan kriminal yang menegangkan.


Misteri Patung Garam dikarang oleh Ruwi Meita diterbitkan tahun 2015 oleh Gagas Media.

Comments

  1. Ga salah deh kalau MPG udah dialihbahasakan ke bahasa Melayu dan beredar di Malaysia. Jadi ngga sabar nunggu MPG dianter ke rumaah :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa