Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BC

Selamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, dua identitas? Apalagi kalau ada seseorang lain yang juga punya kemampuan spesial dan punya karakter yang beringas dan jahat? Nah kurang lebih seperti itulah yang tersaji dalam SF. Saat ini SF di luar negeri mengusung tema yang lebih gelap, suram, dan kalau bisa lebih sedikit porsi si tokoh superhero. Mereka cenderung tidak bermain di zona aman, tipikal tema "We Need a Hero to Save the Day". Lebih seru lagi cerita yang disajikan kepada pembaca diambil dari perspektif si musuh atau sidekick si jagoan.



Cerita superhero punya keterkaitan baik di sisi fantasi dan sains fiksi book lovers. Sejauh mana keterikatan itu bergantung sumber kekuatan si manusia super itu. Seringnya sih kekuatan super itu enggak masuk akal (misal terbang dan berantem di antariksa), makanya cerita superhero sering dimasukin ke kategori fantasi. Meski tak banyak elemen cerita fantasi di dalamnya. Cerita-cerita yang imajinatif dan mengandung banyak world-building.

Ok itu ulasan singkat tentang SF. Terus apa aja sih contoh subgenre SF?



Mungkin kamu udah pernah baca sebelumnya. Ada seri H.I.V.E. Higher Institute of Villainous Education yang kemarin diterbitkan oleh Mizan Fantasy. Selain itu ada Seven Wonders karangan Adam Christoper dan buat kamu penggemar Neil Gaiman sudah pasti familiar dengan American Gods.



Berikut ini adalah beberapa SF yang bisa jadi rekomendasi bacaan kamu buat tahun 2015

1. Wildcards.


Ditulis sama si opa pencipta Game of Thrones, George R.R. Martin. Seri ini membuat genre superhero jadi lebih realistis buat pembaca; sebuah virus adalah penyebab kemapuan super dan si super hero bukan orang yang bersembunyi di balik sebuah topeng.


2. Renegade X


 
Seri Renegade X dikarang oleh Chelsea M. Campbell. Damien Locke adalah anak dari supervillain dan juga seorang superhero, ini adalah sebuah cerita pergulatan diriinya memilih mendukung kubu yang mana.


3. The Cloak Society



Dikarang oleh Jeramey Kraatz. The Cloak Society adalah sebuah organisasi penjahat super yang pernah dikalahkan para super hero, namun mereka berusaha untuk muncul kembali.



4. Steelheart



Dikarang oleh Brandon Sanderson. SF epik yang menyajikan dunia sedang didominasi dengan manusia yang tetiba mendapat kekuatan super. Sayangnya kekuatan super tersebut tidak jatuh di tangan orang yang baik.


It's Time to 1st Giveaway H23BC


1-13 April 2015.



Tanpa berpanjang lebar, buat kamu semua pembaca setia Blog Buku Haremi ada 1 buku A Clash of Kings. Buku kedua dari seri a Song of Ice and Fire. Yap, hadiah ini khusus bagi kamu yang lagi baca a Game of Thrones atau yang baru aja namatin novel epik ini. 


Caranya sangat mudah, namun perhatikan beberapa ketentuan berikut:

1. Jawaban cukup ditulis di kolom komentar (hanya 1 Jawaban per orang). Jangan lupa sertakan nama dan akun sosmed kamu.

2. Diwajibkan untuk subscribe h23bc.com via email dan follow akun twitter @h23bc & @BBI_2011


3. Diwajibkan untuk share link GA H23BC di medsos kamu. Jangan lupa mention @h23bc guys, minimal 1x share sepanjang periode GA ini :)

3. Opsional: follow ig blogbukuharemi dan ask.fm h23bc.
 

Pertanyaannya sangat mudah (biar semua bisa ikutan :D) yaitu

"Bagaimana kesan kamu tentang H23bc.com & sertakan pula kritik saran kamu buat Blog Buku Haremi?"





Sekali lagi pastikan kamu udah memenuhi syarat 1-3 untuk dapetin 1 novel epik a Clash of Kings. Pengumuman pemenang bisa kamu dapatkan tanggal 15 April 2015. So stay tune book lovers.


Jangan lewatkan juga postingan seru dan ikuti GA di blog member SFF,
Children and Young Adult's Literature, dan Romance. Good luck!



Dark Fantasy – Ough My Books!
Myth – Mari Ngomongin Buku
Supernatural – Kayla on Books
Time Travel – Bukubuku
Magic Realism – Let’s Read Between the Pages
Urban Fantasy – Baca Biar Beken
Science Fiction – Threez’s Stacks
Post Apocalyptic – Ira Book Lover
Dystopia – Let Me Tell You a Story
Dieselpunk – Legitur
Lego, Ergo Cogito, Ergo Sum
Steampunk – Ren’s Little Corner
Fairy Tale – Notes of The Dreamer
Superhero Fantasy – Blog Buku Haremi
Romance Fantasy – Melukis Bianglala — Kamu di sini :)
Kandang Baca


  Ps: Kunjungin juga post keren BBI lainnya disini


Comments

  1. Superhero fantasy cenderung "laki" banget ngga sih, menurutmu, stev? Ngga ada kah cerita yang agak girly? ((Halah))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku begitu mbak. IMO dari sononya Superhero melekat dengan kesan "laki" banget.

      Cuman kalo dilihat best seller SF di Amazon ternyata cerita yg girly :)

      Cekidot http://www.amazon.com/Best-Sellers-Kindle-Store-Superhero-Fantasy-eBooks/zgbs/digital-text/6809431011

      Delete
  2. menurutku, sebenarnya superhero itu juga udah termasuk fantasi ya. soalnya ada unsur-unsur yang digambarkan di luar nalar kehidupan sehari-hari. seperti bisa terbang, telekinesis, dan kekuatan super lainnya.

    ReplyDelete
  3. Waduh, aku cuma pernah bacanya superhero comic bukan novel.

    ReplyDelete
  4. Dari daftar di atas aku baru baca serial Wild Cards-nya GRRM saja.

    Kebanyakan novel superhero yang kubaca berupa novelisasi dari film (ini mah ada banyak) atau novelisasi dari komik (bisa dihitung dengan jari).

    ReplyDelete
  5. animorphs masuk SF ga ya? itu agak girly menurutku, soalnya di dalam kelompok ada ceweknya :)

    ReplyDelete
  6. Nurul Islamiyah
    FB :https://www.facebook.com/nurul.islamiyah.3551
    E-mail : nurulislamiiyah@gmail.com
    Twitter : @Iiind_

    "Bagaimana kesan kamu tentang H23bc.com & sertakan pula kritik saran kamu buat Blog Buku Haremi?"

    Kesan saya H23bc.com ini merupakan blog buku dan reviewer Indonesia yang cukup interaktif dan menarik serta bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengecek novel-novel rekomended!
    Kritik : Tampilannya blognya menurut saya masih terlalu datar, apa mungkin saya yang menyukai kealayan? Entah.
    Saran : Sering-sering GA yaa!

    ReplyDelete
  7. Nama : Dwi Setianto
    Twitter : @Dwi_Setianto
    Email : setians.radcliffe21@gmail.com

    Aku selama ini cuma jadi silent reader kalau mampir ke blog ini. Review-review bukunya berguna banget buat aku. Good job!
    Untuk tampilan blognya, menu-menunya sudah bagus meskipun temanya menurutku masih terlalu sederhana (misal, background yang polos). Sebaiknya bisa didesain lagi agar lebih eye-catching. Interface/ interaksi blog dengan pengunjung juga agar lebih ditingkatkan.

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. covernya buku brandon sanderson itu bikin mupeng banget haha... Sebenernya buat superhero kebanyakan saya nonton aja, malah ga pernah baca komiknya gitu. Bahkan ga nonton film seriannya, cuma movie doang :)

    ReplyDelete
  9. (muka tembok)

    (skroll-skroll komen) "Lho, yang ikut belum banyak, asyeeeek." Tapi di sini banyak fans-nya penulis, yha, jadi malu. Tapi malu gak cukup menghalagi saya buat ikutan giveaway #prinsip

    Hai. Mas Haremi salam kenal. Ini shameless banget ya saya gak tahu menahu soal blog ini sebelum acara giveaway. Tapi sekarang jadi tahu dan sudah follow akun twitternya juga. Ehe. Nanti kita kenalan lebih jauh di sana ya. Bahas ini itu. Karena pas skroll TLnya tadi kayaknya lumayan seru, nambah pengetahuan.

    Saya kira tadinya hadiahnya adalah buku-buku sekelas Marvel karena judulnya "superhero" ah ternyata novelnya G R.R Martin (gak bisa nolak juga yang ini, yha)

    Kesan saya dengan hanya baca satu tulisan ini saja http://www.h23bc.com/2015/04/enter-magical-realm-superhero-fantasy.html adalah Anda blogger yang tulisannya enak di lidah. Pas lihat judul-judul blognya bikin saya manggut-manggut dan melakukan penilaian juga, Anda seperti apa. Lalu hal kedua yang saya lakukan adalah mengintip salah satu review buku "Filosofi Kopi" untuk lebih mengenal sosok Haremi. Dan komentar pertama saya adalah "rapi" dan tidak memberikan spoiler cerita (seperti kalau misalnya saya yang mereview). Saya juga kepo nanti kalau saya yang mereview FK jadinya kayak apa, karena buku itu baru mau saya baca juga, boleh minjem.

    Saya akan membaca 1 review lagi untuk memberikan kritik dan saran. Karena hanya dari satu tulisan saja rasanya kurang. Dan saya pilih TFIOS btw (meskipun saya gak tahu kapan bakal baca buku ini, karena belum tertarik juga, picky) Tapi buku ini fenomenal dikalangan teman-teman saya dan komentarnya bagus, seperti yang Anda tuliskan.

    Hm. Jadi, sebagai penutup, kritik/saran saya sebelum bertanya (ini maksudnya h23bc apa ya Mas Har?!) reviewnya di kail lebih dalam lagi, karena meskipun bagus terasa nanggung. Supaya lebih greget dan semakin membuat penasaran. Apalagi buat buku-buku yang oke.

    Sekian. Salam kenal.

    Larasestu Hadisumarinda | @ecocriticsmeve & @LarasestuHsr | larasestuhadisumarinda@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Kayanya American Gods ga ada superheronya deh *protes, wkwkwk... Kalo diingat2, aku jarang baca superhero kayanya, lebih suka yg karakternya manusiawi, ada kekurangan & kelebihannya

    ReplyDelete
  11. Haai ikutan giveawaynya yaa :)

    1. Wiwi Widiani
    Twitter : @wiiidiani

    2. Subscribe h23bc.com via email : Sukses (adee_d@ymail.com)
    Sukses follow akun twitter @h23bc & @BBI_2011 : @wiiidiani

    3. Link Share :

    3. Opsional: Sukses follow ig blogbukuharemi : @wiiidiani


    "Bagaimana kesan kamu tentang H23bc.com & sertakan pula kritik saran kamu buat Blog Buku Haremi?"
    >>> Aku suka blognya, tulisan/reviewnya tentang buku pernah beberapa kali menjadi bahan acuan waktu aku bingung : beli gak yaa buku ini...
    Cuma, maaf yaaa.... hehe.. aku kurang suka tampilannya aja, kalau boleh saran, biar lebih rapi dan enak dimata, dijadiin dua bilah aja, satu bilah post blog dan satu bilah buat nempatin berbagai widget. Udah segitu aja. Terima kasih gveawaynya yaa, semoga saya bisa beruntung :)

    ReplyDelete
  12. Aku suka banget ngikutin film-filmnya marvel. Apalagi sekarang dijadikan satu universe gitu. Tapi belum berani coba baca buku superhero. Bayanganku kan kalo cerita superhero banyak aksinya ya. Jadi lebih enak nonton gitu atau baca komiknya :D

    ReplyDelete
  13. Kesanku untuk blog ini... hnn, agak datar ya. Mungkin karena kurangnya sentuhan personal? Seperti sebuah ruangan kantor yang terkesan kaku dan dingin ._.v

    Tapi sejujurnya, tampilan sudah bagus bila dilihat dari kepraktisan dan fungsi. Menu-menu yang sering diakses ada di sidebar, ada navigasi, ada kotak search. Mungkin agar bisa menampilkan banyak tulisan, posting perlu dipotong dengan "read more", juga agar pembatja penasaran dan mungkin meninggalkan komentar.

    Aku rasa itu cukup :D

    Twitter: @FJrean || Subscribe surel: reatheryan[at]gmail[cot]com

    ReplyDelete
  14. farhananshary@gmail.com
    @farhananshary

    Kesan saya? Isinya oke, tapi saya mungkin kurang suka penggunaan font yang dipakai seperti di postingan ini. Mungkin font yang dipakai di tahun 2013 bisa jadi acuan. Saya hanya terpikir segitu saja hehehe

    ReplyDelete
  15. Nama: Zakiyatur Rosidah
    E-mail : zakiyatur.rosidah@gmail.com
    Twitter : @zakiya_rosidah9
    Link share (yang pertama) : https://mobile.twitter.com/Zakiya_Rosidah9/status/585806106460430336?p=v


    Kesanku liat blog ini, tentu isinya sangat menarik dan bisa jadi tempat untuk cari-cari buku yang sekiranya harus ku baca. Dari segi tampilan menurutku bagus kok. Aku suka yang simple kayak gini cuma lebarnya aja kurang sesuai. Tapi banyak yang blogwalking biasanya lebih suka kalo blog yang dikunjungi bagus, eye-catching, desainnya terlihat beda gitu. Tapi overall bagus. Menurutku sih yang penting isi blognya tersebut. Hehe.. Sekian kritik dan saranku ya Kak :)

    Terimakasih^^ wish me luck

    ReplyDelete
  16. Nama: Akhfhin Rahardhiyanto
    Email: afingleek@gmail.com
    Twitter: @afingleek
    Link share: https://twitter.com/afingleek/status/583854091903885312

    followers baru nih kak steven hehe. Pertama kali liat buku ini itu tampilannya rapih, bersih, dan terlihat profesional suka deh. Baca isi-isi blog ini juga ga menyakitkan mata. Lagi suka baca interview sama para anggota SFF mengenai fantasi. kereeennnn. kalo kritik dan saran sepertinya lebih baik untuk ukuran layout content blognya dilebarkan kak karena sepertinya banyak space kosongnya hehe :)

    ReplyDelete
  17. nama : imas rani
    email : iranie35@gmail.com
    twitter : @imas_rani
    link share:
    https://mobile.twitter.com/imas_rani/status/586451468175015936?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4600133340

    aku pengunjung baru di blog ini :) kesan pertama aku liat-liat blog'nya baca-baca review'nya, sebenernya semua'nya udah bagus, cara penyampaian reviewnya ga bikin spoiler.
    kritik dan saran mungkin tampilannya aja lebih di percantik aja biar ga terlalu datar jadi makin banyak yang tertarik buat berkunjung

    ReplyDelete
  18. Bismillah, wish me luck! ^_^

    Nama: Ananda Nur Fitriani
    Email: Anandanftrn@gmail.com
    Twitter: @anandanf07
    Ig: @anandanftrn_
    Ask.fm: @anandanftrn
    (sukses follow Twitter, ig, dan ask.fm)
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/586568348319662080

    Hem, aku belum terlalu lama ya ngunjungin blog kakak ^^ menurut aku blog nya udah bagus, simple, ga rame, tapi tetep menarik ^_^ bagus juga ya kakak sampe bikin ask.fm dan ig yang namanya blog kakak :D btw aku bingung nama h23bc itu dapet darimana yah? Kayanya ada suatu arti dibalik itu ^^
    Kalo saran sih ya kalo kakak mau dikasih suatu hiasan aja di awal blog nya, pake warna warni gitu, kan background nya udah putih, biar lebih menarik aja :D tapi kalo warna putih itu udah jadi ciri khas kepribadian kakak ya gapapa kok, blog juga kan salah satu sarana meng-ekspresi kan diri :D terus font sama post-an nya juga ga ada masalah, simple jadi enak dibaca ^^ Makasih kak udah ngadain GA nya ^^

    ReplyDelete
  19. Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/587530897861120000

    Jawaban:
    kesan aku waktu baca blog Haremi hmm... blognya sangat simpel dan kesannya cowok banget. permainan warnanya juga gak macem2. cuma karena aku cewek yang suka warna2 sweet dan layout blog yang menarik, baca blog Haremi agak2 bikin bosen. kesannya flat banget gitu. semacam gak ada gejolak *halah* mungkin ditambah apa gitu biar agak semarak sedikit :) untuk konten sih udah oke banget. reviewnya juga mantap, bisa dijadikan referensi sebelum beli novel inceran :)

    ReplyDelete
  20. Maryana | @ryana_maryana | amz_ochi_gnz@yahoo.co.id | https://twitter.com/ryana_maryana/status/587577502383509504

    Kesannya....
    Hal yang paling disuka adalah...
    Isi postingan lebih panjang dari pada widget. Banyak blog yang panjang ke bawah tapi widget doang yang banyak. Postingannya pendek pendek XD

    ReplyDelete
  21. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Twitter: @murniaya
    Facebook: Aya Murning
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/587593839713525760

    Jawaban:

    halo! salam kenal ya. jujur aja ini pertama kalinya saya berkunjung ke blog ini. tadinya mengira ini dikelola oleh seorang perempuan, eh ternyata laki-laki toh. hehe. sempat berkutat di halaman-halaman depan, beberapa kali scrolling demi menemukan post ini, dan ternyata yang sebelumnya saya temukan adalah banyak interview dengan beberapa host blog di giveaway sebelah. hmm, intersting!
    sebenernya saya belum terlalu dalam scrolling blog ini, dan nggak tahu juga interview tersebut dilakukan memang reguler atau karena lagi event HUT BBI aja nih. tapi kalau itu cuma karena lagi ada event ini aja, saran saya sih mending pertahanin deh interview or blogcrossing-nya walau pun lagi nggak ada event. :)
    awalnya saya kira ini blog khusus buku tapi tumben aja nama dan tema di blognya nggak terlalu kental dengan 'aura' buku walau pun saya nggak tahu maksud atau arti h23bc itu. hehe. ternyata memang nggak semua post yang dicantumkan berhubungan dengan buku. thanks for inspiring me, kirain blog yang jadi anggota BBI itu harus blog yang berisi tentang buku semua. :D

    eh, by the way, saya juga ngikutin lho seri Arrow. sampai hari ini udah nyampe eps 6 di season 3. tapi baru punya datanya sampe eps 9. belum dapet data baru lagi nih dari kakak ipar. rencanya setelah selesai nonton Arrow eps 9 (nggak bisa lanjutin karena belum dikasih data baru) mau langsung lanjutin Flash, yang ini udah dikasih datanya oleh kakak ipar. 2 seri ini emang agak uni ya menurutku karena pemeran-pemeran utama di Arrow dan Flash semuanya sama-sama muncul di seri masing-masing. :D

    ReplyDelete
  22. Nama:Cynthia
    @vivicynthia
    Saya belum pernah baca buku yg diatas.tapi,tertarik u/membaca.makasih pembahasan superhero genre fantasi.pernah baca komik genre fantasy.
    HBD buat @bbi_2011 sukses selalu buat anggota & bbi sendiri.akun ini sdh cukup baik.tapi kayaknya kurang menarik pada tampilan.tapi,overall sudah membahas buku,saling berbagi dgn pembaca lain.makasih ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment