Interview with Prasasti "Legitur"





Hai mbak Sasti. Salam kenal. Blognya keren. Kesannya misterius tapi bikin gregetan pengen baca. Terima kasih udah sempatin berbagi kepada pembaca BBI.


Pertanyaan pertama. Sedang sibuk apa akhir-akhir ini?

Sibuk kuliah. Terutama, mikirin tentang penelitian dan judul untuk skripsi.


Dilihat-lihat mbak Sasti salah satu fansnya Aliazalea. Boleh ceritain kesan-kesan bukunya Aliazalea kepada pembaca?

Yah, bisa dibilang aku salah satu orang yang menyukai buku-buku nya aliaZalea. Kesanku pas baca buku nya aliaZalea itu... ada ya buku Indo yang berani ngambil tema sex before marriage. Konflik yang ada didalam menurutku juga udah mainstream sih, cuman aku suka alur nya. Yah itulah kenapa aku tertarik baca semua buku nya aliaZalea


Buku-buku Fantasy mendominasi Legitur. Menurut mbak Sasti, Fantasy yang seru itu kudu gimana sih?



Berhubung aku suka Urban Fantasy, pakek banget. Jadi yang bisa aku katakan adalah.. tokoh heroine yang badass, minim romens, banyak petualangan seru, ada suspense nya, ceritanya nggak menye-menye a.k.a galau dan penggambaran dunia fantasy nya nggak setengah-setengah.


Hampir kelupaan. Apa sih inspirasi dibalik nama blog buku Legitur?


Nama Legitur itu aku temukan secara nggak sengaja. Pas jaman semester awal dulu, aku kan hafalan nama-nama tulang sama bentukan tulang pakek bahasa Latin. Nah, disitu aku iseng cari kata “Membaca” dalam bahasa Latin. Yah dari itulah, inspirasi nama blog ku datang.


Musik favorit kamu apa? Suka membaca sambil mendengarkan musik tertentu?



Musik favorit sih banyak. Country, instrumental, klasik, pop. Tapi, kalau temen baca ya.. masih lagu four seasons nya Antonio Vivaldi dan symponi nya Beethoven yang jadi favorite.


Hunger Games atau CoHF? Mengapa?



Hunger Games. Pertama, aku kurang suka sama hubungan antara Clary-Jace. Dua, didalam buku CoHF itu terlalu banyak drama dan “pemuja cinta”. Tiga, dari fisik edisi Indonesia font size nya sukses membuat mataku perih.

Intinya, dari buku CoHF tokoh utama nya kurang menarik bagiku dan terlalu mengumbar ke galauan mereka. Aku malahan lebih suka pasangan Simon-Izzy dan Magnus-Alec.


Apa sih bedanya sci-fi fantasy sama jenis fantasy yang lainnya? Dan kenapa tertarik dengan science fiction fantasy? @asysyifaahs



Fantasy itu khayalan, berimajinasi dan susah di nalar. Kalau fiksi ilmiah, itu juga berimajinasi tapi, masih ada unsur-unsur sains nya.


Pernahkah blogger buku merasa tiba-tiba bosen baca buku setelah estafet baca dan review buku sekaligus? Solusinya gimana? @evizaid



Bosen pernah lah. Kalau bosen, ya nggak usah blogging dan baca. Nah kalau mood muncul, baru blogging dan baca lagi. Biasanya aku bosen baca itu ketika plot ceritanya ya itu-itu aja, nggak ada perubahan sama sekali. Kalau udah kayak gini, aku bakalan cari buku lain yang punya genre beda dan plot nya sedikit melenceng dari zona nyaman ku. Biasanya, kalau aku melencenng. Aku bakalan balik lagi ke buku series yang pernah aku penggal atau genre di zona nyaman ku. Eh kalau baca buku series, biasanya aku cek dulu ada berapa buku. Kalau series nya kayak In Death dan Rogue Angel, aku udah keder duluan :D


Wow. Tahun kemarin berhasil menyelesaikan tantangan mereview. Selamat ya! Apa sih tips yang bisa dibagikan buat pembaca supaya mau mencoba meresensi buku? Syukur bisa join BBI :)



Aku rasa itu dimulai dari dalam individu masing-masing dulu. Apakah mereka mau meluangkan waktu mereka sebentar untuk berbagi. Kalau ada didalam diri mau berbagai dan mau menceritakan tentang opini kita kepada publik. Itu bisa dijadikan awal untuk niat meresensi buku.

Kalau aku, jangan hanya membaca. Oke, kita menikmati banget membaca buku. Tapi kalau hanya membaca aja, kita menghasilkan apa? Cuman puas dan seneng aja karena udah nametin buku. Output yang jelas secara nyata itu nggak ada kalau selese baca, seneng lalu tutup buku. Hasil yang bisa dilihat secara nyata oleh semua orang yaitu, meresensi buku (menurut ku). Kan itu juga ada kesenangan sendiri pas review kita dilihat banyak orang, di komen dan pastinya orang akhirnya, pengen juga baca buku-buku atas rekom kita..


Hut ke 4 BBI. Ada pesan khusus untuk sesama blogger BBI dan pembaca?



Pertama, aku mau mengucapkan Happy Birthday Bebi ku yang ke 4 tahun. Semoga panjang umur dan tetep eksis di dunia perbukuan Indonesia. Dan, selera makanmu semoga berubah dari bakpau ke sandwich kornet (ini mah, favorite saya) XD

Pesan khusus untuk sesama rekan sejawat dan keluarga besar BBI.. Semoga kita bisa tetep utuh, tetep eksis, tetep bisa berbagi dengan pecinta buku diluar sana yang bukan blogger. Selain dari luar blogger, semoga dari internal BBI kita bisa selalu kompak, bisa saling kerja sama dalam tim (walau via internet), saling menjaga dan tentu saja... tetap kocak dan tetep terjalin silahturahmi nya :D


Pertanyaan terakhir. Adakah rekomendasi buku Fantasy atau Scifi yang wajib dibaca para pencinta buku Indonesia?



Harry Potter, Lord of the Ring, Bartimeus Trilogy, Percy Jackson.. pasti sudah pada baca semua ya. Tapi, siapa yang sudah baca Kate Daniels series? Bacalah yang belum membacanya. Aku menyukai sosok heroine disitu. Dia kuat dan mampu me manage dirinya sendiri. Aku juga menyarankan buku Shatter Me series, Eon series dan Throne of Glass series..



Terima kasih atas kesempatannya. Senang sekali bisa mewawancarai blog Legitur. Sukses untuk resensinya ya.


Ps: Kunjungin juga post keren BBI lainnya disini

Comments

Popular Posts