Interview with Alvina "Mari Ngomongin Buku"



Dalam rangka HUT BBI ke 4. Kali ini post Interview with alvina ayuningtyas dari blog buku "Mari Ngomongin Buku" kita akan berjumpa dengan salah satu sesepuh BBI #sungkem. Yuk langsung aja kita temukan keseruan menjadi seorang blogger buku.

Selamat datang di wawancara khusus H23BC dengan salah satu sesepuh BBI. Salah satu penulis yang produktif dan pembaca yang baik di komunitas BBI. Terima kasih sudah mau berbagi disini.

Hi mbak Vina. Sedang sibuk apa saat ini?
 
Sedang sibuk ngurus bocaaah. Hahaha. Kebetulan belum ada kerjaan lagi dari Si Bos. Oh sama nungguin kaosnya BBI jadii. *kikir kuku

Bergabung sejak awal berdiri BBI Mei 2011. Boleh dibagikan pengalamannya kepada pembaca?
 
Kenal BBI lewat Sulis si empunya Kubikel romance. Pertama-tama sih karena gabung di Goodreads solo, terus follow twitter dia. Terus dia ngetwit tentang baca bareng, setelah aku lihat lihat kok kayaknya seru ya. Apalagi selama ini aku sering nulis dan baca juga, jadi kayaknya pas banget lah kalau bikin blog buku.

Terus mulai deh aku bikin blog khusus buku. Yang aku post baru dikit sih, malah cuma sinopsis cerita aja. Kesan kesannya dikit banget. Untungnya diterima gabung, dan langsung semangat ikut baca bareng. buku yang saya pakai baca bareng pertama kali itu The Day of The Jackal, terjemahan Serambi. Waktu itu karena member BBI masih sedikit, jadi kita menentukan judul bukunya langsung untuk dibaca bareng bareng, bukan bertema seperti sekarang. Serunya sih jadi bisa lihat pendapat teman teman dari sudut pandang yang jelas berbeda untuk buku yang sama :)
Setelah baca bareng pertama kali itu, mulai deh saya pdkt (halah, kenalan lebih jauh maksudnya) sama Rahib (Oom Tanzil), sama Ana (bukumoo), Mia, Ally, Mba Fanda, Melisa, Ine (sekarang udah ngga aktif), Dion dan banyak member lainnya lagi. Ternyata asyik banget ya ngobrol sama orang yang punya hobi sama kayak kita, dari sinilah saya tahu bakal betah di BBI ^^



Konsisten dalam mereview sebuah buku adalah impian banyak blogger. Boleh tahu enggak rahasianya?
 
Kalau kelamaan ngga ngisi blog nanti didepak membership ((sungkem)). Wkwkwk. Sebenernya saya ini pelupaa, blog buku ini sangat membantu saya kalau tiba tiba ditanyain orang tentang buku yang pernah saya baca. Ngga usah repot mengingat ingat, tinggal tengok review di blog deh XD
Akhir akhir ini saya sering bikin draftnya di ponsel, jadi sambil nemenin si kecil tidur, atau sambil nunggu si kakak pulang sekolah, atau sambil nemenin mereka main, saya cicil deh reviewnya. Hahahaha..



Fantasy dan romance adalah 2 genre terbanyak di Mari Ngomongin Buku. Genre apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
 
Yang paling saya sukai sebenarnya Fantasi, sih. Kenapa ya? Mungkin karena saya jadi bebas berimajinasi kalau baca fantasi, dan mbayanginnya juga nggak nanggung nanggung. Kayak mbayangin naga, penyihir, ibu peri dsb yang ngga bisa ditemui sehari hari, jadi kayak wisata pikiran gitu deh kalau baca fantasi mah X))

Boleh dibantu dengan menyebutkan berapa jumlah buku yang ada di daftar menunggu untuk dibaca? #liriktimbunan
 
Emm.. sebenarnya saya ngga pernah ngitung timbunan. Hahaha. Takut nambah banyaak. Tapi kalau dikira kira, untuk buku cetak, nggak sampai 50 kok. Beneran :)

Apa sih bedanya sci-fi fantasy sama jenis fantasy yang lainnya? Dan kenapa tertarik dengan science fiction fantasy? @asysyifaahs
 
Ow science fiction fantasy lebih ditekankan ke pengalaman ilmiahnya. Jadi kayak menghubungkan fantasi dengan ilmu pengetahuan. Mungkin karena saya juga suka science ya, jadinya ngerasa cocok banget kalau ada yang membahas tentang science fiction. Sama kayak nonton film,juga gitu, saya lebih suka yang science fiction, apalagi kalau mereka menggunakan special effect, wahah, kalau saking bagusnya bisa sampe kebawa mimpi ((lebay))

Pernahkah blogger buku merasa tiba-tiba bosen baca buku setelah estafet baca dan review buku sekaligus? Solusinya gimana? @evizaid

Huwahhaha sering bangeeet. Biasanya saat selesai membaca buku super bagus atau malah buku yang amat mengecewakan. Solusinya ...biasanya saya istirahat sebentar dari membaca ataupun mereview. Tapi liburnya jangan lama lama, nanti kebablasan xD Setelah itu saya mulai membaca buku yang saya yakin pasti saya suka, bisa komik, novel grafis yang tipis atau novel dari penulis favorit. ^^

Share siapa saja penulis favorit kamu dan alasan menyukainya?

Waduh. Siapa ya.
Emm...
Kalau penulis luar negeri, saya suka Roald Dahl. Imajinasinya edan. Hahaha.
Kalau dalam negeri, saya suka buku bukunya Mbak Poppy D Chusfani. Karya karyanya asyik dibaca sebagai selingan soalnya ringan dan ngga perlu mikir susah susah buat ngerti jalan ceritanya :)


Fantasy yang bagus menurut mbak Vina itu seperti apa?

Yang jalan ceritanya ngga ngebosenin, alurnya cepat, karakter tokohnya kuat dan berkesan buat saya. lebih seru lagi kalau ada twist di endingnya.

Kesan dan harapan buat Bebi yang udah masuk tahun keempat?

Ada banyak suka dukanya Gabung dengan BBI.
Sukanya.. membuat cara pandang saya jadi lebih terbuka terutama tentang buku dan seluk beluknya. Juga membuat saya lebih selektif dalam memilih bacaan, tahu banyak penjual buku dengan harga miring, jadi ada banyak tempat bertanya untuk mencari referensi dsb.

Dukanya : Saya jadi penimbun buku :(

Harapanku semoga anggota BBI makin solid, makin sukses dan terus berperan serta dalam meningkatkan kemajuan dunia literatur Indonesia. Seenggaknya dalam menebarkan virus gemar membaca ke lingkungan di sekitarnya
 
Pertanyaan terakhir. Mbak Vina, ada rekomendasi buku Fantasy yang wajib dibaca sama book lovers Indonesia?

Liesl and Po nya Lauren Oliver. Buku ini ngga terlalu booming, padahal ceritanya sederhana, bagus dan ada ilustrasinya pula.
Kalau lokal, coba baca The Bookaholic Clubnya Poppy D Chusfani deh, atau Area X, sayang kedua judul ini udah langka :(
Untuk novel baru, ah saya masih punya beberapa yang belum sempat dibaca, jadi belum bisa memberikan rekomendasi ^^"


Terima kasih sudah mau menjawab pertanyaan kami. Ditunggu untuk ajakan wawancara part 2,3,4, sampai ke 10 :) Sukses buat perkerjaannya. Salam buat adik-adik manis di rumah dari Ambon Manise.

Terima kasih jugaa atas kesempatannya. Saya tunggu tawaran wawancaranya lagi yaa ((*muka badak)). Semoga Blog buku Haremi dan Steven makin sukses ya :)

Comments

  1. Wah, buku rekomendasinya masih tertimbun semua nih XD

    ReplyDelete
  2. Liesl and Po dari dulu juga pengen baca iniiiii..

    ReplyDelete

Post a Comment