(Opinion + Giveaway Hop) Enter The Magical Realm - Underrated Scifi

Ulasan sains fiksi lokal underrated plus Giveaway grup SFF



Membaca sebuah karya fiksi sangatlah menyenangkan. Sebagi pembaca kita diberikan kebebasan yang luar biasa dalam memilih bacaan. Bersyukurlah negara kita tidak menyensor dengan ketat apa yang harus dibaca dan mana yang tidak untuk dibaca. Penerbit makin hari makin kreatif dalam menggarap pasar. Beragam tema yang diangkat penulis selalu mendapat perhatian positif pembaca. Di kesempatan ini H23bc dalam rangka "Around the Genres in 30 Days" kebagian mengulas genre sains fiksi dan fantasi. Sebelum melanjutkan membaca, kalau kamu belum membaca postingan tentang sub genre fantasi dan Giveaway h23bc silakan berkunjung disini. Nanti kamu akan menemukan novel scifi underated dan Giveaway grup Science Fiction & Fantasy. Hadiahnya akan mengejutkan kamu. Mari kita lanjutkan.



Underrated (Adj.) menurut macmillandictionary.com berbunyi demikian "if a person or thing is underrated, especially a performer, writer, or sports player, most people do not recognize how good that person or thing really is." Bahasa sederhananya seperti definisi yang terakhir diungkapkan, underrated itu ketika kebanyakan orang tidak menyadari seseorang atau sebuah karya tertentu sebenarnya bagus dan layak untuk diketahui (dibaca). Pernahkah kamu menemukannya dalam keseharianmu?



Dalam dunia buku sebuah karya yang dinilai underrated mungkin saja akan berakhir di rak toko buku yang berdebu. Kemudian terduduk diam di kegelapan gudang yang pengap. Pembaca potensial bisa saja tidak menemukan karya itu karena sudah digilir oleh buku lainnya di display toko. Dan alhasil buku itu akan semakin lama bisa dinikmati oleh khalayak banyak. Padahal bisa saja si buku punya isi yang ok dan hanya kurang "berjodoh" dengan pembaca. Kita tidak bisa menyalahkan kondisi seperti itu. Harap maklum saat ini dunia penerbitan sangat ketat. Banyak karya yang diterbitkan namun sedikit yang bersedia bertugas sebagai pembaca kata Agus Noor. Alhasil sikut menyikut diantara para buku lazim terjadi setiap menitnya di rak kayu yang mulus itu.



Dalam kesempatan baik ini H23bc akan memberikan 1 novel sains fiksi yang underrated. Minimnya review di Goodreads adalah salah satu tanda dari karya yang underrated. Konspirasi Nuklir dan Katastrofa. Nah jika kita mendengar Katastrofa maka kita dengan mudah akan membayangkan novel scifi bersetting Tambora. Menurut H23bc Katastrofa layak dikoleksi dan dibaca buat para penggemar thriller scifi. Novel ini bisa jadi selingan bacaan anda jika ingin menikmati thriller dengan setting Indonesia. Nikmatilah duduk sambil membaca novel yang satu itu. Jika belum yakin, cobalah mampir membaca reviewnya disini.




KN sendiri adalah prekuel dari Katastrofa. Berdasarkan situs pertemanan para pencinta buku a.k.a Goodreads. Meskipun tidak bisa digeneralisasi (setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran). KN berhasil meraup 12 rating dan 1 review. Sebenarnya enggak underrated banget karena sebanyak 92% user (yang dipastikan hobi baca buku) menyukai novel ini. 16% atau hanya 2 orang yang memberikan skor 5 bintang. Paling banyak sekitar 50% atau 6 orang yang memberikan skor 4 bintang (rating terbanyak). Semetara itu 25% yang memberi skor 3 bintang. Dan hanya 1 orang yang "tega" memberi skor 1 bintang. Dengan skor rata-rata yang didapatkan yaitu 3,67 bisa dibilang cukup layak buat dibaca?



Menurut H23bc novel KN worth it untuk dibaca. Layaknya sebuah kendaraan yang mau kamu beli. Dibutuhkan test drive untuk mengetahui pengalaman berkendara atau perkenalan singkat dengan produk tersebut. Jika dibawa ke dunia buku bisa jadi kamu butuh menjajal bagaimana serunya Katastrofa. Masih mudah ditemukan di toko buku bukan? Bisa saja kamu akan langsung jatuh cinta dengan tokoh-tokoh yang ada di sana. Kemudian selanjutnya kamu akan penasaran bagaimana kisah para tokoh bermula di kota Bandung. Apalagi ini adalah novel scifi yang ditulis penulis lokal. Mari kita dukung dengan mencoba membaca karya tersebut. Kabar baiknya, di Around The Genres in 30 Days sang pengarang Katastrofa akan mampir di Interview with H23bc. Nantikan serunya Jodhi Giriarso berbagi soal penulisan karya-karyanya, penulis favorit, dan tips menulis yang sayang jika dilewatkan.



Waktunya Giveaway Grup SFF!



Tugas kamu sangat mudah :D. Ada 16 host jadi siap-siap untuk blog tour book lovers
Tebaklah satu judul buku sesuai clue yang diberikan tiap host. 
Nah kamu simpan huruf depan dari judul tersebut.
  • Ingat judul buku yang digunakan adalah versi ASLInya, bukan terjemahan. 
  • Untuk judul buku berawalan The, abaikan huruf "T" di depan. Gunakan kata setelah The. (Misal, The Inheritance. Gunakan Inheritance)
  • Udah dapat 16 huruf dari masing-masing host. Tugas kamu sekarang adalah menyusun huruf-huruf itu menjadi kata-kata.
  • Jawaban dimasukkan ke dalam form dibawah ini. (Isilah pada salah satu dari 16 host yang kamu kunjungi)
  • Peserta yang paling banyak menyusun kata (kata tersebut harus bahasa Indonesia dan tercantum di KBBI) yang akan jadi PEMENANG


Hadiah 1: Voucher buku senilai Rp.240.000 (1 pemenang)
Hadiah 2: 1 eks novel Game of Thrones ed.Terjemahan
Hadiah 3: Seri scary tales ( Home sweet horror, I scream You Scream, Good Night Zombie) 
Hadiah 4: Novel Paranormalcy by Kiersten White & Wings (Aprilynne Pike)




Simak baik-baik petunjuk dari H23BC:

1. Aku berbadan belang.

2. Riwayatku kini tak seperti jaman dulu.

3. Sukuku disebut orang ilmuwan sebagai felis.

4. The Choosen.

5.  Aku dibuat dalam bentuk gambar dan dihiasi panel. *New*

6.  Superhero lokal.

Kunjungi para host Giveaway Hop SFF disini:
2 April 15 : Blog Buku Haremi Baca Biar Beken Ough, My Books!
3 April 15: Lego, Ergo Cogito, Ergo Sum Ira Book Lover Notes of The Dreamer
4 April 15: Kandang Baca Let Me Tell You Story Legitur
5 April 15: Mari Ngomongin Buku Let's Read Beetween The Pages
6 April 15: Bukubuku Melukis Bianglala Kayla on Books
7 April 15: Ren's Litle Corner Threez's Stacks.


Gampang kan?



Ps: Kunjungin juga post keren BBI lainnya disini

Selamat blog tour dan good luck GA Hunter :)

Comments

  1. kok formulirnya gak kelihatan semua ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diperbaiki. Silakan dicoba lagi :)

      Delete
  2. Aku juga sering nemu novel2 underrated di obralan pameran, padahal isinya bagus. Hanya saja, promonya yang mungkin kurang. Tidak sabar pengen baca wawancara dengan penulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbahagilah yang bisa menemukannya di pojok obralan :3

      Delete
    2. iyaa, seringkali ada novel bagus di obralan.. padahal waktu novelnya baru nggak terlalu kedengeran gaungnya.. apalagi kalo ternyata berseri, kan susah banget nyari kelengkapannya :(

      Delete
  3. Ya ampuuuun aku belon baca katastrofaaaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbaa... bolak balik toko buku cuma memandangi bukunya aja soalnya sinopsis di balik buku gak terlalu waw

      Delete
  4. Aaak, ga mudeng sama clue.nya.. :3

    ReplyDelete
  5. underrated menurutku buku yang bagus tapi kurang laku :( trus diobral murah dan gak dicetak lagi.

    ReplyDelete
  6. Wow aku malah baru dengar ada novel Katastrofa & Konspirasi Nuklir :o

    Btw aku jarang main ke blognya Bang Steven, ternyata keren ya :D (kemana aja priska hahaha)

    ReplyDelete
  7. Kaaaak, aku sudah "dapet" judul bukunya, tapi yang dipake judul serinya, atau judul buku pertama dari seri itu?

    ReplyDelete

Post a Comment