Skip to main content

Review Buku Mimpi Jadi Caleg by Kristin Samah & Fransisca Ria Susanti

Panduan awal menuju perang anggota legislatif


Buku dengan cover menarik, judul yang provokatif ini menarik perhatian saya sejak beberapa bulan lalu. Duo penulis memanfaatkan momentum menuju pesta demokrasi 2014 dengan menulis bermimpi menjadi calon anggota legislatif (caleg). Ditulis dengan narasi yang baik, menjelaskan tanpa menggurui tentang seluk beluk dunia caleg. Pemaparan yang lugas disertai pesan-pesan bermanfaat bagi siapapun yang membaca.

Benar bila disebut, buku ini menuntun anda yang ingin mencoba peruntungan menjadi caleg. Mimpi Jadi Caleg menjelaskan lapis demi lapis dunia caleg. Diawali dengan kisah bangsal 16, kita disuguhi betapa pemilu bagi sebagian orang bisa menjadi eskalator sosial, namun juga jurang menuju sebuah "kehancuran". Selanjutnya kita akan dijelaskan mengenai sistem penetapan caleg, bagaimana mekanisme penghitungan suara untuk sampai ke kursi "dewan" yang terhormat. Hampir semua permasalahan caleg dibahas tuntas oleh duo penulis dengan baik. Sampai dengan cara untuk meningkatkan elektabilitas, cara berkampanye di Daerah Pemilihan (Dapil). Tidak terhitung nasihat-nasihat berupa ajakan berpolitik yang menjunjung tinggi amanah rakyat diatas kepentingan pribadi, politik sehingga tidak terbelit rentenir politik.

1 Bagian yang menarik yang ingin disampaikan dalam buku ini adalah berhitung atau buntung. Memang kalkulasi tentang kesanggupan pribadi menjadi caleg merupakan sebuah keharusan, Mengetahui keunggulan diri sendiri, orang lain membuat anda "bisa" mengarungi pertempuran memperebutkan jalan menjadi "wakil" rakyat. Jangan-jangan setelah ber"korban" miliaran rupiah, malah tidak mendapat hasil yang diharapkan. Tentunya semua harus penuh perhitungan, contoh menarik yang baru saya baca adalah kisah Haryanto asal Banyumas, dengan pekerjaan saat ini menjadi loper koran. Mas Yanto bertekad maju menjadi caleg dari salah satu partai dengan bekal sarjana Fisipol, Meskipun tidak memiliki kemampuan untuk jor-joran mengekspos diri lewat baliho dkk beliau optimis dapat menyentuh masyarakat dengan pendekatan yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa semua orang berhak maju untuk mengikuti pemilihan anggota legislatif, apakah loper koran, penyanyi, pelawak, pengusaha semuanya berhak untuk hal tersebut.

Mimpi Jadi Caleg direkomendasikan buat siapapun yang tertarik dengan dunia anggota legislatif, atau yang hendak nyaleg pada pemilu selanjutnya. Inilah salah satu bacaan tepat buat maju menjadi wakil rakyat,

Comments

  1. berawal dari nelusuri review buku mimpi jadi caleg ini. .(karena buku ini somehow ada di perpus kantor).. My response was.. :seriously? beneran ada buku ginian?"

    terus nemu blog ini.

    skrol ke bawah. Weladalah. Review bukunya.. aku jg punya. hehe. sama persis. ada meps, beps.. dan alex ferguson. Salam kenal haremi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga. Wah perpus kantornya asyik juga.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ubur-Ubur Lembur oleh Raditya Dika

Ubur-ubur Lembur by Raditya Dika
My rating: 3 of 5 stars

O0m Dika, eh salah, bang Dika memang terbukti pencerita top.

Ngalir aja. Serasa baca kumpulan cerpen gitu. Tapi bedanya ini pengalaman batin bang Dika sendiri yang diceritain. Teknik berceritanya keren.

Isinya seru. Kontemplatif. Suka sama apa yang dibilang Radit, hiduplah dari apa yang elo senengin. Kira-kira gitu bahasa bebasnya.

selain itu. Jadi penasaran gue kan, sama Radikus makan kakus. yang dimention di bab terakhir gitu. Eh bener ga sih?

Rekomendasi nggak?

Iya, kalau pengen baca tulisan terbaru Radit, elo harus beli bukunya.
Kalau fans Radit garis keras, apalagi. Wajib hukumnya.

Tapi kalau dibilang, bagusan mana, saya akan bilang Koala Kumal ya.

salutlah sama effortnya Raditya dika. Ia bilang nyicil tulisannya di sela-sela jobnya yang udah seabrek cuy, dan bener-bener kelihatan ini kayak perjalanan karirnya dia yang pengen dibagi ke khalayak pembaca.

View all my reviews

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…