Review Buku Mimpi Jadi Caleg by Kristin Samah & Fransisca Ria Susanti

Panduan awal menuju perang anggota legislatif


Buku dengan cover menarik, judul yang provokatif ini menarik perhatian saya sejak beberapa bulan lalu. Duo penulis memanfaatkan momentum menuju pesta demokrasi 2014 dengan menulis bermimpi menjadi calon anggota legislatif (caleg). Ditulis dengan narasi yang baik, menjelaskan tanpa menggurui tentang seluk beluk dunia caleg. Pemaparan yang lugas disertai pesan-pesan bermanfaat bagi siapapun yang membaca.

Benar bila disebut, buku ini menuntun anda yang ingin mencoba peruntungan menjadi caleg. Mimpi Jadi Caleg menjelaskan lapis demi lapis dunia caleg. Diawali dengan kisah bangsal 16, kita disuguhi betapa pemilu bagi sebagian orang bisa menjadi eskalator sosial, namun juga jurang menuju sebuah "kehancuran". Selanjutnya kita akan dijelaskan mengenai sistem penetapan caleg, bagaimana mekanisme penghitungan suara untuk sampai ke kursi "dewan" yang terhormat. Hampir semua permasalahan caleg dibahas tuntas oleh duo penulis dengan baik. Sampai dengan cara untuk meningkatkan elektabilitas, cara berkampanye di Daerah Pemilihan (Dapil). Tidak terhitung nasihat-nasihat berupa ajakan berpolitik yang menjunjung tinggi amanah rakyat diatas kepentingan pribadi, politik sehingga tidak terbelit rentenir politik.

1 Bagian yang menarik yang ingin disampaikan dalam buku ini adalah berhitung atau buntung. Memang kalkulasi tentang kesanggupan pribadi menjadi caleg merupakan sebuah keharusan, Mengetahui keunggulan diri sendiri, orang lain membuat anda "bisa" mengarungi pertempuran memperebutkan jalan menjadi "wakil" rakyat. Jangan-jangan setelah ber"korban" miliaran rupiah, malah tidak mendapat hasil yang diharapkan. Tentunya semua harus penuh perhitungan, contoh menarik yang baru saya baca adalah kisah Haryanto asal Banyumas, dengan pekerjaan saat ini menjadi loper koran. Mas Yanto bertekad maju menjadi caleg dari salah satu partai dengan bekal sarjana Fisipol, Meskipun tidak memiliki kemampuan untuk jor-joran mengekspos diri lewat baliho dkk beliau optimis dapat menyentuh masyarakat dengan pendekatan yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa semua orang berhak maju untuk mengikuti pemilihan anggota legislatif, apakah loper koran, penyanyi, pelawak, pengusaha semuanya berhak untuk hal tersebut.

Mimpi Jadi Caleg direkomendasikan buat siapapun yang tertarik dengan dunia anggota legislatif, atau yang hendak nyaleg pada pemilu selanjutnya. Inilah salah satu bacaan tepat buat maju menjadi wakil rakyat,

Comments