Review Buku My Life as Writer by H.Achmad & RA Setiawan


Cerita dibalik hidup para penulis populer Indonesia






Seri "my life as" menghadirkan inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia. Kamu bisa membaca, belajar tentang kehidupan orang-orang hebat di dunia industri kreatif. Misalnya di bidang sutradara film dan klip musik, aktor. Kalau seri yang satu ini mengangkat pengalaman Alanda Kariza, Farida, Clara Ng, Vabyo dan Dewi Lestari dalam menjalani profesi penulis.

Buku My Life as Writer ini sangat menarik bagi saya yang ingin tahu gimana sih rasanya jadi penulis beken di Indonesia. Rasa penasaran akan latar belakang, pemikiran para penulis, mendorong saya untuk mencerna buku ini dengan lahap. Ternyata tidak seperti yang dibayangkan pada banyak orang, bahwa penulis mesti sosok yang "cerdas" melebihi orang rata-rata dengan kacamata minus tebal, harus lebih fasih dalam merangkai kata daripada orang kebanyakan, dan kalau belum menuliskan buku sarat kata-kata yang sukar dicerna maka belum dianggap penulis hebat. Di buku ini kesan seperti itu tidak nampak, sosok para penulis yang diangkat itu orangnya asyik, masih muda dan terus belajar buat berbagi makna kehidupan lewat tulisan. Mereka disini berbagi banyak hal dalam dunia penulisan, mulai dari awal mereka terjun menjadi penulis hingga tips-tips menarik yang fresh from the oven.

Banyak hal dalam buku ini memberikan saya pelajaran, misalnya dari mbak Dee bila kamu ingin menjadi penulis harus dare to fail, dare to success, menjadi pengamat yang baik, dan jujur terhadap diri sendiri. Clara NG juga mengajarkan saya buat belajar berkomitmen. Beliau bercerita dari kampus dia belajar untuk berkomitmen, sampai saat ini lewat kontribusi karya-karyanya yang dapat dibaca. That's true, komitmen itu salah satu hal yang biasanya kita anggap remeh, namun harus dilatih dari hal-hal kecil. Dari Vabyo kita jadi tahu kalo dunia menulis akan mengantarkan kita kepada hal-hal yang baru, orang baru yang kita temui di kehidupan, pembaca setia karya kita salah satunya. Terus ternyata writer dan author itu memiliki pengertian yang berbeda, dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari dari kelima penulis di buku ini.

Menghabiskan buku ini memuaskan rasa penasaran kita seperti apa sih dunia seorang penulis, apakah bisa hidup dengan nafkah seorang penulis?, bagaimana kiat-kiat menjadi penulis best seller Indonesia, apa sih yang bisa dipelajarin buat nerbitin buku atau naskah kita. Buku My Life as Writer direkomendasikan buat semua orang yang senang baca buku, ingin tahu dunia seorang penulis atau kamu yang diam-diam pengen jadi seorang penulis.

Comments

Popular Posts