Review Buku Ring Of Fire : Indonesia Dalam Lingkaran Api by Lawrence Blair

Perjalanan menyusuri keindahan nusantara yang sangat mengagumkan

 

Judul Ring Of Fire : Indonesia Dalam Lingkaran Api  
No. ISBN 9786029346077 
Penulis Lawrence Blair 
Penerbit Ufuk Pres
Tanggal terbit November - 2012 
Jumlah Halaman 420 








Setiap kita pasti pernah mendengar perjalanan Ring of Fire Adventure (ROFA) di acara Kick Andy, petualangan keliling Indonesia oleh Youk Tanzil dan tim. Namun jauh sebelumnya telah ada sebuah perjalanan oleh kakak beradik Blair, mereka "gila" akan keindahan Indonesia lewat literatur dan singkat cerita tercipta film dokumenter berjudul "Ring of Fire" pada tahun 1991. Nah, buku ini merupakan pelengkapnya, jauh merangkum setiap detail perjalanan mereka. 

"Kecintaannya & perhatiannya terhadap Indonesia melebihi orang Indonesia sendiri" -Youk Tanzil

Membaca hingga halaman terakhir buku ini, tidak ada satupun cerita yang tidak berfaedah, membuat saya terhisap dalam perjalanan mereka. RoF ditulis dengan narasi yang membawa kita ikut masuk dalam pengalaman tidak ternilai berupa menjejaki tanah-tanah terasing Indonesia, melintasi ribuan kilometer dari perjalanan beresiko tinggi, mendengar suara alam dan melihat Indonesia yang belum terjamah seutuhnya.

Pengalaman manis dan pahit mengelilingi nusantara ditulis dengan apik di buku ini. Jelas bahwa buku ini merupakan salah satu warisan paling berharga buat anak cucu kita kelak. Di saat keindahan asli Indonesia mulai hilang, tergerus oleh keserakahan manusia dalam mengeruk kekayaan alam. kelak dengan menikmati buku ini, kita masih bisa dengan bangga menyatakan negeri kita begitu luar biasa.

Pengalaman penulis berkenalan dengan suku bugis demi perjalanan menuju ke timur jauh, menaiki kapal pinisi hingga melihat gunung api di pulau Banda, singgah untuk melihat burung Cenderawasih kuning-Besar yang hanya diketahui orang lokal lokasinya, memburu komodo, nonton perang antar manusia di Sumba, menjelajah borneo hingga melihat air terjun dan mendapat oleh-oleh ditato oleh orang Punan. Ditutup apik dengan cerita seniman legendaris berumur 116 tahun asal Bali, I Gusti Nyoman Lempad.

Memang benar, saya belum tentu bisa berkeliling Indonesia, menikmati semua kekayaan "surga" Indonesia, namun saya sangat puas bisa berkeliling menapaki Indonesia lewat buku ini. RoF direkomendasikan untuk semua masyarakat Indonesia maupun Internasional yang tertarik dengan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Mulai dari seniman, akademisi, hingga petualang. 

Inilah petualangan nyata menyusuri Indonesia dalam lingkaran api.

Comments

  1. Wah iya, aku belum sempat meresensi buku ini padahal sudah selesai baca sejak lama

    ReplyDelete

Post a Comment