Review Buku Unlimited Wealth Bong Chandra

Buku wajib menuju kebebasan finansial


Judul Buku: Unlimited Wealth
Penulis: Bong Chandra
Halaman:
Tahun terbit: 2010
Penerbit: Elex Media Komputindo

Setelah membaca ulang buku ini, akhirnya saya meniatkan untuk menuliskan review sekaligus merekomendasikan buku ini kepada para pembaca. Melihat ke belakang, ketika buku-buku motivasi masih belum seramai sekarang. Unlimited Wealth merupakan buku yang berbeda karena ditulis oleh seorang anak muda. Waktu itu nama Tung Desem Waringin dan Andrie Wongso lebih dulu eksis dan tenar di genre motivasi. Jadi wow banget, seseorang yang masih 20an sudah berani menulis buku motivasi. Buku Unlimited Wealth adalah salah satu buku pengembangan diri yang saya baca di awal-awal masa kuliah di Yogyakarta. Saat ini bisnisnya sudah ada dimana-mana dan dapat kita temui, salah satunya adalah Bong KopiTown. Buku ini merupakan bacaan wajib bagi Anda yang ingin meraih kebebasan finansial.

Di buku ini Bong Chandra mengajak pembaca mengubah mindset untuk dapat meraih kebebasan finansial. Jadi ada 17 bab yang dibaca dalam 17 hari, dengan bahasa yang mudah dipahami dan ilustrasi cerita yang menarik memberikan pemahaman yang baik pada pembaca. Di tiap akhir artikel ada beberapa hal yang kudu dibuat, berhubungan dengan tema hari itu. Misalkan sebutkan hal-hal yang menghambat kamu buat produktif, Berapakah nilai dari sejam pekerjaan kamu.

Tentunya sudah banyak yang mengerti materi yang disampaikan Bong Chandra. Ijinkan saya mengupas sedikit tentang buku ini. Di awal Bong Chandra menjelaskan prinsip bahwa mata uang yang paling berharga adalah waktu. Istilahnya waktu adalah berlian. Kemudian beliau membuka prinsip bahwa yang dilakukan orang kaya adalah membangun aset (peluang). Aset ini bisa berupa aset fisik berupa properti, aset kertas berupa saham atau obligasi, aset manusia, dll. Kita juga diajak untuk menyadari bahwa DNA miliarder sesungguhnya sudah ada di tangan kita. Di dalam 17 artikel kita akan disuguhkan bahasan yang membuka pikiran kita sembari mempraktekan lewat daftar tugas yang ada. Niscaya buku ini dapat memberikan teori sekaligus praktek yang sederhana buat anda lakukan.
Gengsi tidak membuat Anda kaya, namun jika Anda kaya Anda bergengsi."
Salah satu dari banyak pelajaran yang saya tangkap dari buku ini adalah working on business. Sistem yang dibuat bisa saja membuat kesalahan dan dari situ bisa dicarikan solusi. Sistem yang ada bisa improve seiring adanya kesalahan dan perbaikan terus menerus. Selain itu kita bisa bikin bisnis dengan ide orang lain, uang orang lain atau bahkan keduanya. Sungguh kisah sukses penulis membuat para pembaca tidak seakan dicecoki teori motivasi ala kadarnya namun bisa menjadi inspirasi dan tokoh panutan. Bahwa di usia muda, seseorang bisa jadi kaya dan juga menginspirasi orang lain untuk maju.
"Tidak perlu uang untuk menghasilkan uang."

Buku ini wajib dibaca bagi anda yang ingin memulai menjadi entrepreneur muda, buku Unlimited Wealth akan mengasah anda dan menambah wawasan untuk terjun di dunia usaha. Selamat berusaha.


Comments