Review Buku What the Dog Saw Malcolm Gladwell

Kumpulan artikel terbaik Malcolm Gladwell



Judul buku: What the Dog Saw
Penulis: Malcolm Gladwell
Halaman: 457
Tahun terbit: 2010.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama.


Buku What the Dog Saw merupakan kumpulan tulisan sang penulis di majalah The New Yorker sejak tahun 1996. Disini sang penulis dengan 19 artikel memberikan banyak hal baru kepada pembaca semisal kisah manis-pahit John Rock sang penemu pil KB, kreasi menakjubkan pionir saus pasta Howard Moskowitz (saus tomat dengan rasa umami), dan masih banyak yang menarik sekaligus memberikan pencerahan.

Malcolm Gladwell


Artikel yang saya senangi dari buku What the Dog Saw adalah esai berjudul "Apa yang Dilihat Anjing", Cesar Millan dan Bahasa-Tubuh Pakar.  Siapa yang tidak kenal dengan Cesar Millan, baru saja pria asal Meksiko ini menggelar show 2 jam di Jakarta untuk berbagi tips dan pengalaman menyenangkan, memelihara dan membina hubungan dengan binatang peliharaan tersayang. Disini penulis menceritakan perjalanan hidup singkat sosok "penakluk anjing" yang terkenal lewat Dog Whisperer di saluran TV National Geo (sekarang di Nat Geo Wild). Jadi bila Anda punya anjing yang nakal dan galak luar biasa, solusi terbaik adalah memanggil Cesar ke rumah. Tidak sampai memakan waktu lama, anjing tersebut akan jinak dan lebih bersahabat. Nah, kembali ke buku ini sang penulis menceritakan dengan panjang lebar bahwa anjing pun dapat melihat gerakan tubuh yang paling kecil dan sulit terdeteksi mata manusia, Cesar dibekali talenta kombinasi sikap dan gerak yang disebut phrasing (frase), anjing-anjing ini menganggap Cesar punya phrasing yang indah. Oleh sebab itu ketika Cesar bercengkrama dan memulai komunikasi dengan anjing klien, timbul sebuah kontak dan saling memahami, ujungnya si anjing sudah jauh lebih rileks, lebih tenang, dan bersahabat. Membaca artikel ini sangat menyenangkan karena kita semua pecinta binatang, apalagi bagi anda pecinta peliharaan anjing. 

Pandangan saya tentang buku ini adalah beberapa topik cukup berat untuk disimak, membosankan entah karena bahasa yang dipakai (terjemahan, red). Namun beberapa artikel di buku ini worth it buat dibaca, salah satunya yang menjadi judul dari buku ini. Apa yang dilihat seekor anjing.

Bagi penggemar tulisan Malcolm Gladwell sayang untuk melewatkan buku yang satu ini.

Comments

Popular Posts