Nukilan buku The Jokowi Secrets #1

 Pembelajaran kepemimpinan dari Jokowi




Judul Buku : The Jokowi Secrets (Bagaimana Kepemimpinan Sederhana Menyelesaikan Masalah-Masalah Tak Sederhana)
Penulis : Agus Santosa
Halaman: 246
Penerbit : Gradien Mediatama




Bagi sebagian besar pembaca mungkin banyak yang sudah memilih menetapkan pilihan untuk memilih capres pilihan di Pemilu 2014, disini tidak ada tendensi untuk membuat pembaca memilih salah satu capres tertentu. Di buku ini Agus Santosa memberikan pemaparan pembelajaran yang baik bagi kita semua, khususnya generasi muda yang kelak memimpin bangsa Indonesia. Menurut saya tidak ada salahnya kita belajar bagaimana rahasia Jokowi bisa menjadi pemimpin yang disegani dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Berikut ini sedikit nukilan dari buku beliau yang berjudul The Jokowi Secrets yang saya bagi menjadi 2 postingan.


#1. The Difference Maker

Sikap bukanlah segalanya, tetapi satu hal yang dapat membuat perbedaan dalam hidup Anda. Bagaimana sikap dapat menjadi aset terbesar Anda sebagai pribadi yang autentik? Rahasia Jokowi menunjukkan, Anda harus memiliki paradigma atau peta mental yang benar agar sikap Anda benar. Anda harus berani dan mau bertanggung jawab atas sikap anda. mau mengubah sikap sesuai dengan pemikiran Anda, dan senantiasa belajar mengembangkan kebiasaan yang baik.

#2 Antifragile

Setiap orang memiliki titik rapuh yang dapat meretas semangat hidup, bahkan mematikan harapan, impian, atau cita-cita hidup. Rahasia Jokowi menunjukkan: Apa yang dapat membuat Anda rapuh dapat mengubah hidup Anda. Observasi tentang antifragile Jokowi ini mengajarkan, Anda harus belajar mengenali dan menemukan apa yang dapat (telah) membuat hidup Anda rapuh. Anda harus berani menghadapi setiap kesulitan hidup, dan yakinlah bahwa ketekunan akan membawa Anda menjalani hidup yang berdampak (penekanan penulis h23bc, red)

#3. Tak Melihat Jalan Pintas

Jangan pernah memotong apa pun yang dapat dibuka ikatannya, dengan sedikit bertekun Anda bisa membuka kehidupan baru. Rahasia Jokowi menunjukkan, Anda harus tetap bersentuhan dengan realitas dalam kehidupan Anda. Tidak menghindari cara-cara sulit, tidak selalu bergegas cepat. dan hanya mau yang mudah-mudah saja. Jangan mencari jalan pintas karena pertimbangan sesaat yang Anda manifestasikan sebagai tindakan praktis yang mudah, keputusan yang asal menguntungkan. Anda hanya akan hanyut dalam kesalahan demi kesalahan.






Comments