Bukan Untuk Dibaca

Kumpulan kisah inspiratif


Judul buku: Bukan Untuk Dibaca
Penulis: Deassy M.Destiani.
Halaman: 490.
Tahun terbit: 2013
Penerbit: PT Era Adicitra Intermedia

Di tahun 2013, buku dengan judul provokatif plus latar belakang hitam ini menarik perhatian saya di toko buku Gramedia. Di rak display depan bagian psikologi-pengembangan diri selama beberapa bulan sempat didominasi buku Bukan untuk Dibaca. Akhirnya setelah setahun lebih saya dapat membaca buku ini. Bukan untuk Dibaca adalah kumpulan kisah inspiratif yang bermanfaat kepada pembaca.

Buku Bukan untuk Dibaca berisi artikel-artikel yang ada di internet kemudian dibukukan, jadi seringkali ada artikel di internet yang bagus dan berkesan, namun bisa terlupakan karena sudah lewat. Maka ketika dibukukan artikel tersebut bisa dapat dinikmati oleh lebih banyak orang dan tidak lenyap termakan waktu. Berbagai artikel tersebut diambil dari blog motivasi hingga dari motivator terkenal, Andrie Wongso. Di buku ini di beberapa kisah ditambahkan pesan singkat berupa makna yang bisa diperoleh oleh penulis.

Buku ini merupakan buku dengan kisah yang komplit. Disini kita dapat membaca artikel dengan beragam topik mulai dari soal ibu, ayah, belajar dari anak, suami istri, cinta & harapan, kerja, kebaikan kebahagiaan, ikhlas dan bersyukur, bijaksana, hikmah, dan motivasi. Tentunya semua hal diatas kita butuhkan dalam meniti kehidupan dan karir.

Bagi saya hampir semua artikel berkesan, salah satunya adalah investasi seorang ayah (hal 59). Disini penulis cerita menggambarkan hubungan ayah dengan anaknya, tidak jauh beda ketika dilihat dari sebuah investasi. Di kala kecil, seorang anak yang mendapat waktu dan perhatian yang sedikit oleh ayahnya yang kebetulan sibuk akan aktivitas dan pekerjaan mencari nafkah. Hal ini mungkin terkesan sepele. Di kemudian hari, ketika sang anak sudah cukup dewasa, memasuki masa kuliah. Bisa saja, dirinya tidak memiliki cukup waktu buat berinteraksi dengan keluarga dan khususnya ayahnya. Bahkan menurut cerita ini, seorang anak bisa sangat sulit untuk ditemui oleh ayahnya. Hal ini menandakan bahwa hubungan ayah dan anak, sedari dini seperti sebuah investasi. Ketika waktu dan perhatian yang ada selalu dicurahkan kepada si anak, itu adalah sebuah investasi yang tidak ternilai. Tidak ada yang sia-sia untuk memberikan yang terbaik kepada si kecil karena ketika suatu saat waktu berputar, orang tua lah yang menikmati apa yang telah diinvestasikan selama ini. Cerita ini adalah salah satu refleksi kehidupan yang menarik bagi kita semua. 

Buku ini layak dibaca bagi semua kalangan, dari yang tua hingga yang muda. Buku Bukan Untuk Dibaca bisa Anda berikan kepada yang dikasihi, sanak saudara, orang tua, dan anak-anak.

Comments