Skip to main content

Bukan Untuk Dibaca

Kumpulan kisah inspiratif


Judul buku: Bukan Untuk Dibaca
Penulis: Deassy M.Destiani.
Halaman: 490.
Tahun terbit: 2013
Penerbit: PT Era Adicitra Intermedia

Di tahun 2013, buku dengan judul provokatif plus latar belakang hitam ini menarik perhatian saya di toko buku Gramedia. Di rak display depan bagian psikologi-pengembangan diri selama beberapa bulan sempat didominasi buku Bukan untuk Dibaca. Akhirnya setelah setahun lebih saya dapat membaca buku ini. Bukan untuk Dibaca adalah kumpulan kisah inspiratif yang bermanfaat kepada pembaca.

Buku Bukan untuk Dibaca berisi artikel-artikel yang ada di internet kemudian dibukukan, jadi seringkali ada artikel di internet yang bagus dan berkesan, namun bisa terlupakan karena sudah lewat. Maka ketika dibukukan artikel tersebut bisa dapat dinikmati oleh lebih banyak orang dan tidak lenyap termakan waktu. Berbagai artikel tersebut diambil dari blog motivasi hingga dari motivator terkenal, Andrie Wongso. Di buku ini di beberapa kisah ditambahkan pesan singkat berupa makna yang bisa diperoleh oleh penulis.

Buku ini merupakan buku dengan kisah yang komplit. Disini kita dapat membaca artikel dengan beragam topik mulai dari soal ibu, ayah, belajar dari anak, suami istri, cinta & harapan, kerja, kebaikan kebahagiaan, ikhlas dan bersyukur, bijaksana, hikmah, dan motivasi. Tentunya semua hal diatas kita butuhkan dalam meniti kehidupan dan karir.

Bagi saya hampir semua artikel berkesan, salah satunya adalah investasi seorang ayah (hal 59). Disini penulis cerita menggambarkan hubungan ayah dengan anaknya, tidak jauh beda ketika dilihat dari sebuah investasi. Di kala kecil, seorang anak yang mendapat waktu dan perhatian yang sedikit oleh ayahnya yang kebetulan sibuk akan aktivitas dan pekerjaan mencari nafkah. Hal ini mungkin terkesan sepele. Di kemudian hari, ketika sang anak sudah cukup dewasa, memasuki masa kuliah. Bisa saja, dirinya tidak memiliki cukup waktu buat berinteraksi dengan keluarga dan khususnya ayahnya. Bahkan menurut cerita ini, seorang anak bisa sangat sulit untuk ditemui oleh ayahnya. Hal ini menandakan bahwa hubungan ayah dan anak, sedari dini seperti sebuah investasi. Ketika waktu dan perhatian yang ada selalu dicurahkan kepada si anak, itu adalah sebuah investasi yang tidak ternilai. Tidak ada yang sia-sia untuk memberikan yang terbaik kepada si kecil karena ketika suatu saat waktu berputar, orang tua lah yang menikmati apa yang telah diinvestasikan selama ini. Cerita ini adalah salah satu refleksi kehidupan yang menarik bagi kita semua. 

Buku ini layak dibaca bagi semua kalangan, dari yang tua hingga yang muda. Buku Bukan Untuk Dibaca bisa Anda berikan kepada yang dikasihi, sanak saudara, orang tua, dan anak-anak.

Comments

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa