Skip to main content

Review Buku Pendiri ASTRA Man of Honor William Soeryadjaya

Biografi pengusaha teladan Indonesia



Judul buku: Man of Honor Kehidupan, Semangat, dan Kearifan William Soeryadjaya
Penulis: Teguh Sri Pambudi & Harmanto Edy Djatmiko
Halaman: 680.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama


Bisa membaca buku ini sungguh sebuah blessing tersendiri bagi saya pribadi. Sudah sejak awal penerbitan buku Man of Honor, saya sudah kepengen buat membaca perjalanan hidup pendiri Astra yang merupakan perusahaan blue chip di BEI (Bursa Efek Indonesia). Buku setebal 680 halaman ini merupakan biografi pengusaha teladan bangsa Indonesia.

Tidak bijaksana bila saya menuliskan panjang lebar isi dari buku tersebut di postingan ini. Beberapa hal yang saya dapatkan setelah membaca Man of Honor adalah pria kelahiran Majalengka, Jawa Barat, 20 Desember 1922 yang dijuluki "Bapak Otomotif Indonesia" bernama Kian Liong kemudian berganti nama menjadi William Soeryadjaya adalah seorang nasionalis sejati. Keinginannya untuk dapat maju berkembang bersama orang banyak lewat dibukanya lapangan pekerjaan. Hal kedua adalah kerja keras dan integritas Oom William sapaan khasnya sebagai seorang usahawan sejati. Hasil yang tidak instan dan tekad kuat buat maju tersebut dapat dilihat dari perjalanan awal lewat perusahaan impor yang sedang hibernasi, diubah menjadi perusahaan Astra Internasional dengan jumlah pegawai 4 orang hingga sampai menjadi perusahaan publik. Bahkan ketika harus menjual seluruh saham Astra untuk menghindari likuidasi Bank Summa, dijalani demi kehormatan dan nama baik keluarga Soeryadjaya.

Penulis dengan riset mendalam menghadirkan buku yang luar biasa memuat perjalanan hidup sosok manusia terhormat: William Soeryadjaya. Disini para "jenderal" yang berada di sisinya turut bercerita tentang sepak terjangnya Oom dalam mengelola perusahaan. Pembaca dapat dengan jelas mengetahui cerita-cerita mengenai momen perjalanan yang dilalui Oom baik ketika sedang senang maupun susah dalam menjalani kehidupan. Satu hal di balik sikap oportunis, beliau memiliki hati yang suka berbagi. Di salah satu bab, diceritakan bahwa Oom dijuluki sebagai Mr. Crispy karena gemar berbagi "salam tempel" kepada orang-orang yang ditemuinya. Uang kertas yang masih baru dan licin dengan nominal tertentu tersebut telah disiapkan sekretaris di kantong kiri dan kanan. 
Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Saling menghargai dan membina kerjasama. Berusaha mencapai yang terbaik. Falsafah perusahaan Astra.

Keinginan luhurnya untuk membangun bangsa lewat membangun perusahaan, merupakan salah satu warisannya buat bangsa ini. Saat ini Astra terus berkembang dan tidak lupa turut memberi sumbangsih kepada masyarakat. Program terbaru adalah SATU Indonesia Awards 2014. Seringkali Oom marah ketika para eksekutif perusahaan ingin memberhentikan karyawan. Perusahaan boleh saja dalam keadaan sulit, namun solusi merumahkan pegawai bukan cara yang harus diambil. Nasib dari para karyawan ini selalu diingatkan kepada bawahannya. Berbagai peluang bisnis yang diambil salah satu tujuan mulianya adalah memberikan akses lapangan pekerjaan kepada masyarakat.

"Itulah Oom William. Kalau sudah menyangkut nasib orang kecil, Oom gampang sekali tersinggung. Oom sangat serius untuk itu,"
"Oom selalu berpesan: treat people as human"

Banyak nilai, kebijaksanaan, pengalaman berbisnis yang luar biasa dapat dipetik dari buku ini. Orang-orang dapat belajar dan mendapat inspirasi buat membangun Indonesia seperti Oom William.

Comments

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa