Skip to main content

Pria Bersetelan Cokelat

Petualangan gadis petualang di tanah berlian



Judul buku: Pria Bersetelan Cokelat
Pengarang: Agatha Christie
Halaman: 392
Penerbit: GPU


Pria Bersetelan Cokelat adalah buku ketiga Agatha Christie yang saya baca  setelah melihat rekomendasi judul pilihan dari 501 must-read books. Bertempat di benua Afrika kita diajak berpetualang menyusuri debu dan sengatan panas matahari yang membuat kulit kecoklatan. Disini petualangan gadis muda yang memiliki jiwa petualang di tanah yang kaya berlian menghibur pembaca dengan sentuhan misteri ala AC.

Premis buku ini adalah terdapat beberapa kejadian beruntun yang saling terkait. Mirip cerita aksi Hollywood aksi tersebut dibuat oleh sebuah organisasi rahasia yang bergerak untuk mengeruk uang. Sang pemimpin yang disebut sebagai "kolonel" dengan kelicikan dan kemampuan luar biasa menguasai dunia kriminal, diramalkan akan jatuh oleh seorang wanita. Di bagian dunia yang lain, seorang gadis muda yang cantik jelita bernama Anne Beddingfeld baru saja kehilangan ayahnya sang peneliti tersohor namun miskin harta. Dirinya secara kebetulan berdiri di dekat rel yang menjadi tempat kejadian perkara sebuah pembunuhan. Dasar anak muda yang cemerlang pikirannya, dia menjadi saksi di penyelidikan pendahuluan kasus pembunuhan oleh pria bersetelan cokelat. Kemampuannya sebagai seorang saintis yang diperoleh ketika menemani ayahnya menulis dan meneliti membuat banyak sekali rekaan apa yang sebenarnya terjadi di benak sang gadis. Berbekal informasi dari sepucuk kertas yang didapatnya ketika berada di stasiun, seluruh warisan sebesar 87 pound ditukar dengan tiket kelas 1 pelayaran ke Afrika Selatan dan dimulailah petualangan hebat yang jauh dari bayangan dirinya. Dengan modal nekat dan keberanian nona Beddingfeld tidak tahu perjalanan itu akan merubah takdir masa depannya.

Tambang rakyat
Buku ini dari awal sungguh menarik dan mengajak pembaca berlari kencang mengikuti alurnya. Kisah sang gadis muda yang menyentuh merupakan elemen kuat yang klop di hati pembaca. Kita diajak berempati dan terenyuh terhadap anak yatim piatu ini. Karakter-karakter di dalamnya juga menarik dan berperan memperkuat cerita yang ada. Misalkan Miss Blair seorang nyoya kaya yang kelak sangat dekat dan menjadi rekan penyelidikan nona Beddingfeld. Si nyonya sering menyebut Anne sebagai gadis gipsi, juga senang dengan petualangan berhadapan dengan pengalaman mendebarkan. Terus ada Kolonel Race, seorang agen rahasia plus hartawan yang turut membantu sang tokoh utama. Petualangan plus romansa menjadi bumbu yang komplet untuk memuaskan pembaca. Berbagai twist baru dijelaskan di bagian akhir buku ini, dan con character ala AC membuat keseruan membaca buku ini bertambah. Angkat topi untuk sang ratu misteri buat cerita yang menghibur dan akhir yang bahagia.

Pria Bersetelan Cokelat layak buat dibaca para penggemar cerita petualangan kriminal dan khususnya Agatha Christie. Semoga terhibur lewat bacaan ini.

Comments

  1. Wah, menarik banget ya! Tapi berat enggak sih temanya. Kalau baca novel teka-teki tuh kesannya berat banget.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak berat kok. menghibur pokoknya :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ubur-Ubur Lembur oleh Raditya Dika

Ubur-ubur Lembur by Raditya Dika
My rating: 3 of 5 stars

O0m Dika, eh salah, bang Dika memang terbukti pencerita top.

Ngalir aja. Serasa baca kumpulan cerpen gitu. Tapi bedanya ini pengalaman batin bang Dika sendiri yang diceritain. Teknik berceritanya keren.

Isinya seru. Kontemplatif. Suka sama apa yang dibilang Radit, hiduplah dari apa yang elo senengin. Kira-kira gitu bahasa bebasnya.

selain itu. Jadi penasaran gue kan, sama Radikus makan kakus. yang dimention di bab terakhir gitu. Eh bener ga sih?

Rekomendasi nggak?

Iya, kalau pengen baca tulisan terbaru Radit, elo harus beli bukunya.
Kalau fans Radit garis keras, apalagi. Wajib hukumnya.

Tapi kalau dibilang, bagusan mana, saya akan bilang Koala Kumal ya.

salutlah sama effortnya Raditya dika. Ia bilang nyicil tulisannya di sela-sela jobnya yang udah seabrek cuy, dan bener-bener kelihatan ini kayak perjalanan karirnya dia yang pengen dibagi ke khalayak pembaca.

View all my reviews

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…