The 5 Wave (Gelombang 5) by Rick Yancey

Epik!


The 5 Wave
Setelah Gelombang 1, hanya kegelapan yang tersisa.
Setelah Gelombang 2, hanya orang-orang beruntung yang lolos.
Dan setelah Gelombang 3, hanya yang tidak beruntung yang bertahan.
Setelah Gelombang 4, hanya ada satu peraturan: JANGAN PERCAYA PADA SIAPA PUN.

Alien menyerbu Bumi dan menyapu habis manusia dalam beberapa gelombang. Cassie berhasil bertahan sejauh ini. Menurutnya, untuk tetap hidup, ia harus sendirian. Sampai ia bertemu Evan Walker. Cowok misterius itu mungkin satu-satunya harapan Cassie untuk menyelamatkan adiknya—atau bahkan menyelamatkan dirinya sendiri. Namun, Cassie harus memilih antara percaya atau putus asa, melawan atau menyerah, hidup atau mati.

Pertama terima kasih buat Rick Yancey buat pembukaan seri yang luar biasa ini (rencananya ada 3 buku dari seri ini). kedua buat Gramedia yang mendorongku buat membeli novel ini, ceritanya akun GPU membuat kuis dadakan dan soalnya buku mana yang udah diterjemahin sama GPU. entah salah membaca soal (emangnya ulangan #$@!) saya sibuk mengecek semua list daftar buku YA terbaik 2013. Padahal saya udah ngerti salah satunya ya, gelombang 5 ini. Dan akhirnya GPU ngasih buku ini ke 5 pemenang beruntung. Wow banget (ngiler nggak?) tiba-tiba bisa dapat buku di akhir tahun (dan saya masih membuka beberapa laman di laptop)


Nah, Gelombang 5 berhasil menjadi pembuka epik buat tahun 2014. Ini bacaan pertamaku dalam reading challenge 14, skor nya 4/5. Kisahnya nggak jauh beda dari cerita dystopia umumnya, alien menghancurkan bumi, invasi merontokkan populasi manusia. Buku ini menceritakan perjalanan Cassie seorang gadis belia yang harus bertahan hidup setelah 4 gelombang besar menyapu habis ras manusia. Selain itu ada perjalanan reborn Ben Parish menjadi prajurit militer untuk menyapu alien dari muka bumi. Tidak ketinggalan tokoh yang mencuri perhatian, Sammy aka Nugget sosok imut (gembul) dalam tempaan hidup yang tidak semestinya dihadapi di usia sangat kecil.


from kutukutubuku.com


1/3 awal G5 ini mengingkatkanku pada serial TV "Falling Skies", bagaimana drama sebuah keluarga untuk bertahan hidup di tengah kepungan invasi alien yang sangat mematikan. Ceritanya pun senada dengan Ender's Game dimana tokoh-tokoh anak mendapat porsi utama dalam perjuangan manusia melawan balik alien. Membaca sampai selesai G5 ini kita akan dengan intens disuguhi adegan demi adegan film-film Sci-fi Hollywood. Bersiaplah buat melebur dalam suasana yang menegangkan, tanpa jeda buat memikirkan nasib tokoh jagoanmu. Tidak lupa acungan jempol, selayaknya EG Rick menuliskan dengan detail sisi psikologis tiap tokoh dengan apik. Tentunya nggak cuma aksi, bagi pembaca juga dibonusin kisah romantisme di tengah-tengah cerita. lengkap kan? hingga sampai pada babak akhir G5 mengurai missing link, kita diyakinkan ide cerita RY sungguh jempolan.
 
Siapa tokoh yang ditunggu-tunggu disini? kalo saya sangat menunggu bagian Sammy. Yup seperti Ender, dia harus melewati tempaan hidup yang luar biasa. Di bayanganku si kiddo agak gembul, namun gesit. Sosoknya seperti adik laki-laki pujaan kamu (lucu dan sangat menggemaskan).

"Orang-orang kuatlah yang bertahan, yang bengkok tapi tidak patah, mirip besi baja yang digunakan untuk memperkuat dinding beton."

Jadi bagimana akhir cerita Cassie di bumi setelah gelombang ke empat? apakah dia mampu seorang diri bertahan mendapati gelombang 5 sedang diluncurkan?

Gelombang 5 siap menghibur kamu pecinta kisah Sci-fi, YA, Dystopia seperti Hunger Games.

Comments