Skip to main content

The 5 Wave (Gelombang 5) by Rick Yancey

Epik!


The 5 Wave
Setelah Gelombang 1, hanya kegelapan yang tersisa.
Setelah Gelombang 2, hanya orang-orang beruntung yang lolos.
Dan setelah Gelombang 3, hanya yang tidak beruntung yang bertahan.
Setelah Gelombang 4, hanya ada satu peraturan: JANGAN PERCAYA PADA SIAPA PUN.

Alien menyerbu Bumi dan menyapu habis manusia dalam beberapa gelombang. Cassie berhasil bertahan sejauh ini. Menurutnya, untuk tetap hidup, ia harus sendirian. Sampai ia bertemu Evan Walker. Cowok misterius itu mungkin satu-satunya harapan Cassie untuk menyelamatkan adiknya—atau bahkan menyelamatkan dirinya sendiri. Namun, Cassie harus memilih antara percaya atau putus asa, melawan atau menyerah, hidup atau mati.

Pertama terima kasih buat Rick Yancey buat pembukaan seri yang luar biasa ini (rencananya ada 3 buku dari seri ini). kedua buat Gramedia yang mendorongku buat membeli novel ini, ceritanya akun GPU membuat kuis dadakan dan soalnya buku mana yang udah diterjemahin sama GPU. entah salah membaca soal (emangnya ulangan #$@!) saya sibuk mengecek semua list daftar buku YA terbaik 2013. Padahal saya udah ngerti salah satunya ya, gelombang 5 ini. Dan akhirnya GPU ngasih buku ini ke 5 pemenang beruntung. Wow banget (ngiler nggak?) tiba-tiba bisa dapat buku di akhir tahun (dan saya masih membuka beberapa laman di laptop)


Nah, Gelombang 5 berhasil menjadi pembuka epik buat tahun 2014. Ini bacaan pertamaku dalam reading challenge 14, skor nya 4/5. Kisahnya nggak jauh beda dari cerita dystopia umumnya, alien menghancurkan bumi, invasi merontokkan populasi manusia. Buku ini menceritakan perjalanan Cassie seorang gadis belia yang harus bertahan hidup setelah 4 gelombang besar menyapu habis ras manusia. Selain itu ada perjalanan reborn Ben Parish menjadi prajurit militer untuk menyapu alien dari muka bumi. Tidak ketinggalan tokoh yang mencuri perhatian, Sammy aka Nugget sosok imut (gembul) dalam tempaan hidup yang tidak semestinya dihadapi di usia sangat kecil.


from kutukutubuku.com


1/3 awal G5 ini mengingkatkanku pada serial TV "Falling Skies", bagaimana drama sebuah keluarga untuk bertahan hidup di tengah kepungan invasi alien yang sangat mematikan. Ceritanya pun senada dengan Ender's Game dimana tokoh-tokoh anak mendapat porsi utama dalam perjuangan manusia melawan balik alien. Membaca sampai selesai G5 ini kita akan dengan intens disuguhi adegan demi adegan film-film Sci-fi Hollywood. Bersiaplah buat melebur dalam suasana yang menegangkan, tanpa jeda buat memikirkan nasib tokoh jagoanmu. Tidak lupa acungan jempol, selayaknya EG Rick menuliskan dengan detail sisi psikologis tiap tokoh dengan apik. Tentunya nggak cuma aksi, bagi pembaca juga dibonusin kisah romantisme di tengah-tengah cerita. lengkap kan? hingga sampai pada babak akhir G5 mengurai missing link, kita diyakinkan ide cerita RY sungguh jempolan.
 
Siapa tokoh yang ditunggu-tunggu disini? kalo saya sangat menunggu bagian Sammy. Yup seperti Ender, dia harus melewati tempaan hidup yang luar biasa. Di bayanganku si kiddo agak gembul, namun gesit. Sosoknya seperti adik laki-laki pujaan kamu (lucu dan sangat menggemaskan).

"Orang-orang kuatlah yang bertahan, yang bengkok tapi tidak patah, mirip besi baja yang digunakan untuk memperkuat dinding beton."

Jadi bagimana akhir cerita Cassie di bumi setelah gelombang ke empat? apakah dia mampu seorang diri bertahan mendapati gelombang 5 sedang diluncurkan?

Gelombang 5 siap menghibur kamu pecinta kisah Sci-fi, YA, Dystopia seperti Hunger Games.

Comments

Popular posts from this blog

Ubur-Ubur Lembur oleh Raditya Dika

Ubur-ubur Lembur by Raditya Dika
My rating: 3 of 5 stars

O0m Dika, eh salah, bang Dika memang terbukti pencerita top.

Ngalir aja. Serasa baca kumpulan cerpen gitu. Tapi bedanya ini pengalaman batin bang Dika sendiri yang diceritain. Teknik berceritanya keren.

Isinya seru. Kontemplatif. Suka sama apa yang dibilang Radit, hiduplah dari apa yang elo senengin. Kira-kira gitu bahasa bebasnya.

selain itu. Jadi penasaran gue kan, sama Radikus makan kakus. yang dimention di bab terakhir gitu. Eh bener ga sih?

Rekomendasi nggak?

Iya, kalau pengen baca tulisan terbaru Radit, elo harus beli bukunya.
Kalau fans Radit garis keras, apalagi. Wajib hukumnya.

Tapi kalau dibilang, bagusan mana, saya akan bilang Koala Kumal ya.

salutlah sama effortnya Raditya dika. Ia bilang nyicil tulisannya di sela-sela jobnya yang udah seabrek cuy, dan bener-bener kelihatan ini kayak perjalanan karirnya dia yang pengen dibagi ke khalayak pembaca.

View all my reviews

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…