Review Buku Jari Ajaib by Roald Dahl

Menghibur dan sayangi binatang

 


Cerita Roald Dahl memang unik. Hal itu yang terlintas semenjak membaca "Charlie dan Pabrik Cokelat". Anyway tulisan ini dibuat pada saat sudah jam tidur, jadi review ini juga unik karena ditulis di luar kebiasaan penulis blog ini. Buku ini pun sudah dibaca beberapa minggu yang lalu, namun esensi buku ini, kisah buku ini nggak mudah hilang. Bayangkan, bagaimana suksesnya RD berhasil menyusupkan ceritanya kepada pembaca di seluruh dunia.

Jadi ceritanya keluarga Gregg bertetangga dengan seorang gadis kecil. Nah tidak disangka si gadis memiliki jari ajaib yang punya kemampuan unik. Makanya hati-hati kalo dia marah, bisa-bisa kamu dirubah menjadi balon udara dan melayang terbang ke antartika atau ke Raja Ampat. Enak aja buat ga rugi ongkos jalan buat liburan ya. Hehe.

Nah, keluarga Gregg ini punya hobi yang unik juga, mereka senang berburu binatang. Singkat cerita suatu ketika bapak dan kedua anaknya berpapasan. Ups si gadis kecil tidak salah melihat, mereka sedang menyiksa binatang. Pokoknya dengan penuh kemarahan, si gadis menunjuk dengan jari ajaibnya.. Eng ing eng, sebuah kisah yang menarik pun dimulai...

Bagaimana nasib keluarga Gregg ini? Apa sih yang dihadapi oleh mereka?

Membaca buku ini antara sedih, lucu, dan ketawa. Kisah buku ini memorable, dan punya pesan yang positif dibaliknya. Jangan kejam terhadap binatang, mereka kan juga makhluk Tuhan. Coba lihat kucing-kucing, anjing yang terlantar di jalanan. Mungkin paling sering dibahas belakangan binatang di KBS yang secara misterius mati mengenaskan. Kita semua dasarnya pecinta binatang oleh karenanya kita bisa hidup berdampingan dan saling berbagi kasih sayang dengan mereka. Benar bukan?

Buku ini direkomendasikan buat siapa saja. Aku tebak kamu bakal ngasih buku ini, ke orang yang jahat banget sama binatang atau keponakan kamu yang galak sama binatang. sampai ketemu di review (posbar BBi) lainnya.

Comments

  1. Membaca karya2 Dahl seperti membaca buku anak-anak dengan pesan moral yang berat, tp entah bagimana masih nyaman dibaca dan dinikmati. Keren.

    ReplyDelete
  2. Baru sekali baca bukunya Dahl dan suka. Hehe. Yang ini belum baca sih. Katanya emang banyak buku Dahl yang ada sangkut pautnya dgn binatang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi annisa terima kasih udah berkunjung, iya RD banyak tokoh binatangnya :)
      Buku ini nggak kalah seru dan bagus daripada buku RD lainnya.

      Delete
  3. aku belum pernah baca nih... x)

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/30/review-the-frog-princess/

    ReplyDelete

Post a Comment