Skip to main content

4 Buku Startup yang Direkomendasikan Steve Wirawan, CEO Storial.

(c) Pixabay.

Dari buku-buku dan perjalanan para tokoh bisnis saya mendapati sebuah hal penting. Memahami sebuah kesuksesan bukanlah sekadar sebuah lari jarak pendek. Kita butuh nafas yang panjang dan mindset kalau yang namanya sukses itu butuh proses dan perjuangan.

Sembari mengisi waktumu dengan pengalaman baru. Belajar beragam skill dari dunia pendidikan, lingkungan kerja, dan pertemanan. Ada kebiasaan positif yang sebaiknya kamu mulai dari sekarang. 

Membaca adalah salah satu proses mendapat informasi dan wisdom yang boleh jadi, jarang didapatkan dari lingkungan kita. Satu tips praktis. Mulailah membaca beberapa halaman sebelum tidur, voila kamu bakal terheran dapat menyelesaikan buku lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya :)

Bacaan tentang dunia startup
Memulai usaha rintisan, saat ini sangat menarik perhatian generasi langgas. Semua ingin mencoba terjun langsung atau sekadar memiliki referensi tentang kehebatan era "ekonomi digital" saat ini.

Dalam buku "100 Golden Tips for Creativepreneur" (Metagraf, 2016), Steve Wirawan berbagi daftar bacaan miliknya. Ada beragam judul menarik yang terbagi dalam empat bidang: dunia startup, industri konten & marketing, keuangan & investasi, dan pengembangan diri.
(c) Steve Wirawan.


Kali ini yuk, kita simak bersama rekomendasi buku berkualitas dari Steve Wirawan, CEO Storial.co, semoga kamu bisa lebih memahami dunia startup.






#1 "The Lean Startup" oleh Eric Ries.

Eric Ries mengenalkan metodologi Lean Startup kepada dunia. Sampai saat ini tidak terkira banyaknya pengusaha dan pendiri startup yang menjadikan buku ini sebagai guide book mereka.

Pahami dulu kemudian coba apa yang disajikan dalam buku ini. In the end semoga pelajran tersebut akan mengakselerasi skala bisnis rintisan milikmu.

"Buku ini memungkinkan Eric Ries membantu banyak entrepreneur menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit tentang bisnis mereka." kata Dustin Moskovitz, co-founder of Facebook & Asana.

"The Lean Startup" edisi terjemahan telah diterbitkan oleh Bentang Pustaka.



#2 "Business Model Generation" oleh Alexander Osterwalder.



Model bisnis adalah menciptakan nilai plus menghasilkan uang. Demikian kredo yang disajikan dalam buku ini.

Business Model Generation telah menjadi buku pilihan bagi kamu yang ingin memahami rencana bisnis dan strategi. Buku milik Alexander Osterwalder ini adalah buku panduan bagi para visioner, game changers, dan penantang di era disruptif.

Dikemas secara menarik dan casual, jauh dari kesan buku berat yang bikin kita malas untuk membaca.

#3 "Platform Revolution" oleh Geoffrey G. Parker, Marshall W. Van Alstyne, Sangeet Paul Choudary.



"Platfrom Revolution" mengajar pendatang baru bagaimana memulai dan menjalankan platform bisnis yang berhasil, menjelaskan cara mengidentifikasi pasar dan memonetisasi jaringan.

Tim penulis menyajikan sejumlah strategi dibalik platform terkenal seperti Tinder dan SkillShare. Selain itu buku ini menjabarkan bagaimana perusahaan tradisional mampu beradaptasi dalam pasar yang berubah.

Sejumlah bahasan penting lainnya seperti keamanan, regulasi, dan kepercayaan pelanggan, di samping menganalisa pasar yang akan matang dalam revolusi platform, diantaranya bidang kesehatan, edukasi, dan energi.

#4 "How to Build a Billion Dollar App" oleh George Berkowski.



"How to Build a Billion Dollar App" menyediakan anjuran praktis soal seluk beluk membangun bisnis berbasis aplikasi: mulai dari mekanika akuisisi pengguna hingga mengamankan kebutuhan dana untuk bisnis dapat bertumbuh.

Dirajut dari cerita di balik layar "Hailo" dan aplikasi bernilai miliaran dolar seperti Angry Birds, Whatsapp, Snapchat dan Square. Buku ini adalah bacaan penting bagi siapapun dengan ide besar membangun bisnis berbasis aplikasi.

Kamu bisa mendapatkan How to Build a Billion Dollar App edisi terjemahan dari penerbit Alvabet.


Dari rekomendasi buku di atas, apakah ada yang sudah pernah kamu baca? Atau kamu memiliki rekomendasi buku lainnya? Tinggalkan di kolom komentar. Atau mention @h23bc

Post ini turut meramaikan maraton blog di ulang tahun BBI keenam. #BBIHUT6 :)
 

Comments

  1. Belum pernah baca semua, karena memang belum tertarik belajar tentang start-up. Tapi menarik banget, terima kasih rekomendasinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Frida sudah baca rekomendasi ini.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa