Review Buku "The Loner: President Yudhoyono's Decade of Trial and Indecision" oleh John McBeth.

"The Loner adalah salah satu narasi sejarah bangsa yang patut menjadi perhatian."

Saya tidak tahu. Mungkin pernyataan diatas terasa berlebihan.

Namun apa yang membedakan buku ini dari jejalan berita-berita di media arus utama adalah John McBeth memberi konteks, analisa, dan gambaran besar dari isu-isu "panas" yang menerpa 10 tahun kepemimpinan Pak SBY. Di samping itu McBeth memberikan kita kesempatan memahami beban dan pelajaran bagi presiden terpilih, Joko Widodo dalam mengemban tugas sebagai kepala pemerintahan.

Merentang dari awal perjalanan Pak SBY menjabat hingga warisan apa saja yang didapat dari kepresidenan beliau dibahas tuntas. Jurnalis asal Selandia Baru ini mengajak pembaca melihat lebih dalam bagaimana beratnya menjadi pemegang puncak kekuasaan. Di negara sebesar Indonesia.

Untuk saya sendiri. Meski subyektif. Saya merasakan Pak SBY diluar berbagai kritik dan lainnya, berhasil menghadirkan kestabilan negeri. Kita dapat beraktivitas dan mencari pendidikan, pekerjaan, dengan tenang.

The Loner direkomendasikan bagi Anda pemerhati sosial politik Indonesia. Meski (bagi saya) tidak memberikan terlalu banyak bahasan baru, untuk saya buku ini adalah pijakan baik bagi yang ingin tahu seperti apa perjalanan (kemajuan, perkembangan bangsa) kita selama 13 tahun terakhir.



Comments