Resensi Buku: "Inspirasi Trader dan Analisis Teknikal"





"Trader harus lebih banyak belajar menahan diri dari membeli saham yang belum membentuk signal crossing MA50".

RH Liembono dan Hendy Karsito berkolaborasi menulis buku saham yang mudah dipahami dan to the point. Liembono saya awalnya saya kenal saat baru memahami saham. Alumnus UK Petra Surabaya ini adalah sosok di balik blog referensi saham populer, bei5000.com.


Di tahun 2016, setelah berhasil merilis beberapa buku seputar bisnis dan investasi diantaranya "Analisis Fundamental", "Buku Saham Para Master", "Business Mentoring 101", trainer sekaligus praktisi trading saham, Robert Hendrik Liembono menerbitkan "Inspirasi Trader dan Analisis Teknikal". Diterbitkan oleh Brilliant, imprint dari penerbit MIC.

Secara keluruhan isi buku ini mengulas mindset seorang pelaku dunia saham, entah sebagai investor maupun trader. Entah Anda ingin meraih untung dalam jangka pendek atau panjang, ITAT mencoba memberikan pengertian kalau saham bukan semacam spekulasi. Jika nyatanya banyak yang menawarkan iming-iming cepat kaya lewat jalur bermain saham, tentu itu bukan tujuan mutlak yang ditawarkan kedua penulis. Mindset tersebut diperkaya dengan pemberian insight tool yang digunakan untuk mencari saham yang ingin kita masuki.


Dibandingkan beberapa buku lain yang ditulis Liembono, ITAT disajikan dengan smooth. Tanpa banyak typo bertebaran yang kerap mengurangi kenyamanan membaca. Bab demi bab memberi pemahaman yang bermanfaat. Itulah yang saya dapatkan saat melahap buku ini dengan cepat. 
Saya berandai-andai, jika buku ini terbit beberapa tahun lebih awal pasti akan sangat berguna. Saya bisa lebih memahami dunia saham dengan mindset yang berbeda. Namun tentunya, buku ini lahir dari kematangan dan pengalaman tidak sedikit para penulis dalam berinvestasi.


Bagi para pembaca yang memiliki ketertarikan dalam dunia investasi, buku ini akan sangat menyenangkan. Bukan saja memberikan sharing pengalaman, namun ada bukti kalau dunia saham adalah realita yang berbeda dari apa kata pembicara dalam seminar-seminar cepat kaya. Semua hal yang dicapai memerlukan pemahaman dan proses yang tidak instan. 
Saya merekomendasikan buku ini menjadi referensi awal bagi Anda yang ingin memulai investasi di pasar modal.

Comments

  1. Wow! Saya tidak tahu kalo admin blog ini suka membaca buku sejenis ini. Saya masih belum nyaman membaca buku yang membahas saham. Hahaha. Mungkin kelak memang harus mencoba juga. Biar pengetahuan dasarnya saya tahu. :)

    ReplyDelete

Post a Comment