Skip to main content

Resensi Buku: "Inspirasi Trader dan Analisis Teknikal"





"Trader harus lebih banyak belajar menahan diri dari membeli saham yang belum membentuk signal crossing MA50".

RH Liembono dan Hendy Karsito berkolaborasi menulis buku saham yang mudah dipahami dan to the point. Liembono saya awalnya saya kenal saat baru memahami saham. Alumnus UK Petra Surabaya ini adalah sosok di balik blog referensi saham populer, bei5000.com.


Di tahun 2016, setelah berhasil merilis beberapa buku seputar bisnis dan investasi diantaranya "Analisis Fundamental", "Buku Saham Para Master", "Business Mentoring 101", trainer sekaligus praktisi trading saham, Robert Hendrik Liembono menerbitkan "Inspirasi Trader dan Analisis Teknikal". Diterbitkan oleh Brilliant, imprint dari penerbit MIC.

Secara keluruhan isi buku ini mengulas mindset seorang pelaku dunia saham, entah sebagai investor maupun trader. Entah Anda ingin meraih untung dalam jangka pendek atau panjang, ITAT mencoba memberikan pengertian kalau saham bukan semacam spekulasi. Jika nyatanya banyak yang menawarkan iming-iming cepat kaya lewat jalur bermain saham, tentu itu bukan tujuan mutlak yang ditawarkan kedua penulis. Mindset tersebut diperkaya dengan pemberian insight tool yang digunakan untuk mencari saham yang ingin kita masuki.


Dibandingkan beberapa buku lain yang ditulis Liembono, ITAT disajikan dengan smooth. Tanpa banyak typo bertebaran yang kerap mengurangi kenyamanan membaca. Bab demi bab memberi pemahaman yang bermanfaat. Itulah yang saya dapatkan saat melahap buku ini dengan cepat. 
Saya berandai-andai, jika buku ini terbit beberapa tahun lebih awal pasti akan sangat berguna. Saya bisa lebih memahami dunia saham dengan mindset yang berbeda. Namun tentunya, buku ini lahir dari kematangan dan pengalaman tidak sedikit para penulis dalam berinvestasi.


Bagi para pembaca yang memiliki ketertarikan dalam dunia investasi, buku ini akan sangat menyenangkan. Bukan saja memberikan sharing pengalaman, namun ada bukti kalau dunia saham adalah realita yang berbeda dari apa kata pembicara dalam seminar-seminar cepat kaya. Semua hal yang dicapai memerlukan pemahaman dan proses yang tidak instan. 
Saya merekomendasikan buku ini menjadi referensi awal bagi Anda yang ingin memulai investasi di pasar modal.

Comments

  1. Wow! Saya tidak tahu kalo admin blog ini suka membaca buku sejenis ini. Saya masih belum nyaman membaca buku yang membahas saham. Hahaha. Mungkin kelak memang harus mencoba juga. Biar pengetahuan dasarnya saya tahu. :)

    ReplyDelete
  2. Wah ilmu baru ini, biasanya saya pakai MA200 untuk masuk ke suatu saham. Kalau MA50 berarti memakai durasi lebih singkat ya.
    Salam kenal ya, saya pemilik website untuk belajar investasi saham juga ni.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa