Wonderstruck oleh Brian Selznick

Kisah yang sungguh menggugah dan penuh makna


Wonderstruck ini merupakan salah satu wishlist sejak tahun 2013. Pada saat event diskon 30% TB.Togamas barulah buku dengan cover petir yang didominasi warna biru terbeli. Salah satu alasan membeli buku ini adalah ditulis oleh illustrator cerita Hugo Cabret, merupakan jaminan novel ini bakal beda dengan novel pada umumnya. Setiap ilustrasi melengkapi sajian cerita dengan pas. Wonderstruck meraih begitu banyak review positif dari media mainstream internasional karena konten yang mengangkat dunia anak disabilitas. Sebuah kisah yang sanggup menggugah perasaan dan sarat makna buat menjalani kehidupan.

Disini diceritakan perjalanan hidup seorang bocah bernama Ben yang secara tidak sengaja tersambar petir dan mengalami kehilangan fungsi pendengaran. Sebelumnya Ben sudah tuli sebelah, sehingga dirinya tidak sempat belajar bahasa isyarat. Ben kecil dengan perasaan kehilangan yang besar, akibat kehilangan sang ibu berhasrat menemukan kepingan kehidupannya. Bukan sebuah kebetulan sebuah buku, secarik pesan membawa Ben kepada sebuah perjalanan memperoleh kebenaran yang selama ini dicarinya. Tidak hanya Ben, namun ada cerita seseorang yang diselipkan diantara kisah Ben. Sungguh sebuah suratan takdir, ketika ada benang merah antara kedua pribadi yang menjadi sosok utama dalam cerita Wonderstruck.

Membaca Wonderstruck hingga selesai, mengajarkan kita bahwa jika kita dilahirkan dan hidup dalam keadaan fisik normal, itulah sebuah hal yang patut disyukuri. Selain itu kita diajak untuk melihat kehidupan dari sisi orang tunarungu. Dari buku ini, kita diberi pelajaran bahwa kebahagiaan itu dapat dinikmati oleh semua orang. Menarik bahwa buku ini membuat kita ingin belajar bahasa isyarat, lewat bahasa universal ini kita seakan tidak dibatasi oleh pembatas bahasa yang beragam. 

Berkat kekuatan riset dan ilustrasi yang menawan membuat buku ini layak dibaca buat semua kalangan, baik dari anak-anak berumur 8-12 tahun hingga orang dewasa. Sungguh terima kasih buat penulis yang luar biasa berkatnya kita bisa melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.
 

Comments

Popular Posts