Indonesia Berani oleh Tim Kick Andy (Tony Hendroyono)

Inspirasi buat Indonesia

 

Buku Indonesia berani saya baca beberapa hari terakhir di sela-sela menunggu bertemu dengan calon dosen penguji. Bahasan yang menarik, ceritanya bergulir dengan baik membuat kita serasa bisa mengalaminya sendiri. Buku ini sesungguhnya merupakan kilasan dari para tamu yang sudah tampil di acara Andy F. Noya yang sangat digemari yaitu Kick Andy. Ini merupakan 2 buku terakhir yang diterbitkan. Buku terakhir yang diterbitkan adalah Kick Andy Heroes (bertepatan dengan HUT acara ini yang ke 8), Dari awal hingga akhir buku ini semuanya dengan tegas memberi sumbangsih bagi pembaca, yaitu menjadi inspirasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Membaca buku ini akan mengingatkan kita lagi akan episode-episode Kick Andy yang telah ditayangkan setiap kamis malam. Ada Pak Ahok dengan kisahnya yang tidak biasa karena berani menjadi tokoh pemerintahan. Semua Bab punya kekuatan dan inspirasinya tersendiri, namun bagi saya di bagian akhir buku inilah yang menggugah benak saya. Berani berbeda dalam hal profesi, disitu dikupas para wanita dengan profesi yang tidak lazim dikerjakan. Mungkin anda masih ingat, kisahnya tentang supir bus Transjakarta, pedagang senjata, bodyguard, peneliti gunung berapi. Bagi saya kisah ini sungguh menarik, bayangkan ibu supir mikrolet ini harus melipir ke RS bersalin untuk segera melahirkan. Pada saat itu dirinya sedang mencari nafkah, kesehariannya mencari dan mengantarkan penumpang. Tiba saatnya untuk melahirkan, dirinya dengan tergesa-gesa melarikan mobil yang masih ditumpangi penumpang ke RS untuk segera bersalin.

Di buku ini juga kita mendapatkan inspirasi untuk berani mengabdi, banyak orang bule yang jatuh hati untuk memberikan umurnya untuk memberi dampak positif bagi masyarakat bawah. Selain itu ada adik-adik disabilitas yang mengharumkan nama Indonesia di olimpiade khusus disabilitas. Cerita-cerita yang luar biasa ini dibukukan supaya tidak hilang dari benak kita karena lenyap dimakan waktu, saya yakin pesan-pesan di dalam buku ini akan selalu mengingatkan orang Indonesia untuk berani berbuat sesuatu bagi kebaikan sesama. 

Tidak ada ungkapan yang pas untuk menerangkan kelebihan lainnya dari buku ini. Sungguh, buku ini merupakan hadiah yang diberikan orang Indonesia kepada kita semua. Dari mereka inilah kita diajak untuk berani mengejar kehidupan yang lebih baik. Menjadi pribadi, insan yang lebih baik. Buku yang layak dibaca mulai dari yang masih sekolah di bangku SD, SMP, SMA bahkan hingga para warga senior. Salut untuk kerja tim Kick Andy dan penerbit Bentang untuk menghadirkan kisah-kisah inspiratif ini kedalam sebuah buku.

Comments

Popular Posts