Jadi Penulis Produktif? Gampang koq! oleh Ari Kinoysan

 Berbagi tips menulis produktif





Judul Buku : Jadi Penulis Produktif? Gampang Koq!
Penulis : Ari Kinoysan
Halaman: 96. Penerbit: ANDI.

Sebelum memulai resensi buku ini, Ibu Ari Konysan baru saya kenal ketika acara temu penulis penerbit Grasindo beberapa minggu lalu. Bu Ari dengan ramah menyapa kami (para tamu) terlebih dahulu, sikap beliau yang rendah hati sungguh membekas di dalam hati saya. Beliau saat ini sedang kuliah lanjut di UGM. Hal ini sejujurnya sangat membanggakan karena cukup banyak penulis profesional yang berasal dari almamater saya. Menjadi penulis selain bisa dikenal juga memberikan manfaat luar biasa bagi diri sendiri dan orang lain. Bisa memberi nafkah dan memajukan bangsa lewat buku berkualitas. Sebagai penulis profesional yang sudah senior di bidangnya, lewat buku ini terdapat berbagai tips untuk seseorang menulis dengan produktif.

Buku ini merupakan rangkaian dari seri kiat penulisan yang sudah diterbitkan beliau. Ada pula buku tentang menulis fiksi dan skenario tv. Lewat tulisan di buku ini, penulis ingin memberikan gambaran umum tentang dunia penerbitan di Indonesia. Dari buku ini saya lebih memahami manis pahitnya dunia buku Indonesia. Bagaimana pemerintah belum sepenuhnya memberikan dukungan untuk industri penerbitan, belum lagi royalti bagi penulis belum sepenuhnya memberikan nafkah bagi seorang penulis. Maka tidak ada jalan lain bagi seseorang yang sudah kepalang basah terjun menjadi penulis penuh waktu untuk tetap eksis. Jalan tersebut adalah dengan terus menghasilkan tulisan, tulisan, dan tulisan. Jika tulisan tersebut dapat menarik penerbit dan dibukukan maka royalti dan karya kita akan bertambah. Bukankah ini impian semua penulis? menjadi seorang penulis yang mampu menulis dengan produktif. produktif layaknya tokoh panutan bisa saja seperti Andrea Hirata (tetralogi Laskar Pelangi) atau J.K.Rowling (seri Harry Potter dan Cormoran Strike)

Membaca buku ini dari awal hingga akhir, memberikan nafas segar bagi seorang penulis maupun seseorang yang kelak ingin menjadi penulis profesional. Berbekal pengalaman penulis, di Jadi Penulis Produktif? terdapat banyak tips menarik bila diterapkan maka alhasil bisa mendapat dampak yang positif. Misalkan di bab 6, kita perlu tahu bahwa profesi penulis tidak lantas berleha-leha hanya duduk menulis dan boom pemasukan datang, banyak juga permasalahan yang harus dihadapi. Penulis mengajak pembaca untuk ikhlas menjadi penulis.  

"Kekuatan ikhlas akan membantu kita untuk fokus pada hal yang baik tentang karir penulisan kita, bukan mencela atau tidak menerima pekerjaan kita sebagai penulis." 

Beberapa hal yang diutarakan penulis sehingga bisa menulis produktif adalah pertama memiliki bank ide penulisan yang banyak dan luas. Hal ini merupakan kewajiban buat seorang penulis produktif. Hal kedua adalah harus punya jaringan dan hubungan yang solid dengan penerbit buku dan pihak-pihak terkait di dalam industri penerbitan buku. Selain itu penulis harus punya manajemen waktu, menjaga kesehatan, dan berserah kepada Tuhan (hal spiritual juga diperhatikan).

Pengalaman penulis lewat buku ini layak untuk dibaca untuk semua kalangan. Baik yang berkecimpung di dunia penerbitan buku. Bagi kamu yang ingin menjajal kesempatan menjadi penulis maupun penulis muda yang ingin melebarkan sayap dengan buku baru baik dengan tema sejenis maupun berbeda. Selamat menulis dan sukses menjadi penulis yang produktif.

Comments

  1. Wah, bukunya keren ya. Saya yang pengen jadi penulis saja susahnya minta ampun. Tuing..tuing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims udah berkunjung mas adin. semoga bisa terwujud keinginannya

      Delete
  2. bisa dimasukin list nih, lagi ngumpulin buku tentang menulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah berkunjung mbak. Iya lumayan mbak buat nambah referensi hehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts