Timeline aka Mesin Waktu

Judul : Mesin Waktu
No. ISBN : 979-655-659-6
Penulis : Michael Crichton
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit : Januari 2000, Cover baru Juli 2012
Jumlah Halaman : 668 halaman
Harga terbaru : Rp.65.000

Mesin Waktu--teknologi paling mutakhir di ambang abad ke-21. Proyek rahasia ITC, sebuah perusahaan penelitian New Mexico, yang ingin membuat gebrakan di awal dekade ini.

Beberapa mahasiswa pasca sarjana terpaksa terlibat dalam proyek ini ketika profesor mereka terseret masuk ke dalam mesin waktu itu dan terdampar di Prancis zaman abad ke-14. Pada masa itu sedang terjadi perang pribadi antara Sir Oliver, seorang ksatria Inggris keturunan bangsawan, dengan Arnaut de Cervole, rahib pembelot yang dijuluki Imam Tertinggi. Membebaskan sang profesor berarti ikut terjun ke kancah peperangan itu, dan ke dalam kehidupan keras abad ke-14 yang penuh dengan berbagai intrik. Dan para mahasiswa muda itu baru menyadari betapa bermanfaatnya apa-apa yang telah mereka pelajari selama ini untuk bertahan hidup di masa itu.   
Review ini merupakan posting pertama saya buat SRC13 di Kaskus, saya langsung tertarik untuk membaca novel bertemakan Sci-fi. Michael Crichton lewat karyanya "Time line" a.k.a "Mesin Waktu" mengundang rasa penasaran saya. Tentu saja semua orang punya imajinasi untuk suatu waktu merasakan sebuah perjalanan waktu. apakah kita ingin mencoba merasakan hidup di jaman lampau, sekedar melihat bagaimana kehidupan orang zaman dulu. Novel ini sepertinya akan memuaskan dahaga saya akan mimpi tersebut. Dari judulnya pun sang pengarang ingin menarik perhatian pembaca untuk sama-sama menyelami cerita tentang sebuah mesin waktu.

Saya tidak ingin menulis banyak plot cerita karena akan mengurangi kenikmatan dalam membaca, premis yang ada di depan sudah sangat menceritakan seseru apa perjalanan yang akan diarungi para pembaca dari halaman pertama hingga terakhir. sang penulis tentu saja selalu menuliskan prolog yang berisi pandangan modern mengenai mesin waktu, perkembangan dan teori yang mendukung hal tersebut.

Novel Crichton pertama yang saya baca ini cukup menegangkan dari awal cerita dan semakin intens di bagian akhir novel ini. Beberapa hal yang menggambarkan novel ini adalah penggambaran teknologi muktahir, perjalanan waktu yang menegangkan, persahabatan, dan arti kehidupan.

Sang pengarang tidak seperti menggurui pembaca untuk menjelaskan seberapa canggih teknologi yang ada di dalam perusahaan ITC. selain itu berbekal referensi yang kuat (Daftar buku & referensi ilmiah 6 hal) pengarang dengan tajam menggambarkan suasana abad ke 14, setting masa lalu diuraikan dengan sebaik mungkin untuk memberikan kesan pembaca turut hadir dalam perjalanan tersebut. Namun tidak hanya menjual perjalanan waktu biasa, bumbu-bumbu sejarah dipadukan dengan storyline yang apik menambah nilai plus bagi novel ini. pembaca seakan dipaksa duduk manis menikmati perjalanan waktu, melihat dan merasakan getirnya usaha tokoh di novel ini.

"Masa depan berada di tangan masa lalu -- di tangan siapapun yang mengendalikan masa lalu."

"Tujuan sejarah adalah menjelaskan masa kini -- untuk mengatakan mengapa dunia di sekitar kita begini adanya."

Overall, novel ini menimbulkan kesan yang mengena dalam pikiran pembaca, "Mesin Waktu" cocok buat anda yang menyenangi karya berbumbu aksi, fiksi ilmiah, pertualangan, perang dan teknologi.


"Memuaskan, Well done buat Michael Crichton!" -Steven Sitongan-

Rate : 3,9 of 5

Review ini juga saya ikutkan dalam SRC oktober 2013 di thread buku kaskus.co.id

Comments