Skip to main content

Timeline aka Mesin Waktu

Judul : Mesin Waktu
No. ISBN : 979-655-659-6
Penulis : Michael Crichton
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit : Januari 2000, Cover baru Juli 2012
Jumlah Halaman : 668 halaman
Harga terbaru : Rp.65.000

Mesin Waktu--teknologi paling mutakhir di ambang abad ke-21. Proyek rahasia ITC, sebuah perusahaan penelitian New Mexico, yang ingin membuat gebrakan di awal dekade ini.

Beberapa mahasiswa pasca sarjana terpaksa terlibat dalam proyek ini ketika profesor mereka terseret masuk ke dalam mesin waktu itu dan terdampar di Prancis zaman abad ke-14. Pada masa itu sedang terjadi perang pribadi antara Sir Oliver, seorang ksatria Inggris keturunan bangsawan, dengan Arnaut de Cervole, rahib pembelot yang dijuluki Imam Tertinggi. Membebaskan sang profesor berarti ikut terjun ke kancah peperangan itu, dan ke dalam kehidupan keras abad ke-14 yang penuh dengan berbagai intrik. Dan para mahasiswa muda itu baru menyadari betapa bermanfaatnya apa-apa yang telah mereka pelajari selama ini untuk bertahan hidup di masa itu.   
Review ini merupakan posting pertama saya buat SRC13 di Kaskus, saya langsung tertarik untuk membaca novel bertemakan Sci-fi. Michael Crichton lewat karyanya "Time line" a.k.a "Mesin Waktu" mengundang rasa penasaran saya. Tentu saja semua orang punya imajinasi untuk suatu waktu merasakan sebuah perjalanan waktu. apakah kita ingin mencoba merasakan hidup di jaman lampau, sekedar melihat bagaimana kehidupan orang zaman dulu. Novel ini sepertinya akan memuaskan dahaga saya akan mimpi tersebut. Dari judulnya pun sang pengarang ingin menarik perhatian pembaca untuk sama-sama menyelami cerita tentang sebuah mesin waktu.

Saya tidak ingin menulis banyak plot cerita karena akan mengurangi kenikmatan dalam membaca, premis yang ada di depan sudah sangat menceritakan seseru apa perjalanan yang akan diarungi para pembaca dari halaman pertama hingga terakhir. sang penulis tentu saja selalu menuliskan prolog yang berisi pandangan modern mengenai mesin waktu, perkembangan dan teori yang mendukung hal tersebut.

Novel Crichton pertama yang saya baca ini cukup menegangkan dari awal cerita dan semakin intens di bagian akhir novel ini. Beberapa hal yang menggambarkan novel ini adalah penggambaran teknologi muktahir, perjalanan waktu yang menegangkan, persahabatan, dan arti kehidupan.

Sang pengarang tidak seperti menggurui pembaca untuk menjelaskan seberapa canggih teknologi yang ada di dalam perusahaan ITC. selain itu berbekal referensi yang kuat (Daftar buku & referensi ilmiah 6 hal) pengarang dengan tajam menggambarkan suasana abad ke 14, setting masa lalu diuraikan dengan sebaik mungkin untuk memberikan kesan pembaca turut hadir dalam perjalanan tersebut. Namun tidak hanya menjual perjalanan waktu biasa, bumbu-bumbu sejarah dipadukan dengan storyline yang apik menambah nilai plus bagi novel ini. pembaca seakan dipaksa duduk manis menikmati perjalanan waktu, melihat dan merasakan getirnya usaha tokoh di novel ini.

"Masa depan berada di tangan masa lalu -- di tangan siapapun yang mengendalikan masa lalu."

"Tujuan sejarah adalah menjelaskan masa kini -- untuk mengatakan mengapa dunia di sekitar kita begini adanya."

Overall, novel ini menimbulkan kesan yang mengena dalam pikiran pembaca, "Mesin Waktu" cocok buat anda yang menyenangi karya berbumbu aksi, fiksi ilmiah, pertualangan, perang dan teknologi.


"Memuaskan, Well done buat Michael Crichton!" -Steven Sitongan-

Rate : 3,9 of 5

Review ini juga saya ikutkan dalam SRC oktober 2013 di thread buku kaskus.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa