Skip to main content

Cinta Indonesia Setengah

"Ukiran ke-INDONESIA-an yang terpatri dengan semangat dan optimisme" buah karya warga kompasiana.



Detail Buku
Judul : Cinta Indonesia Setengah
Karya Kompasiana,
258 Hal.
ISBN 978-602-7888-64-7.
Penerbit Bentang.

Mencintai Indonesia bukan terbatas semangat semu setiap kali kita menyongsong HUT kemerdekaan RI di bulan Agustus, namun hendaknya diamalkan setiap hari selama kita masih berpijak di bumi pertiwi. Buku berjudul "Cinta Indonesia Setengah" membuktikan suara jurnalis warga mempunyai sudut pandang yang humanis, dinamis dan memegang teguh semangat ke-INDONESIA-an dengan apa adanya. 11 bahasan dimulai dari nasionalisme, bahasa, pendidikan, ekonomi, permainan warisan nusantara, konsumen Indonesia, Birokrasi dan layanan umum, Pemberantasan korupsi, Pertanian dan kelautan, Media, teknologi, dan kita, serta pemikiran teknologi anak bangsa tersaji dengan apik dan tegas.

Saya sependapat dengan Pepih Nugraha selaku pengagas buku ini, bahwa buku ini ditulis dengan rasa kecintaan Indonesia yang menular kepada siapapun yang membaca. Buku ini bercerita dengan jujur mengenai keresahan masyarakat yang dialami secara langsung, sekaligus menumbuhkan pelita impian yang dicita-citakan seluruh warga Indonesia. Disini tidak saja tersaji tulisan yang menarik, namun setiap tulisannya terkandung semangat membara untuk melihat Indonesia yang lebih baik. Anda akan terbuat bangga akan desa anti rokok di Indonesia, karya inovatif teknologi buatan anak negeri, cerita dibalik bahasa persatuan kita, nasionalisme yang praktis dan dekat dengan kita, solusi mengatasi tenaga kerja Indonesia.
"Kata "membeli" menunjukkan bahwa sejak kecil, kita sudah ditanamkan sikap konsumerisme."
"Jangan-jangan budaya korupsi Indonesia berasal dari cara pandang mengenai kesuksesan yang berorientasi pada tumpukan harta." 
 "Saatnya para petani menentukan nasibnya sendiri di atas tanah pertanian yang dimilikinya sendiri."
"Buku yang keseharian biasa dijumpai oleh anak-anak kota menjadi barang yang hampir tidak pernah mereka sentuh."
"Habibie dan Lincoln punya kesamaan, keduanya sama-sama ingin melepaskan bangsanya dari belenggu penjajahan."
Satu artikel oleh Wahyu Susilowati menarik perhatian saya, mengajak untuk turut berpikir lebih jauh kedepan. "Mengapa Berhenti Membaca Buku?" menjadi satu pertanyaan yang terbenam dibenak saya, tertulis bahwa kebanyakan orang berhenti membaca buku berkualitas begitu menyelesaikan jenjang pendidikan formal dan membatasi diri dengan surat kabar atau bacaan-bacaan lain yang sifatnya hiburan.
"...mengakses buku-buku berkualitas adalah sebuah jalan bagi siapa saja yang ingin mencapai kemajuan berarti bagi masa depannya."
Disini Wahyu membahas perbedaan membaca buku ketimbang sekedar menonton televisi, peranan penting buku yang memberi "kedalaman" sebuah topik ketimbang media lainnya. selain itu kegiatan membaca diyakini para ahli kesehatan sebagai terapi yang ampuh dalam mencegah kepikunan. artikel ini ditutup dengan ajakan bagi setiap orang baik tua dan muda untuk mengagendakan membaca buku dalam kegiatan sehari-hari, hingga bertumbuh menjadi individu yang berkualitas dan memberi manfaat seluas-luasnya bagi setiap orang.

Bila saya menjadi stakeholder, maka buku ini merupakan buku wajib buat para calon anggota legislatif. Dimaksudkan setiap calon wakil rakyat untuk mengetahui refleksi yang ada di sekitar mereka,  "Cinta Indonesia setengah" direkomendasikan pula bagi setiap orang di bumi tercinta Indonesia yang ingin menjadi agen penyebar virus cinta Indonesia.




Comments

Popular posts from this blog

Ubur-Ubur Lembur oleh Raditya Dika

Ubur-ubur Lembur by Raditya Dika
My rating: 3 of 5 stars

O0m Dika, eh salah, bang Dika memang terbukti pencerita top.

Ngalir aja. Serasa baca kumpulan cerpen gitu. Tapi bedanya ini pengalaman batin bang Dika sendiri yang diceritain. Teknik berceritanya keren.

Isinya seru. Kontemplatif. Suka sama apa yang dibilang Radit, hiduplah dari apa yang elo senengin. Kira-kira gitu bahasa bebasnya.

selain itu. Jadi penasaran gue kan, sama Radikus makan kakus. yang dimention di bab terakhir gitu. Eh bener ga sih?

Rekomendasi nggak?

Iya, kalau pengen baca tulisan terbaru Radit, elo harus beli bukunya.
Kalau fans Radit garis keras, apalagi. Wajib hukumnya.

Tapi kalau dibilang, bagusan mana, saya akan bilang Koala Kumal ya.

salutlah sama effortnya Raditya dika. Ia bilang nyicil tulisannya di sela-sela jobnya yang udah seabrek cuy, dan bener-bener kelihatan ini kayak perjalanan karirnya dia yang pengen dibagi ke khalayak pembaca.

View all my reviews

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…