Novelis Indonesia Jawara Dunia

Andrea Hirata juara pertama New York Book Festival 2013


sumber pribadi
Sang penulis fenomenal Andrea Hirata
Bukankah kita sudah menyaksikan dasyatnya "Laskar Pelangi", baik novel dan filmnya menjadi fenomena di bumi Indonesia. Prestasi terbaru Andrea Hirata lewat karyanya tersebut dengan memenangi juara pertama kategori general fiction di festival buku bergengsi "New York Book Festival 2013".

Selain itu saat ini pembaca di hampir seluruh belahan dunia bisa menikmati karya anak belitung tersebut, "Alhamdulillah bulan ini Laskar Pelangi edisi Italia, Jerman, Portugal, dan Jepang telah terbit dan tersedia di toko-toko buku negara tersebut." tukas Andrea Hirata di rubrik Nama & Peristiwa harian Kompas, Selasa 22 Oktober 2013. Bulan depan Rainbow Troops akan dirilis di Perancis dan Bulgaria, lewat penerbit Mercure de France & Hermes.

Terakhir ada pesan buat penulis Indonesia, "Kuharap penulis-penulis muda Indonesia terinspirasi dan tertantang untuk meraih pembaca di seluruh dunia." kata Andrea menyikapi buku-bukunya yang telah masuk di pasar Eropa. Bagi saya pribadi, Andrea Hirata telah menjadi sosok yang menginspirasi karena lewat karyanya saya telah bersinggungan dengan karya sastra yang sangat "Indonesia" dan prestasinya bahwa Indonesia punya modal besar buat bisa bersaing di dunia sastra tingkat dunia. Daftar pemenang di New York Book Festival 2013 dapat dilihat disini. Salut!

Comments