Skip to main content

Sundari Keranjingan Puisi dan Cerita-cerita Lainnya by Gunawan Tri Atmodjo

Meneropong Dunia dari Puisi, Menelisik Puisi dari Dunia.




Kumpulan cerita yang dibuat penyair asal Solo Gunawan Tri Atmodjo begitu bersahaja. Tidak lama setelah "Sundari Keranjingan Puisi" (SKP) diterbitkan dan dipromosikan oleh penerbitnya Marjin Kiri saya membelinya sepaket dengan buku bagus lainnya "Di Bawah Tiga Bendera". Dalam sekali duduk saya merasa tidak dapat berhenti melahap cerita-cerita lucu yang disajikan penulis. Saya bertanya-tanya dalam hati kenapa mbak Sundari bisa keranjingan puisi?



Dari sekian banyak cerita pendek yang terangkung dalam SKP, kebanyakan belum pernah dimuat di media. Hal ini merupakan nilai lebih tersendiri karena ceritanya baru dan tidak kalah dengan yang termuat di media. Penyair yang satu ini memiliki gaya bercerita yang khas. Penulis dengan cara yang elok menarik kita untuk turut menikmati cerita. Lewat permainan kata yang luwes kita tinggal duduk dan menikmati narasi yang ada, seolah sedang mendengar cerita dari kawan lama yang lama tidak berjumpa. Seantusias itu pula yang saya rasakan saat membaca SKP.


Buku ini dibuka dengan cerita Untuk Siapa Kau Berdoa, Anna? yang manis dan ditutup dengan kisah Catur dan Beberapa Hal yang Sebaiknya Kau Mengerti. Penulis piawai dalam menjadikan keseharian kehidupan, kisah cinta, olahraga, legenda orang sakti bahkan dongeng sebagai nyawa cerita. Ijinkan saya mengutip pendapat M. Faizi kalau cerita-cerita penulis ini cerita biasa, santai, tapi serius dalam berkelakar. Hal inilah yang saya rasakan kala melahap cerita yang ada. Dapat dibaca pula keresahan dan kehidupan penyair yang dengan terang ditulis dalam Ranggawarsita Si Penyair Partikel.


Saya menyukai semua cerita yang ada di dalam SKP. Semuanya memiliki keistimewaan tersendiri. Bahkan hampir semua cerita menghadirkan penutup yang tidak biasa. Ada sedikit kejutan yang diberikan penulis di dalamnya. 9 Koi yang masuk dalam majalah Horizon memiliki keceriaannya tersendiri. Ketika membaca Perihal Orang Suci Berwajah Muram yang Tinggal di Hutan saya langsung terkesiap dan memandang langit Ambon yang bertutupkan warna putih. Lantas saya pun teringat dengan "Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta" yang baru saya baca beberapa bab awal.

Adapun cerita yang berhasil membawa saya ikut masuk dan terbawa tegang adalah Menantu Teladan. Selain mampu meramu kisah sepakbola yang apik, saya ikut gelisah menantikan hasil akhir pertandingan seperti tokoh Aku yang terpaksa menyekolahkan selembar sertifikat rumah. Sungguh mendebarkan.

"Aku juga sepenuhnya paham bahwa mendengar musik yang tidak diinginkan lebih mengerikan daripada kesunyian itu sendiri." Haji Inul dan Ayat Bajakan.

Buku ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati bacaan sastra Indonesia. Percayalah kumpulan cerita ini adalah teman duduk yang menyenangkan.

Sundari Keranjingan Puisi dan Cerita-cerita Lainnya
Gunawan Tri Atmodjo
Penerbit Marjin Kiri.

ISBN 978-979-1260-47-3

132 + viii hlm.; 14 x 20,3 cm.

Rp 40.000,-

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…

Ulasan Buku: "Kisah Saya-My Story" oleh Steven Gerrard.

Mengesankan. Fantastis.


*Steven Gerrard sang bocah yang menjalani kehidupan impiannya bersama Liverpool.

* Bermain di liga Premier Inggris bukan persoalan mudah.
* Beban bermain untuk timnas Inggris terlalu berat. Selain itu Timnas selalu diisi oleh pemain bintang. Banyak ego di dalamnya.
Kabar menyenangkan saya dapatkan saat melihat kabar biografi Steven Gerrard akan dirilis bulan Februari 2017. Setelah setahun silam, biografi Andrea Pirlo juga diterbitkan oleh penerbit yang sama, KPG. Seakan sudah menjadi tradisi setiap tahun ada sebuah buku bertema sepakbola akan menyapa pembaca Indonesia. "Kisah Saya" merupakan rangkuman apa yang dirasakan sang kapten selama masa 27 tahun karir sepakbola miliknya, 17 tahun mengesankan diantaranya di tim utama klub yang sama, Liverpool.



Stevie G, layak dikenang sebagai salah seorang pemain terbaik di dunia. Mungkin tidak dalam mendekati level seperti "Messi" atau "Ronaldo-CR7". Namun eksplosivitas, kemampuan terbaik mengan…