Review Komik: Gombalnya Globalisasi: Komik Sejarah Kapitalisme

 


Gombalnya Globalisasi:
Komik Sejarah Kapitalisme
El Fisgón
Terjemahan: Ronny Agustinus
ISBN 979-99980-2-6
200 hlm + xii ; 15,5 x 22 cm
Rp 36.500,-

Karya El Fisgón telah mengguncang pucuk-pucuk kekuasaan.” — The New York Times

Charro Machorro, seorang pebisnis kecil yang gagal melulu, akhirnya nekat melintasi padang gurun Arizona untuk menemui dukun-finansial tersohor Cassandra Carrera. Bukan jimat yang didapatnya, Carrera malah memberinya pelajaran sejarah ekonomi dari masa pra-kapitalisme sampai zaman konglomerasi global.

Dengan kelihaian memainkan kata dan gambar, kartunis Meksiko Rafael Barajas Durán alias El Fisgón (atau “tukang recok”) menyusun kiat bisnis yang tak ada duanya: kiat yang tidak mengajari kita cara supaya lekas kaya, namun menjelaskan mengapa kita terus menerus miskin.

***



Melalui komik ini kita bakal diajak melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Jelas buku ini akan sedikit mengejutkan kalau Anda menyangka sejauh ini dunia aman-aman saja. Semuanya hidup aman berdampingan, setidaknya bisa hidup cukup layaknya sebagaian besar kita di Indonesia.

Komik yang dibuat Rafael Barajas Durán "el Fisgón" layak diacungi jempol karena diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia. Tanpa tedeng aling-aling memaparkan kejamnya perlakuan negara yang lebih "kuat" terhadap negeara yang lebih "lemah" posisi tawarnya. Setidaknya buku ini akan membuat masyarakat yang membacanya dapat lebih berpikir terbuka.

Berpikir yang seperti apa? komik ini bisa membuat kita menyadari sejarah kelam yang dialami bangsa-bangsa di luar sana. Dari apa yang disebut dengan globalisasi. Terlebih kita juga diajak berpikir bahwa dunia dan seisinya bukan hanya selebar tapak jalan yang kita lalui sehari-hari.

Sebagai penutup, jika Anda ingin literatur yang lebih "menggigit". Dengan senang hati saya ingin merekomendasikan buku How to World Works yang telah diterjemahkan penerbit Bentang Pustaka. Salam!

Comments