Review Buku Rencana Besar oleh Tsugaeda

Thriller anak bangsa yang jangan dilewatkan


Rencana Besar.
Tsugaeda
Penerbit Bentang. 2013.

 
Rencana Besar adalah judul buku yang menarik, salah satu hal yang membuat saya tertarik membeli buku ini sebenarnya adalah lomba review dari penerbit. Tepatnya di bulan Oktober 2013. Waktu itu pun saya baru saja memulai untuk membaca sebuah buku dan menuangkan hasil baca tersebut ke dalam sebuah resensi. Buku ini merupakan cerita menegangkan karya anak bangsa yang sayang untuk dilewatkan.



Premis cerita di buku ini menarik buat diikuti, seorang konsultan terkemuka di bidang sumber daya mendapat permintaan tugas dari seorang klien dengan jabatan wakil direktur utama Bank nasional (terdengar klise?). Bank tempat klien ini berada menemukan sebuah kejanggalan, adanya dugaan fraud oleh pegawai di dalam bank tersebut mengerucut pada tiga orang yang bekerja di cabang kota Surabaya. Tidak tanggung-tanggung kerugian yang dialami sebanyak 17 miliar rupiah. Tentunya hal ini tidak boleh diketahui pihak luar, sebagai bank gabungan pemerintah dan swasta, hal tersebut akan merugikan reputasi yang telah dibangun. Alhasil Pak Makarim bak seorang ahli investigasi berpacu dengan waktu mencoba mengungkap sebuah dugaan kecurangan tersebut. 
Perjalanan penyelidikan akhirnya mengerucut menjadi sebuah kisah yang jauh lebih besar dari dugaan awal, sebuah rencana besar telah disiapkan dengan matang dan tinggal menunggu waktunya. Apa yang dimaksud dengan rencana besar itu? Bagaimana hasil investigasi sang "detektif"?

Plot dan alur cerita dari novel ini memberikan sebuah perjalanan membaca yang cukup menyenangkan. Penulis mengajak para pembaca untuk ikut berpikir siapa yang berada di balik usaha penyelewangan dana kas bank tersebut lewat sejumlah motif dan tentunya mengulik profil masing-masing orang yang dicurigai. Tsugaeda berhasil menyusun cerita dengan apik, semua benang merahnya terjalin dengan rapi. 
Di babak akhir, terdapat sejumlah cliffhanger yang ditempatkan dengan baik. Hal ini tentunya menambah keseruan dalam membaca. Adegan kejar-kejaran mobil bak film aksi pun ada di buku ini. Singkat kata, dunia bank yang menjadi latar cerita rencana besar dapat dieksplorasi dengan baik di buku ini.

Buku ini layak dibaca untuk Anda pecinta kisah thriller, cerita kriminal. Mari apresiasi karya anak bangsa dengan membeli dan membacanya. Malam Anda tidak akan membosankan dengan membaca buku ini.

Comments