Skip to main content

Catatan Dua Tahun Haremi Book Corner





Sebenarnya saya tidak lupa kalau ulang tahun kedua Haremi Book Corner jatuh di bulan Oktober. Akhirnya baru sekarang sempat menulis ini. Lewat catatan ini saya ingin kembali bersua dengan pembaca setia h23bc.com. Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan tetap membaca buku. Dukungan dan apresiasi dari kalian semua adalah salah satu dorongan terbesar saya menulis disini. Apa buku terakhir yang kalian baca, teman-teman?




Sedikit bercerita. Memasuki tahun kedua, tentu saja mengelola blog buku tidak mudah. Sempat melihat artikel dicopas untuk ajang lomba. Buku yang terasa mahal. Ada kalanya minat mereview anjlok. Beberapa bulan terakhir praktis hanya ada 1-3 posting buku yang saya anggap menarik. Saya terselamatkan dengan beberapa buku bagus yang bisa saya baca dalam waktu singkat. Buku-buku itu saya ulas serapi mungkin dan naik tayang di Haremi Book Corner.



Melihat ke belakang. Ada kalanya saya begitu tega untuk menghapus beberapa artikel review. Saya akhirnya belajar kalau sedang tidak mood. Jangan sekali-kali masuk di panel blog. Jujur saja di akhir tahun kemarin karena kesal dengan pageview yang sedikit, saya menghapus ulasan buku-buku Paulo Coelho. Satu buku thriller lokal. Ceritanya betul-betul membuat emosi. Satu lagi buku lokal. Itu yang saya ingat. Tanpa ragu saya sudah menghapus rangkaian tulisan tersebut. Tulisan yang memakan waktu tidak sedikit untuk membuatnya. Setidaknya menyempatkan waktu saya untuk duduk dan mengetik hasil pembacaan saya. Akhirnya saya belajar. Pelajaran pertama. Page view yang sedikit bukanlah sesuatu yang buruk.



Selain itu saya ingin menyampaikan terima kasih untuk penerbit-penerbit yang mengirimkan buntelan. Mas Bukik seorang pegiat di bidang pendidikan yang mengirimkan bukunya untuk diresensi. Sukses selalu untuk Fantasious dan Noura Books. FYI akhir tahun ini Noura merilis beberapa buku terjemahan best seller ekonomi dan bisnis. Semisal #GirlBoss. Kemudian ada Penerbit Pheonix yang menghapus dahaga saya akan buku baru saat "puasa belanja buku" yang saya ikrarkan sehabis lulus tahun 2014. 

Teruntuk Fantasious, disini saya ingin meminta maaf karena tidak bisa memberikan ulasan panjang lebar untuk "Atlantis Gene". Saya sendiri menyadari tulisan tersebut cukup singkat dan mungkin tidak memuaskan penerbit. Saya berniat ingin memberikan sebuah ulasan sekaligus endorsement singkat (seperti di sampul buku-buku laris) untuk buku bagus ini. Kabar menggembirakan datang karena saya mendengar buku AG berhasil cetak ulang. Saya menunggu seri kedua dari trilogi ini. Atau Fantasious langsung ingin menerbitkan "Departure" karya terbaru A.G.Riddle ?



***



Sebagai seorang pembaca. Siapa sih yang nggak suka dengan buku gratis? Sekarang ini berjejer kuis dan promo yang diadakan pihak penerbit dan blogger buku. Yuk ikut seru-seruan disitu. Bermodal mengisi jawaban dan ikut syarat-sayarat yang ditentukan. Bisa jadi buku-buku baru bakal dikirimkan ke rumahmu. Saya senang banyak kesempatan bagi banyak orang mengenal buku baru dan mendapat buku impiannya.



Terakhir saya ingin berterima kasih untuk teman-teman di Blogger Buku Indonesia & Grup WA BBI Joglosemar. Saya selalu menemukan banyak hal seru dan menarik saat blogwalking. Beragam jenis bacaan, gaya tulisan, sampai feature di blog membuat saya selalu tertarik membaca artikel terbaru anggota BBI. Saya begitu menikmati membaca ulasan buku-buku bagus yang belum saya baca. Semuanya menginspirasi saya untuk menulis lebih banyak ulasan di blog. Memacu saya pribadi untuk tetap ngeblog disini.




Mengakhiri catatan ini, saya ingin sedikit berbagi rekomendasi bacaan. Sebagian besar adalah wish list saya. Bagi penyuka thriller bisa mencoba "The 3rd Woman" punya Jonathan Freedland, "The Girl in the Spider's Web" lanjutan dari trilogi Millennium. "A Brief History of Seven Killings: A Novel" milik Marlon James yang menang Man Booker Prize 2015. Selain itu buku yang tak kalah menarik "Heart to Heart with Asian Leaders: Exclusive Interviews on Crisis, Comebacks & Character" oleh John NG & Alvin Foo. Untuk penyuka biografi cobalah untuk membuka "Living Sacrifice". Biografi seorang pengusaha besar, Dr. Tahir yang ditulis oleh Alberthiene Endah. Terakhir betul-betul terakhir, kumcer terbaru AS Laksana "Si Janggut Mengencingi Herucakra".
XOXO,
Steven.


Nb: Sebenarnya blog ini sudah saya niatkan hiatus panjang di awal tahun 2015. Karena beberapa sebab. Waktu berkata lain. Semesta berkeinginan sebaliknya.

Comments

  1. Aku nggak pernah menghapus postingan yang udah tayang, review-review pas nulis review emang kacrut banget, hahahaha tapi buat pengingat bahwa semua membutuhkan proses, kalau nggak ada awal pasti nggak akan sampai di tahap yang lebih baik untuk belajar lebih lagi :)

    Tetap semangat, Steve, buku bacaanmu aduhgile, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Sulis terima kasih udah berkunjung.
      Iya langkah kecil itu berarti. #bahasanya

      Sukses buat Kubikel Romance.

      Delete
  2. Saya pernah menghapus posting dengan alasan berbeda, padahal posisi pertama di hasil googling. Dan sekarang nyeselnya setengah mati hahaha. Susah bikin gantinya :D

    Selamat! Meski tidak rajin membaca, tapi kalau pas membaca, bisa ketemu asyiknya di blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Bukik sudah mampir :)

      Sejujurnya mas Bukik ini adalah salah satu inspirator yang saya follow sejak awal main twitter.

      Delete
  3. Waaahhh... Met ultah buat Blog Haremi ya, Steve. Eh, aku malah ngga kepikiran mau ngapus postingan yang ngga laku tuh hahaha... Biasa sepi pengunjung sih wkwkwkwk

    Sukses terus buat Blog Haremi yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuwun mbak udah mampir :D

      Sukses juga buat mbak Lila.

      Delete
  4. Menjawab pertanyaan di awal kalimat, buku yang lagi aku baca: The Sound of Waves karya Yukio Mishima.

    Mas Steve yang baguuuss MAXIMAL... Selamat ulang tahun Blog-nya. Jangan dihapus postingannya, nanti aku rindu #halah. Selalu suka dengan rekomen Mas Steve :) Sukses MAXIMAL selalu yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuwun mbak Opat udah mampir kesini :)
      Bacaannya ngeri-ngeri je.

      Salam MAXIMAL :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…

Ulasan Buku: "Kisah Saya-My Story" oleh Steven Gerrard.

Mengesankan. Fantastis.


*Steven Gerrard sang bocah yang menjalani kehidupan impiannya bersama Liverpool.

* Bermain di liga Premier Inggris bukan persoalan mudah.
* Beban bermain untuk timnas Inggris terlalu berat. Selain itu Timnas selalu diisi oleh pemain bintang. Banyak ego di dalamnya.
Kabar menyenangkan saya dapatkan saat melihat kabar biografi Steven Gerrard akan dirilis bulan Februari 2017. Setelah setahun silam, biografi Andrea Pirlo juga diterbitkan oleh penerbit yang sama, KPG. Seakan sudah menjadi tradisi setiap tahun ada sebuah buku bertema sepakbola akan menyapa pembaca Indonesia. "Kisah Saya" merupakan rangkuman apa yang dirasakan sang kapten selama masa 27 tahun karir sepakbola miliknya, 17 tahun mengesankan diantaranya di tim utama klub yang sama, Liverpool.



Stevie G, layak dikenang sebagai salah seorang pemain terbaik di dunia. Mungkin tidak dalam mendekati level seperti "Messi" atau "Ronaldo-CR7". Namun eksplosivitas, kemampuan terbaik mengan…