Skip to main content

Cerita Cinta Indonesia

Cerita Cinta Indonesia
45 Penulis GPU
2014 Gramedia Pustaka Utama

Kumpulan cerita berjudul "Cerita Cinta Indonesia" diterbitkan dalam rangka memperingati 40 tahun penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU). Tidak semua penulis beruntung bisa berkarya mewarnai dunia literasi Indonesia lewat penerbit yang berhasil diakui sebagai raksasa di industri buku nasional. Satu hal yang pasti para penulis bertalenta yang memiliki pembaca setia. Tidak terkecuali beberapa nama besar yang menjadi magnet pembaca untuk membeli buku CCI dengan merogoh kocek lebih dalam. Disini ada barisan penulis tenar Eka Kurniawan, Ika Natassa, Okky Madasari, Mira W, Ahmad Tohari, Clara NG, dan Arsendo Atmowiloto.



Satu kata untuk merangkum pengalaman membaca kumcer dengan cita rasa Indonesia adalah menyenangkan. Seperti pengantar di awal buku ini sehabis melahap satu demi satu cerita ada rasa tertentu yang membekas di benak kita. Ada kalanya manis seperti habis melahap kembang gula, kadang juga pahit seperti kala menenggak ekstrak manggis. Dan jangan salahkan diri anda ketika kenangan indah anda bersama si Dia kembali merasuk ke dalam pikiran tanpa permisi. CCI menyajikan kisah dengan warna bagai pelangi, kita akan temukan kisah dengan tema cinta tanpa syarat yang menggugah hingga cinta yang kadang terasa suram dan kelam.



Overall semua cerita yang ada mengasyikkan untuk dibaca. Setiap penulis dengan gaya bercerita yang unik adalah salah satu kepuasan yang bisa kamu dapat dari CCI. Pengalaman yang jarang akan kamu temukan di buku lain tentunya. (Kapan lagi ada kumcer seperti ini GPU?) Bagi para pembaca awam bisa jadi ini waktu paling pas untuk berkenalan dan mencicipi taste setiap penulis. Seperti saya yang langsung suka dengan gaya penulisan Aliazalea, Celebrity Baby bisa kamu baca di urutan kedua. Sekedar intermesso penyusunan cerita di kumcer CCI dibuat berdasar urutan abjad nama penulis (mengapa bukan per kategori pembaca, lamanya bernaung di GPU, buku terlaris, atau penerima penghargaan terbanyak) mungkin demi kenyamanan bersama seperti yang sedikit disentil Marga T di Apalah Artinya Nama. CCI dimulai dengan apik oleh Ahmad Tohari dan diakhiri dengan cerita dari Wiwien Wintarto.



Berbagi catatan cerita yang berkesan. Pertama ada cerita cinta yang ditulis dengan kocak dan menghibur di Aku Rela Jadi Dangdutmu karangan Boim Lebon dan Ojek karya Iwok Aqbany. Cerita yang menawan ada di Love, X oleh Mia Arsjad. Dan cerita paling manis bisa kamu nikmati di Life Begins at Forty gubahan Maria A. Sardjono.



Terlepas dari cerita yang bagus, mengingat buku ini layaknya kado bagi pembaca setia GPU sekaligus titik tonggak 40 tahun. Kualitas cetakan di buku yang saya beli tidak memuaskan. Ketebalan font yang sangat tipis-hampir tidak terbaca mendominasi hasil cetak CCI.



Berikan sedikit hadiah buat dirimu di kala waktu kerja yang hectic atau keadaan rumah yang kacau dengan duduk tenang membuka halaman demi halaman CCI sembari menikmati secangkir teh & kudapan. Mungkin kamu bisa kembali merasa gairah hidup dan semangat yang baru akan timbul dalam dadamu. Sebab cinta nggak pernah gagal.



P.S. : Terima kasih sudah mampir dan membaca di h23bc.com. Yuk dukung karyaku dengan bantu share artikel ini di media sosial kamu, tinggalkan komentar, dan follow @h23bc. Dukungan kamu akan sangat berarti.

Comments

Popular posts from this blog

Ubur-Ubur Lembur oleh Raditya Dika

Ubur-ubur Lembur by Raditya Dika
My rating: 3 of 5 stars

O0m Dika, eh salah, bang Dika memang terbukti pencerita top.

Ngalir aja. Serasa baca kumpulan cerpen gitu. Tapi bedanya ini pengalaman batin bang Dika sendiri yang diceritain. Teknik berceritanya keren.

Isinya seru. Kontemplatif. Suka sama apa yang dibilang Radit, hiduplah dari apa yang elo senengin. Kira-kira gitu bahasa bebasnya.

selain itu. Jadi penasaran gue kan, sama Radikus makan kakus. yang dimention di bab terakhir gitu. Eh bener ga sih?

Rekomendasi nggak?

Iya, kalau pengen baca tulisan terbaru Radit, elo harus beli bukunya.
Kalau fans Radit garis keras, apalagi. Wajib hukumnya.

Tapi kalau dibilang, bagusan mana, saya akan bilang Koala Kumal ya.

salutlah sama effortnya Raditya dika. Ia bilang nyicil tulisannya di sela-sela jobnya yang udah seabrek cuy, dan bener-bener kelihatan ini kayak perjalanan karirnya dia yang pengen dibagi ke khalayak pembaca.

View all my reviews

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…