Skip to main content

Review Buku Aksara Amananunna Rio Johan.



Judul Buku: Aksara Amananunna
Penulis: Rio Johan
Penerbit: KPG
Rating: 4/5.



 




Begitu mendengar kumcer ini terpilih sebagai prosa terbaik 2014 versi majalah Tempo timbul rasa penasaran. Bagaimana isi dari kumcer ini? Apa yang membuat karya ini diganjar penghargaan itu?


Di buku ini terdapat 12 cerita dengan masing-masing ide yang dikembangkan dengan baik olen Rijon panggilan penulis. Kita disajikan imajinasi tingkat tinggi (maksud hati ingin menulis dewa, namun ini bukan review game) yang tidak umum ditulis oleh cerpenis lokal. Sejak cerita pertama kita mengikuti jejak langkah seorang Perdana Menteri yang kebingungan ancaman pandemi bunuh diri. Serasa berada di mesin waktu penulis mengajak pembaca berkelana di zaman purba kala menara Babel diruntuhkan, mengintip masa depan di cerita Ginekopolis (bayangkan Hunger Games & Terminator) dimana terjadi  perang antara laki-laki & perempuan (bukan cyborg vs human).


Kesan

Setelah melahap beberapa cerita awal kumcer ini rasanya menyenangkan kita tinggal duduk tenang menikmati apa yang ditulis Rijon. Seakan kita menyaksikan film atau masuk di dunia game. Di tiap cerita kita cukup mainkan judul game yang disediakan dan nikmati keseruannya (sayangnya pihak pemain menyerahkan kendali penuh kepada sang pencipta game) hingga terdengar musik tanda permainan berakhir.
Semua untuk Hindia
IMHO nampak kesamaan penulisan yang dilakukan Rijon di buku ini dengan Semua untuk Hindia punya Iksaka Banu (tastenya mirip, maksud saya). Keduanya piawai menghembuskan daya cerita pada sebuah peristiwa di masa waktu tertentu. Saya berpikir mungkin akan semenarik kumcer AA jika Iksaka Banu menulis cerita pendek tanpa dibingkai sejumlah aturan pemuatan di koran.

Nilai plus

Gaya bercerita yang sesekali ada humornya membuat ceritanya segar. Terlepas dari separuh cerita awal yang brilian, terdapat juga cerita yang membuat pembaca bosan, terpana (kalau kata ASL cerita yang menghantam kepala). Gaya bercerita dan ide yang out of the box inilah kekuatan dari penulisan Rijon di AA. Semoga kedepannya bisa lahir kumcer atau novel karangannya. (maksud saya jangan sampai one hit wonder, bro)

Hampir semua cerita saya sukai (jangan tanya apakah Susanna, Susanna! ada di dalamnya) dan yang menjadi favorit saya adalah cerita Pisang Tidak Tumbuh di Atas Salju. (penggambaran teknologi seperti game Tropico, spirit petualang yang ada di dalam ceritanya epik).

Conclusion

Buku
Aksara Amananunna memuaskan untuk dibaca & dikoleksi. Di usianya yang mudah saya angkat topi dengan karyanya yang mewarnai industri buku Indonesia.


PS: Beberapa cerita mengandung unsur kekerasan dan seksual yang sebaiknya dinimati pembaca berusia 18+.

Comments

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa