Review Buku Creative Writing

Buku wajib penulis kreatif


Di Creative Writing AS Laksana berbagi ilmu seputar penulisan kreatif. Hal pertama yang selalu disarankan olehnya adalah menulis buruk. Kemudian ada pula anjuran untuk menulis cepat, jangan menulis sekaligus mengedit (hal ini seringkali dilakukan oleh penulis sehingga memakan waktu sangat banyak, alhasil tulisan belum jalan kemana-mana).

Salah satu yang membuat orang-orang dewasa tampak buruk, di mata kanak-kanak, adalah karena seorang anak harus mendongak di depan mereka, dan jarang ada wajah yang kelihatan bagus dilihat dari bawah. - George Orwell.

Ada banyak alasan kenapa orang menulis novel, namun ada satu kesamaan pada mereka-kebutuhan untuk menciptakan dunia alternatif. - John Fowles, novelis Inggris.

AS Laksana sebagai penulis senior menerangkan hal-hal teknis dalam dunia penulisan cerita untuk yang menulis novel ataupun cerita pendek. Semua bagian dijelaskan dengan baik dan mudah dimengerti. Di tiap awal bab terdapat selipan quote menarik dari tokoh-tokoh terkenal di dunia penulisan. Pengalamannya sebagai pengajar pun diterapkan disini dengan menyarankan pembaca untuk melakukan latihan-latihan di setiap bab yang ada. Salah satunya adalah meminjam kalimat pertama milik penulis lain. (Ini sudah menjadi resep latihan para penulis, Eka Kurniawan sampai menjejalkan 20 buku hanya untuk mencari bab pertama yang ok). Di sini penulis mengajak pembaca

  • mengambil sejumlah novel maupun cerpren dari penulis yang baik. Tulis ulang dan buat daftar kalimat pertama dari novel/cerpen tersebut. Setelah selesai, novel ditutup dan bacalah daftar kalimat pertama Anda sekali lagi dan pilihlah kalimat pertama yang paling baik menurut Anda. Lanjutkan kalimat yang sudah Anda pilih dengan kalimat-kalimat Anda sendiri. Tulis sepanjang yang Anda bisa.
  • Anda sudah mengembangkan cerita Anda sendiri dengan kalimat pertama milik penulis lain.
  • Hapus kalimat pertama yang Anda pinjam; ganti dengan kalimat Anda sendiri.
  • Simpanlah daftar kalimat pertama Anda. Lihatlah lagi sewaktu-waktu; dan mulailah lagi latihan serupa dengan kalimat lainnya.

Saya tidak bisa menulis sebagus beberapa penulis lain; bakat saya adalah menghadirkan cerita yang baik tentang ahli hukum. Di situlah saya betul-betul menguasai. - John Grisham. (Bab Mengakrabi Karakter)

Penulis yang baik menciptakan dunia rekaannya dan para pembaca dengan senang hati menghanyutkan diri ke dalamnya. - Cyro; Connolly (1930-1874)


Selain hal-hal teknis yang dibagikan dengan baik, penulis juga menekankan disiplin dan kemauan untuk penulis membaca karya milik orang lain. Banyak penulis yang menolak membaca cerita orang lain dengan dalih tidak ingin hasil pemikirannya menjadi tidak orisinil. Lewat buku ini juga penulis menyinggung kebiasaan penulis Indonesia memakai hal-hal yang berhubungan dengan matahari sebagai kalimat pembuka. Di bagian akhir, AS Laksana meneropong keadaan Indonesia yang menurun kebiasaan membacanya. Padahal sebuah bangsa bisa dapat tumbuh besar karena masyarakatnya gembar membaca. Saya dapat melihat niat mulia sang penulis untuk kemajuan dunia penulisa Indonesia lewat berbagi pengetahuan menulis, menyajikan sebuah panduan bagaimana menulis kreatif dengan bahasa yang mudah dipahami semua kalangan. 

Buku ini wajib dibaca bagi Anda yang memiliki passion menulis, niscaya buku ini dapat memperlengkapi anda. Good luck.

Comments