Skip to main content

Ulang Tahun Blog ke Tiga!



Wah nggak kerasa blog buku ini udah menginjak tahun ketiga. Nggak nyangka juga sih. Ingatku itu ya sekitar bulan Oktober. Nggak ingat persis tanggalnya. And then malam ini aku coba ngecek blog. Kapan persisnya post perdana. Eitss tanggal 20 ternyata. Udah kelewatan.

Lewat postingan kali ini. Aku ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk para pembaca Haremi Book Corner. Satu yang teramat penting kawan. Postingan ini saya dedikasikan untuk Kong saya. Beliaulah yang memupuk benih membaca saya sejak sd. Beliaulah yang memahami cucunya sangat terbatas bacaannya. Beliau berbaik hati berlangganan suratkabar di rumahnya. Waktu sd saya belum tahu rentalan komik soalnya. 

Di ulang tahun ketiga blog ini. Apa sih rencana-rencana ke depan?


Mungkin akan review beberapa buku bagus yang aku sudah baca. Sedikit promosi buku mungkin (nantikan antologi narasi "Aku dan Buku", hehehehe).

Sedikit mengingat ke belakang. Tahun ini rasanya nggak banyak ngereview di h23bc. Iya agak malas nulis di blog. Seringnya coba posting di medium. 2016. Aku mencoba membaca lebih banyak komik. Dimulai dari ikutin seri Tintin. Aku ikutin tuh rekomendasi 10 judul Tintin terbaik dari kak Erdiawan Putra. Lalu tahun ini juga aku akhirnya coba baca komik Amerika. Pengen aja baca sesuatu yang beda. Komik. Novel grafis gitu.

Dari penelusuran ask.fm kak Erdiawan. Siapa bilang ask.fm nggak bermanfaat btw. Aku beli dua judul komik Batman. Sebenarnya agak bingung juga, ngikutin superhero amrik dari mana ya. Akhirnya jatuh ke si manusia kelelawar. Tokoh ini juga adalah idola teman sma dulu. Nggak tahu kenapa dulu Jery suka banget sama Batman. And then, aku akhirnya tahu.. Si Batman memang beda dengan superhero lainnya. Dia ngandelin otot dan otaknya. Bukan sekedar jebret dapat kekuatan super dari antah berantah. Ok, lanjut. Dua judul yang aku beli adalah Batman Hush. Sama ... The Long Halloween. 

***
Selain itu, aku juga ngikutin komik lokal. Sayangnya Re:On nggak terkejar dari vol 18. Gara-gara nggak tersedia di lapak online langganan. Parcel Buku. Kalau beli langsung ongkirnya kemahalan. Yang aku ikut itu Kosmik. Selamat ulang tahun pertama buat Kosmik Mook! Salut dengan usaha para komikus di dalamnya. Jadi tahu kan, kenapa tahun ini tiba-tiba ada artikel wawancara dengan Kak Erfan Fajar. Baca deh Arigato Macaroni punya beliau. Ada versi gratisannya di sosmed. Line Webtoon. Ada juga versi cetaknya. Thanks buat kak Ren yang bisa dititipin komiknya yang terbaru. Yuk dukung komik lokal kita. Terakhir aku baca Kosmik 11 sama Mencari Kopi Aceh punya Beng Rahadian.

Dan yang terakhir. Aku ingin membesarkan Ksatria Buku. Mungkin ini semacam balas dendam saya. Di awal-awal pulang. Kepikiran nyari dimana bacaan yang bagus. Meski udah bawa dua dus buku dari Jogja. Di perpus daerah, hanya bisa pinjam maksimal 3 atau 4 buku. Itupun bukunya nggak terlalu update. Pernah dapat perpus yang bagus. Koleksinya lumayan. Soalnya punya Bank Indonesia. Sayang petugasnya nggak stay di sana. Jadinya malah tidak nyaman meminjam buku disana. Setelah berbelanja online yang memudahkan saya beli buku. Haha. Awalnya cuma beli satu dua buku. Ternyata hingga belakangan ini. Tiap bulan rasanya wajib beli buku baru. Alasan saya kerap membeli buku baru adalah sesederhana ketika saya ingin baca fiksi, ada buku fiksi yang bagus di rak lemari. Ketika lagi mood baca non fiksi. Identitas dan Kenikmatan, Kisah-Kisah Penculikan bisa segera saya baca. Nggak perlu ribet menyiksa diri ke perpus. 

***
Ini saja untuk ulang tahun ketiga. Terakhir. Saya sungguh salut untuk teman-teman yang bacaannya sungguh beragam. Berjibun dengan buku-buku bagus. Apalagi yang baru belanja di BBW :). Saya tahu punya akses bacaan bagus nggak sepenting niat baca kita yang tinggi. Sebagus apapun koleksi kita. Nggak akan bermanfaat kalau tidak dibaca. Ok sebelum terkesan sok menggurui dan ngelantur kemana-mana. Saya undur diri. Stay awesome. Salam buku itu seru. Jangan lupa beli buku di toko buku terdekat. Jangan beli buku bajakan. Follow akun instagram dan twitter @ksatriabuku. Terima kasih. Danke.

Xoxo,
Steven S.

Comments

  1. Selamat ulang tahun untuk Haremi Book Corner, semoga resolusinya tercapai semua dan makin diisi dengan banyak konten yang kreatif. Sukses Kak Steven :D

    ReplyDelete
  2. Selamat ulang tahun, Haremi...
    Semoga semakin banyak reviewnya. Suka kagum dengan bacaan yang ada di sini :) Sukses juga untuk Ksatria Buku

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa