Skip to main content

Ulang Tahun Blog ke Tiga!



Wah nggak kerasa blog buku ini udah menginjak tahun ketiga. Nggak nyangka juga sih. Ingatku itu ya sekitar bulan Oktober. Nggak ingat persis tanggalnya. And then malam ini aku coba ngecek blog. Kapan persisnya post perdana. Eitss tanggal 20 ternyata. Udah kelewatan.

Lewat postingan kali ini. Aku ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk para pembaca Haremi Book Corner. Satu yang teramat penting kawan. Postingan ini saya dedikasikan untuk Kong saya. Beliaulah yang memupuk benih membaca saya sejak sd. Beliaulah yang memahami cucunya sangat terbatas bacaannya. Beliau berbaik hati berlangganan suratkabar di rumahnya. Waktu sd saya belum tahu rentalan komik soalnya. 

Di ulang tahun ketiga blog ini. Apa sih rencana-rencana ke depan?


Mungkin akan review beberapa buku bagus yang aku sudah baca. Sedikit promosi buku mungkin (nantikan antologi narasi "Aku dan Buku", hehehehe).

Sedikit mengingat ke belakang. Tahun ini rasanya nggak banyak ngereview di h23bc. Iya agak malas nulis di blog. Seringnya coba posting di medium. 2016. Aku mencoba membaca lebih banyak komik. Dimulai dari ikutin seri Tintin. Aku ikutin tuh rekomendasi 10 judul Tintin terbaik dari kak Erdiawan Putra. Lalu tahun ini juga aku akhirnya coba baca komik Amerika. Pengen aja baca sesuatu yang beda. Komik. Novel grafis gitu.

Dari penelusuran ask.fm kak Erdiawan. Siapa bilang ask.fm nggak bermanfaat btw. Aku beli dua judul komik Batman. Sebenarnya agak bingung juga, ngikutin superhero amrik dari mana ya. Akhirnya jatuh ke si manusia kelelawar. Tokoh ini juga adalah idola teman sma dulu. Nggak tahu kenapa dulu Jery suka banget sama Batman. And then, aku akhirnya tahu.. Si Batman memang beda dengan superhero lainnya. Dia ngandelin otot dan otaknya. Bukan sekedar jebret dapat kekuatan super dari antah berantah. Ok, lanjut. Dua judul yang aku beli adalah Batman Hush. Sama ... The Long Halloween. 

***
Selain itu, aku juga ngikutin komik lokal. Sayangnya Re:On nggak terkejar dari vol 18. Gara-gara nggak tersedia di lapak online langganan. Parcel Buku. Kalau beli langsung ongkirnya kemahalan. Yang aku ikut itu Kosmik. Selamat ulang tahun pertama buat Kosmik Mook! Salut dengan usaha para komikus di dalamnya. Jadi tahu kan, kenapa tahun ini tiba-tiba ada artikel wawancara dengan Kak Erfan Fajar. Baca deh Arigato Macaroni punya beliau. Ada versi gratisannya di sosmed. Line Webtoon. Ada juga versi cetaknya. Thanks buat kak Ren yang bisa dititipin komiknya yang terbaru. Yuk dukung komik lokal kita. Terakhir aku baca Kosmik 11 sama Mencari Kopi Aceh punya Beng Rahadian.

Dan yang terakhir. Aku ingin membesarkan Ksatria Buku. Mungkin ini semacam balas dendam saya. Di awal-awal pulang. Kepikiran nyari dimana bacaan yang bagus. Meski udah bawa dua dus buku dari Jogja. Di perpus daerah, hanya bisa pinjam maksimal 3 atau 4 buku. Itupun bukunya nggak terlalu update. Pernah dapat perpus yang bagus. Koleksinya lumayan. Soalnya punya Bank Indonesia. Sayang petugasnya nggak stay di sana. Jadinya malah tidak nyaman meminjam buku disana. Setelah berbelanja online yang memudahkan saya beli buku. Haha. Awalnya cuma beli satu dua buku. Ternyata hingga belakangan ini. Tiap bulan rasanya wajib beli buku baru. Alasan saya kerap membeli buku baru adalah sesederhana ketika saya ingin baca fiksi, ada buku fiksi yang bagus di rak lemari. Ketika lagi mood baca non fiksi. Identitas dan Kenikmatan, Kisah-Kisah Penculikan bisa segera saya baca. Nggak perlu ribet menyiksa diri ke perpus. 

***
Ini saja untuk ulang tahun ketiga. Terakhir. Saya sungguh salut untuk teman-teman yang bacaannya sungguh beragam. Berjibun dengan buku-buku bagus. Apalagi yang baru belanja di BBW :). Saya tahu punya akses bacaan bagus nggak sepenting niat baca kita yang tinggi. Sebagus apapun koleksi kita. Nggak akan bermanfaat kalau tidak dibaca. Ok sebelum terkesan sok menggurui dan ngelantur kemana-mana. Saya undur diri. Stay awesome. Salam buku itu seru. Jangan lupa beli buku di toko buku terdekat. Jangan beli buku bajakan. Follow akun instagram dan twitter @ksatriabuku. Terima kasih. Danke.

Xoxo,
Steven S.

Comments

  1. Selamat ulang tahun untuk Haremi Book Corner, semoga resolusinya tercapai semua dan makin diisi dengan banyak konten yang kreatif. Sukses Kak Steven :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Danke mas Bintang. Sukses juga buat kamu.

      Delete
  2. Selamat ulang tahun, Haremi...
    Semoga semakin banyak reviewnya. Suka kagum dengan bacaan yang ada di sini :) Sukses juga untuk Ksatria Buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Danke. Sukses juga buat mbak Desty.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ubur-Ubur Lembur oleh Raditya Dika

Ubur-ubur Lembur by Raditya Dika
My rating: 3 of 5 stars

O0m Dika, eh salah, bang Dika memang terbukti pencerita top.

Ngalir aja. Serasa baca kumpulan cerpen gitu. Tapi bedanya ini pengalaman batin bang Dika sendiri yang diceritain. Teknik berceritanya keren.

Isinya seru. Kontemplatif. Suka sama apa yang dibilang Radit, hiduplah dari apa yang elo senengin. Kira-kira gitu bahasa bebasnya.

selain itu. Jadi penasaran gue kan, sama Radikus makan kakus. yang dimention di bab terakhir gitu. Eh bener ga sih?

Rekomendasi nggak?

Iya, kalau pengen baca tulisan terbaru Radit, elo harus beli bukunya.
Kalau fans Radit garis keras, apalagi. Wajib hukumnya.

Tapi kalau dibilang, bagusan mana, saya akan bilang Koala Kumal ya.

salutlah sama effortnya Raditya dika. Ia bilang nyicil tulisannya di sela-sela jobnya yang udah seabrek cuy, dan bener-bener kelihatan ini kayak perjalanan karirnya dia yang pengen dibagi ke khalayak pembaca.

View all my reviews

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…