Skip to main content

Review Buku Jalan-Jalan Men! Mengejar Dinosaurus

Cerita Seru Bertualang di Yogyakarta


 

Judul buku: Jalan-Jalan Men! Mengejar Dinosaurus.
Penulis: Andra Fembriarto 
Penerbit: Noura Books.
Terbit: 2015. 
Tebal: 236 halaman.
ISBN: 978-602-1306-49-9


Keinginan orang Indonesia untuk menjelajah negerinya sendiri semakin memuncak kala muncul Webseries Jalan-Jalan Men!. Dimulai pada tahun 2012 kolaborasi antara Malesbanget.com dan Valadoo.com telah digandrungi semua kalangan usia. Dipandu oleh dua host super seru dan anak muda banget, Jebraw dan Naya. Berbekal dana terbatas plus semangat, episode awal JJM! Jogja menuai respon positif banyak orang. Kisah seru di balik pilot project tersebut dituangkan dalam JJM! Mengejar Dinosaurus.



Tak kenal maka tak sayang. Di awal pembaca dapat berkenalan lebih jauh dengan orang-orang di balik produksi tayangan JJM!. JJM! Yogyakarta diproduksi oleh kedua situs yang expert dalam pembuatan video & perencanaan perjalanan. Cita-Cita Prasejarah menceritakan awal lahirnya keabsurdan Jebraw. Tergila-gila dengan Dinousaurus. Dia juga memiliki kemampuan menggubah lagu baru secara spontan (hal.17). Tidak kalah dengan ekspresi-ekspresi Naya saat di lokasi. Chemistry yang berhasil ditampilkan kedua host saat syuting terjadi karena keduanya memiliki kesamaan tertentu. Salah satunya imajinasi keduanya yang dituangkan dalam dunia khayalan Naya, Tastustirukka. Sedangkan di balik layar, sang kreator Andra sendiri sejak SMA memiliki passion dalam membuat video pendek. "Rasa penasaran akan membawa kita ke petualangan-petualangan keren!" tegas Andra (hal 47).



Andra merasa yakin dengan prospek acara JJM! dengan visi mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin cinta Indonesia. Perjalanan yang direkam apa adanya tanpa berlebihan mempromosikan sebuah tempat. Plus interaksi kedua pembaca acara yang asyik menjadi nilai lebih JJM!. Dibarengi dengan Jebraw sendiri adalah fans berat Naya. Sedangkan Naya bercita-cita untuk acara perjalanan sendiri. (dan bukan rahasia kalau kedua host sudah saling tertarik satu sama lain sejak awal penyusunan konsep JJM!).



Tanpa ekspektasi tinggi, dimulailah produksi di Yogya. Kisah-Kisah Hari Pertama memuat perjalanan seru mereka keliling Yogya untuk berburu Dinosaurus. Dimulai dengan perkenalan Jebraw dengan Gudeg. Belajar banyak hal baru adalah bonus saat berkunjung ke tempat baru. Satu hal yang harus diperhatikan ketika travelling adalah mengikuti tata krama yang diterapkan di lingkungan lokal. Ada self censorship pula supaya tayangan JJM! bisa lolos sensor ditonton semua kalangan usia. "Sebagai petualang di tempat baru. Kita ibarat tamu, enggak boleh dong seenaknya seperti di rumah sendiri" (hal 86).



Menikmati Gua Pindul, pemandangan menakjubkan kala sunrise di Candi Borobudur adalah sebagian besar highlight perjalanan JJM! Yogya. Dengan konsep interview, kita dapat mengeksplorasi kesan-kesan para kru saat proses syuting. Dibalut dengan kekocakan dan keseruan cerita, tidak heran buku ini begitu mengalir dan menimbulkan kesan Yogya yang ramah, bersahaja, dan nyaman bagi para pelancong. Pokoknya behind the scene keseruan mereka selama di Yogyakarta.



Di akhir, penulis menuliskan kriteria seorang petualang sejati. Hal-hal positif yang ditemui dalam diri Jebraw. Yaitu supel dan suka ngobrol dengan siapa saja, bersemangat, mudah tergugah dengan dunia dan pengalaman baru, dan suka belajar. Kehadirannya membuat JJM! lebih hidup dan berwarna.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa