Sunday 23 June 2024

Ulasan Jagat Alam Gaib: Sinden Gaib oleh Bumi Nusantara (2024)

 

Telusuran Bumi Nusantara tentang sosok Sarinten direkam dalam buku Sinden Gaib.

 

Aku menonton film Sinden Gaib yang baru rilis di Netflix dan menemukan waktu segera membaca novel Sinden Gaib garapan Bumi Nusantara. Ditulis oleh Diosetta. Sebelum ini aku sudah mengumpulkan koleksi dari katalog horor GagasMedia. Filmnya sendiri cukup bikin surprise. Karena diangkat dari kisah nyata. Orangnya masih ada. Tampil juga di ending credit film. Bagaimana keseruan novel ini? Apakah kita akan menemukan cerita pendukung setelah menamatkan film yang meraih 600.000 lebih penonton di 2024 ini? Mari ikuti bersama di tulisan ini.

 

Sinden Gaib kita awali dengan melihat sampul depan terlebih dulu. Meski saya tidak menaruh faktor sampul dalam keinginan mengoleksi buku horor terbitan Gagas. Sosok Ayu yang sedang menari dipegang (kuat-kuat) oleh beberapa orang menjadi kesan utama yang kuat di cover. Ada dialog Tolooong! di sisi kiri dan teriakan Ayu! Sadar Ayu! di sisi kanan membuat pembaca sudah dibuat penasaran akan apa isi bukunya. Kita amati lebih detail ternyata ada sosok lain yang juga sedang menari di latar hitam di sisi atas sampul. Dengan Jagat Alam Gaib dengan penekanan Alam Gaib besar berwarna merah di sisi bawah buku dan judul SINDEN GAIB berwarna putih membuka perjalaan membaca novel terbitan 2024 ini. Pada buku diberikan sebuah pembatas dan bonus merchandise film Sinden Gaib: kartu bersosok mbak Ayu yang jika digeser berubah menjadi sinden, mbak Sarinten. Menarik!

 

Secara umum, perlu diketahui Sinden Gaib adalah kisah asli. kisah nyata. Dibuat lebih dulu di Youtube. Novel ini terbagi menjadi 3 bagian utama. Bab 1 (Babak Pertama Sinden Gaib) adalah cerita perkenalan kita dengan Ayu dan Rara yang mengalami kejadian gaib saat menjalani syuting film dokumenter di daerah Trenggalek. Bagian ke 2 (Jejak Sarinten) adalah telusuran budaya dan snapshot daerah Trenggalek khususnya kecamatan Dongko. Dilanjutkan dengan bagaimana kelanjutan kisah Ayu setelah mengalami perjalanan di bab pertama. Di Bab 3 (Dongeng Sang Sinden) kita akan menemui kisah mula Sarinten. Novel ini enak dibaca karena ceritanya yang seru. Memiliki latar budaya yang kental. Beberapa typo saya kesampingkan karena memilih terfokus dengan rangkaian cerita Diosetta. Betul, novel ini membuatmu tak beranjak. Terfokus dalam pengalaman Ayu dan Rara yang diceritakan dari sudut pandang Rara dan Rendra. Saya menikmati alur Sinden Gaib.

 

Beberapa hal yang saya sukai dari novel Sinden Gaib adalah garapan cerita yang mulus. Diosetta menampilkan aliran cerita yang membuat kita berfokus akan nasib Ayu dkk saat berkegiatan di desa. Tegangnya dapat. Ketakutannya juga terasa. Lalu, sisi misteri ini bisa ditampilkan tanpa melupakan narasi simpati terhadap Ayu. Novel ini bisa menjadi pendukung film yang mumpuni. Ketika penonton ingin tahu lebih detail dengan kisah Ayu. IMO, Novel dan film bisa saling melengkapi dengan apik. Namun bila pembaca ingin membaca saja kisah ini. Tanpa melihat filmnya. Hal ini masih akan sangat menarik.

Saya merekomendasikan novel Sinden Gaib bagi penyuka novel mistis. Maupun pembaca umum yang tertarik dengan film Sinden Gaib. Anda yang ingin mencoba membaca novel horor, dapat memulainya dengan cerita ini. Semoga menarik perhatian teman-teman. Terima kasih.

 

 


No comments:

Post a Comment