Cerita Birthday Fundraising Pertama: Donasi Perpus SMA.



Di bulan ini saya akan berulangtahun, dan saya pikir ada baiknya berbuat sesuatu yang beda.

Ada 1 penggalangan dana yang saya buat di Kitabisa.com.

Semula saya pikir, ide ini apa iya, saya bisa. Namun malam itu keinginan tersebut makin besar setelah baca sosok Timmy, pendiri kitabisa.com di buku “Disruption” karya terbaru Prof Rhenald Kasali. Nothing to lose. Saya segera membuat laman kampanye dan menulis cerita di balik birthday fundraising ini. Ini bukan tentang saya. Ini adalah kesempatan ambil bagian dalam pembangunan pendidikan lokal.

Di dekat rumah. Ada SMA dengan perpus yang sudah establish namun koleksinya masih jauh dari optimal. SMA Kristen YPKPM Ambon namanya. Sekolahnya bisa teman-teman lihat di sini: http://www.smakrisambon.sch.id

Selasa (2/5/17), Pak Jokowi memberikan kabar baik bagi pegiat literasi di daerah. Memang selain harga buku yang naik terus, biaya logistik adalah salah satu alasan tidak banyak orang bisa mengakses buku bermutu. Biaya ongkos kirim akan digratiskan untuk pengiriman ke pelosok. Beliau sadar bahwa butuh regulasi-regulasi yang merangsang minat baca masyarakat.


Tak terkecuali di Ambon, praktis hanya dua toko buku yang menyuplai asupan bacaan bagi masyarakat. Perpus yang dikelola SMA YPKPM pun mulai memantapkan layanan sirkulasi lewat sistem yang lebih baik.

Ada perpus yang ok. Apa yang kita bisa bantu buat meningkatkan minat baca pelajar di sekolah ini? Nggak muluk-muluk, kawan. Tapi ada langkah sederhana.

Membangun minat baca dengan sedikit demi sedikit memberi akses buku kepada mereka. Buku fiksi atau nonfiksi nggak masalah.

Trus. Apa yang bisa kita bantu? 

Pertama, dengan patungan bersama di platform kitabisa, pihak perpus bisa membeli koleksi buku yang jauh lebih beragam. Plus kelengkapan perpus lainnya seperti materi multimedia dan penunjang belajar.

Kedua, bantu share di jejaring sosial dan ajak teman kamu yang lain dukung kampanye ini. Dua hal ini akan sangat berarti.

Menutup tulisan ini, saya akan mengajak Anda untuk melihat sejenak kampanye tersebut di sini: Ayo Ikut Bersyukur di Ultah ke 26 Steven!

Comments