Skip to main content

Semangat Membatu (Official Story TIMNAS U-19) by F.X.Rudi Gunawan & G.C.Utomo

Kisah from zero to hero timnas kebanggaan Indonesia


Semangat Membatu
Penulis : FX. Rudy Gunawan & Guntur Utomo 
Penyunting : Nurjannah Intan & Muhammad Ghofur
Penerbit : Bentang Pustaka
ISBN : 978-602-291-012-1
Harga : Rp 49.000,-

25 Pemain, 5 Pelatih, 2 Staf medis, 2 Kit man, dan 1 Tekad ….

Setelah kata sepakat kami sampaikan, tidak ada lagi konsentrasi yang terbagi selain hanya untuk sepak bola. Perjalanan panjang kami mulai dengan sebuah titik putih di tengah kehidupan kami. Titik putih yang menjadi tanda bahwa kami tak boleh sedikit pun menyerah kalah.

Buku ini merupakan pengingat kisah-kisah yang kami jalani selama berkiprah di persepakbolaan nasional. Layaknya pertandingan sepak bola yang menghadirkan drama-drama dengan hasil yang tak tertebak, perjalanan kami pun diwarnai dengan berbagai macam cerita yang menguras emosi. Namun, seperti apa pun rintangannya, tekad kami sudah membulat: Sang Saka Merah Putih harus berkibar di Piala Dunia!

Pertama selamat buat terbitnya buku resmi Timnas sepakbola Indonesia Under 19 (U-19) besutan pelatih Indra Sjafri. Sebelumnya di tahun 2013 kita begitu bersemangat melihat kiprah Timnas U-19 yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar. Buku ini saya beli sehari setelah menonton langsung pertandingan pertama Tur Nusantara U-19 di MIS (Maguwo Internation Stadium). Melihat dari dekat timnas masa depan Indonesia sungguh menggetarkan jiwa, inilah harapan besar Indonesia bisa berkompetisi di Piala Dunia. Hal inilah yang membuat saya ingin membaca kisah dibalik gempita Timnas U-19. Buku ini benar-benar sebuah inspirasi bagi insan sepakbola Indonesia.

Buku ini dibagi menjadi dua bagian utama, pertama mengenai kisah para pendukung timnas yang telah berperan nyata bagi kelangsungan tim U-19, bagaimana tim ini menjadi idola dan inspirasi buat masyakat Indonesia. Rudy Gunawan disini mengupas cerita menarik seputar kegiatan timnas di Batu, Malang mulai dari bertemu para fans yang ingin berfoto, yoyo test untuk melihat sejauh mana perkembangan dari sisi fisik pemain, hingga cross country sebagai latihan fisik yang beda. Bagian kedua adalah ulasan membangun tim U-19 dari titik pertama hingga menjadi tim yang disegani dan menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Di bagian kedua ini Coach Guntur @GunturCU dengan lugas memberi pandangan mata yang lebih dekat tentang perjalanan keliling Indonesia buat mencari bakat (talent scouting) dan memberi inspirasi kepelatihan bola usia dini yang baik dan benar. Manis dan pahit perjalanan timnas U-19 selalu diterima sebagai pengalaman yang tidak ternilai buat kemajuan sepakbola Indonesia.

Dari awal hingga akhir buku ini, kita disuguhi cerita inspiratif, fakta seputar dunia sepakbola Indonesia yang belum sepenuhnya murni pembinaan olahraga. Tidak sedikit nasihat dan tips buat menjadi pemain bola yang berkualitas. Lewat buku ini saya meyakini virus positif prestasi U-19 dapat menjalar ke pelosok-pelosok nusantara. Saya salut buat para pelatih, official dan pemain yang telah berusaha keras untuk memberikan yang terbaik di lapangan. Semua memiliki andil buat membangun tim masa depan Indonesia, dari supir hingga kitman semuanya punya peran tersendiri. Unity di dalam tim menjadi modal penting kesuksesan tim ini. Dari awal tidak dikenali, diperlakukan sebelah mata oleh masyarakat dan pemerintah hingga saat ini telah mendapat pengakuan dari semua pihak, membuat "Semangat Membatu" layak buat dibaca.

"Cita-cita kami adalah menjadikan Timnas ini sebagai tim yang bisa lolos World Cup."

"Sampaikan ke Korea, siap-siaplah 12 Oktober kita kalahkan!"

"Tiap orang bisa kalah, tetapi saya benci kekalahan. Saya tidak ingin kalah."
Beberapa hal menarik ditulis disini selain cerita lucu salah satu kru pendukung Timnas di Malang bernama "Oweng", cerita salah satu pemain yang bosan dengan menu makanan program pelatnas. Komitmen seseorang untuk menjadi pemain profesional merupakan hal pertama buat menjadi pemain berkualitas, teknik dan hal lainnya bisa dikejar belakangan. 

"Membekali mereka dengan program pendidikan semacam financial management sehingga mereka tahu prinsip mengelola keuangan dari awal."

Buku ini direkomendasikan buat anda yang mengaku gibol dan pendukung Timnas U-19, calon pemain bola masa depan Indonesia, dan para pelatih serta pemerhati pembinaan sepakbola usia dini. Semoga semangat membatu tersampaikan kepada anda.




Comments

Popular posts from this blog

Review Buku Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo.

Halaman Terakhir Yudhi Herwibowo Noura Books, 2015. "Orde Baru, suatu masa … Hoegeng sedang diuji. Dua kasus besar mencuat, mencuri perhatiannya yang kala itu menjabat sebagai Kapolri. Dua kasus yang membuatnya terbentur tembok raksasa dan menguji integritasnya sebagai seorang polisi. Kasus pertama adalah Sum Kuning. Kasus pemerkosaan yang menggegegerkan Kota Yogyakarta. Meski telah menggali amat dalam, selalu ada batu yang mengganjal usahanya menemukan pelaku. Berbagai gangguan mengalihkan penyidikan dari bukti dan fakta. Kasus kedua adalah penyelundupan mobil mewah. Keterlibatan seorang putra pejabat tinggi di tanah air membuat kasus ini sulit menyentuh dasar masalahnya. Seolah para pelaku telah mengantisipasi langkah Hoegeng dan anak buahnya, semakin dalam penyelidikan, semakin bukti itu menghilang. Kasus-kasus itu terus membayangi Hoegeng, membebani nuraninya. Mampukah Hoegeng, sang polisi jujur, menutup mata dan meninggalkan sesuatu ya

Review Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya

Refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris Judul Buku: Alex Ferguson, Autobiografi Saya Penulis: Sir Alex Ferguson. Alih Bahasa: Zia Anshor Cetakan pertama Gramedia Pustaka Utama Sir Alex 26 Years Made Possible Buku ini sungguh luar biasa, mengapa? GPU berhasil menangkap momentum dengan menerbitkan edisi terjemahan buku ini. Sekedar informasi buku asli berbanderol 450 ribu. Selain itu penerbit sekali lagi menghadirkan buku yang berkualitas bagi pembaca Indonesia. Buku ini memperkaya buku olahraga yang jarang beredar. Buku Alex Ferguson, Autobiografi Saya merupakan refleksi kehidupan manager terbaik di ranah Inggris. Membaca buku ini seperti menonton dan merasakan secara langsung perjalanan hidup sang manager. Buku hardcover ini dibuka dengan gambar apresiasi fan MU atas kebersamaan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun di klub tersebut. Seperti menjelajahi perjalanan waktu, di lembaran awal terdapat foto SAF pada awal masa manajerial, dan di lembaran akh

The Ancient Chinese Wisdom oleh Andri Wang

Nilai-nilai kebudayaan Tionghoa untuk kehidupan modern Judul Buku : The Ancient Chinese Wisdom  Penulis : Andry Wang Halaman: 240. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Buku best seller yang ditulis oleh Andri Wang saya beli di Gramedia Amplaz Yogya. Saat itu buku ini berdampingan dengan beberapa buku sejenis di rak pengembangan diri. Ternyata saya tidak salah memilih untuk mebaca buku ini. Saya sangat tertarik karena ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diambil dari budaya tionghoa. Hal ini bisa saya berikan di kemudian hari kepada orang lain tentunya. Penulis menerangkan kebijaksanaan yang berasal dari kebudayaan China yang masih sangat relevan untuk kehidupan modern. Penulis dengan baik menelaah bagian-bagian kehidupan yang dihadapi manusia modern dengan sudut pandang kebudayaan dalam hal ini, kebijaksanaan China. Di hampir setiap artikel penulis mengupas mengenai sejarah dengan simpel sehingga dapat dicerna oleh pembaca, penulis juga mengutip peribahasa