Skip to main content

Semangat Membatu (Official Story TIMNAS U-19) by F.X.Rudi Gunawan & G.C.Utomo

Kisah from zero to hero timnas kebanggaan Indonesia


Semangat Membatu
Penulis : FX. Rudy Gunawan & Guntur Utomo 
Penyunting : Nurjannah Intan & Muhammad Ghofur
Penerbit : Bentang Pustaka
ISBN : 978-602-291-012-1
Harga : Rp 49.000,-

25 Pemain, 5 Pelatih, 2 Staf medis, 2 Kit man, dan 1 Tekad ….

Setelah kata sepakat kami sampaikan, tidak ada lagi konsentrasi yang terbagi selain hanya untuk sepak bola. Perjalanan panjang kami mulai dengan sebuah titik putih di tengah kehidupan kami. Titik putih yang menjadi tanda bahwa kami tak boleh sedikit pun menyerah kalah.

Buku ini merupakan pengingat kisah-kisah yang kami jalani selama berkiprah di persepakbolaan nasional. Layaknya pertandingan sepak bola yang menghadirkan drama-drama dengan hasil yang tak tertebak, perjalanan kami pun diwarnai dengan berbagai macam cerita yang menguras emosi. Namun, seperti apa pun rintangannya, tekad kami sudah membulat: Sang Saka Merah Putih harus berkibar di Piala Dunia!

Pertama selamat buat terbitnya buku resmi Timnas sepakbola Indonesia Under 19 (U-19) besutan pelatih Indra Sjafri. Sebelumnya di tahun 2013 kita begitu bersemangat melihat kiprah Timnas U-19 yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar. Buku ini saya beli sehari setelah menonton langsung pertandingan pertama Tur Nusantara U-19 di MIS (Maguwo Internation Stadium). Melihat dari dekat timnas masa depan Indonesia sungguh menggetarkan jiwa, inilah harapan besar Indonesia bisa berkompetisi di Piala Dunia. Hal inilah yang membuat saya ingin membaca kisah dibalik gempita Timnas U-19. Buku ini benar-benar sebuah inspirasi bagi insan sepakbola Indonesia.

Buku ini dibagi menjadi dua bagian utama, pertama mengenai kisah para pendukung timnas yang telah berperan nyata bagi kelangsungan tim U-19, bagaimana tim ini menjadi idola dan inspirasi buat masyakat Indonesia. Rudy Gunawan disini mengupas cerita menarik seputar kegiatan timnas di Batu, Malang mulai dari bertemu para fans yang ingin berfoto, yoyo test untuk melihat sejauh mana perkembangan dari sisi fisik pemain, hingga cross country sebagai latihan fisik yang beda. Bagian kedua adalah ulasan membangun tim U-19 dari titik pertama hingga menjadi tim yang disegani dan menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Di bagian kedua ini Coach Guntur @GunturCU dengan lugas memberi pandangan mata yang lebih dekat tentang perjalanan keliling Indonesia buat mencari bakat (talent scouting) dan memberi inspirasi kepelatihan bola usia dini yang baik dan benar. Manis dan pahit perjalanan timnas U-19 selalu diterima sebagai pengalaman yang tidak ternilai buat kemajuan sepakbola Indonesia.

Dari awal hingga akhir buku ini, kita disuguhi cerita inspiratif, fakta seputar dunia sepakbola Indonesia yang belum sepenuhnya murni pembinaan olahraga. Tidak sedikit nasihat dan tips buat menjadi pemain bola yang berkualitas. Lewat buku ini saya meyakini virus positif prestasi U-19 dapat menjalar ke pelosok-pelosok nusantara. Saya salut buat para pelatih, official dan pemain yang telah berusaha keras untuk memberikan yang terbaik di lapangan. Semua memiliki andil buat membangun tim masa depan Indonesia, dari supir hingga kitman semuanya punya peran tersendiri. Unity di dalam tim menjadi modal penting kesuksesan tim ini. Dari awal tidak dikenali, diperlakukan sebelah mata oleh masyarakat dan pemerintah hingga saat ini telah mendapat pengakuan dari semua pihak, membuat "Semangat Membatu" layak buat dibaca.

"Cita-cita kami adalah menjadikan Timnas ini sebagai tim yang bisa lolos World Cup."

"Sampaikan ke Korea, siap-siaplah 12 Oktober kita kalahkan!"

"Tiap orang bisa kalah, tetapi saya benci kekalahan. Saya tidak ingin kalah."
Beberapa hal menarik ditulis disini selain cerita lucu salah satu kru pendukung Timnas di Malang bernama "Oweng", cerita salah satu pemain yang bosan dengan menu makanan program pelatnas. Komitmen seseorang untuk menjadi pemain profesional merupakan hal pertama buat menjadi pemain berkualitas, teknik dan hal lainnya bisa dikejar belakangan. 

"Membekali mereka dengan program pendidikan semacam financial management sehingga mereka tahu prinsip mengelola keuangan dari awal."

Buku ini direkomendasikan buat anda yang mengaku gibol dan pendukung Timnas U-19, calon pemain bola masa depan Indonesia, dan para pelatih serta pemerhati pembinaan sepakbola usia dini. Semoga semangat membatu tersampaikan kepada anda.




Comments

Popular posts from this blog

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…

Ulasan Buku: "Kisah Saya-My Story" oleh Steven Gerrard.

Mengesankan. Fantastis.


*Steven Gerrard sang bocah yang menjalani kehidupan impiannya bersama Liverpool.

* Bermain di liga Premier Inggris bukan persoalan mudah.
* Beban bermain untuk timnas Inggris terlalu berat. Selain itu Timnas selalu diisi oleh pemain bintang. Banyak ego di dalamnya.
Kabar menyenangkan saya dapatkan saat melihat kabar biografi Steven Gerrard akan dirilis bulan Februari 2017. Setelah setahun silam, biografi Andrea Pirlo juga diterbitkan oleh penerbit yang sama, KPG. Seakan sudah menjadi tradisi setiap tahun ada sebuah buku bertema sepakbola akan menyapa pembaca Indonesia. "Kisah Saya" merupakan rangkuman apa yang dirasakan sang kapten selama masa 27 tahun karir sepakbola miliknya, 17 tahun mengesankan diantaranya di tim utama klub yang sama, Liverpool.



Stevie G, layak dikenang sebagai salah seorang pemain terbaik di dunia. Mungkin tidak dalam mendekati level seperti "Messi" atau "Ronaldo-CR7". Namun eksplosivitas, kemampuan terbaik mengan…