Skip to main content

Indra Sjafri: Menolak Menyerah oleh F.X.Rudy Gunawan

Tekad yang bulat buat sepakbola Indonesia


Indra Sjafri: Menolak Menyerah
Penulis : F.X. Rudy Gunawan
Penyunting : Ikhdah Henny
Penerbit : Bentang Pustaka
ISBN : 978-602-291-011-4
Harga : Rp 44.000,-
——————————————————
“Kita ingin masuk semifinal dan lolos ke Piala Dunia 2015 di Selandia baru. Saat ini, kita sudah mengalahkan Juara Asia, tahun depan kita kalahkan Juara Dunia. Semua pasti kaget mendengar target kami. Tapi ini bukan sekadar mimpi. Kalau tidak yakin, seumur hidup kita tidak akan pernah jadi Juara!”

—Indra Sjafri

Nama Indra Sjafri melesat sejak kemenangan bertubi-tubi yang diraih oleh Timnas U-19 asuhannya. Prediksinya yang akurat, keseriusannya menjelajahi Indonesia demi menemukan bakat baru yang berkualitas, totalitas dalam dunia yang ditekuninya, hingga kepercayaan diri yang mengakar kuat, membuat head coach U-19 ini  sangat diperhitungkan di persepakbolaan Indonesia. Indra tak pernah membuat langkah instan dalam hidupnya. Semua pencapaiannya saat ini, dimulai dari kerja keras dan keyakinan yang ia bangun sejak usianya yang masih belia.

Setelah membaca buku perjalanan Timnas U-19 tidak lengkap rasanya bila tidak menghabiskan biografi sang pelatih yang berjasa mengantarkan tim kebanggaan rakyat Indonesia ke putaran final Piala Asia Oktober 2014 di Myanmar. Diterbitkan bersamaan dengan buku Semangat Membatu, juga bertepatan saat ulang tahun ke 51 coach Indra di Yogyakarta. Satu hal yang menginspirasi buat tidak menyerah untuk berbuat sesuatu untuk kemajuan Indonesia tercinta.

Buku yang dilengkapi dengan berita terkait di media membuat pembaca dapat mengingat kembali perjalanan coach Indra dan tim untuk mengangkat tinggi nama Indonesia di pentas sepakbola dunia. FX Rudi Gunawan memberikan sajian menarik buat pendukung timnas U-19, berupa kisah perjalanan Indra Sjafri dari desa Lubuk Nyiur, Provinsi Sumatra Barat hingga mendapatkan posisi melatih timnas U-16 yang kelak menjadi timnas U-19 saat ini. Dari awal kehidupannya telah menunjukkan pribadi yang berbeda, memiliki keunikan tersendiri, Sejak kecil giat membantu orang tua dan aktif dalam kegiatan sosial di lingkungannya. Hal menarik ketika masa SMP ia senang melihat jalannya sebuah proyek pembangunan, berjam-jam bisa dilalui mengamati runtutan proses tersebut. Nampaknya dari dulu, coach Indra memiliki sebuah perhatian khusus dalam kegiatan pembangunan, bukti nyata pada masa sekarang ia diserahi tanggung jawab penuh yang didukung oleh Presiden SBY untuk menggawangi timnas U-19. 

Bagaimana karir sepakbola dan kepelatihan coach Indra? Bagaimana kiprah coach Indra dalam membangun timnas U-19? Seperti apa perjalanan coach Indra memulai keluarga? Selain itu tergambar jelas dedikasinya dalam menukangi timnas, saat timnas masih belum mendapat perhatian masyarakat plus minimnya dukungan dari PSSI. Membaca buku ini kita diajak untuk menaruh harapan yang tidak mustahil, bahwa Indonesia mampu berbicara di pentas sepakbola internasional. Pantang menyerah tanpa memperdulikan imbalan atau pengakuan dalam berkontribusi bagi bangsa, merupakan teladan mulia yang ingin disampaikan lewat buku ini kepada masyarakat Indonesia khususnya kalangan pemuda Indonesia. salah satu hal yang bisa diberikan untuk mengharumkan nama bangsa yaitu lewat cabang olahraga sepakbola.


"Kita bisa berbuat banyak hanya dengan menunjukkan prestasi karena prestasi akhirnya akan memunculkan pengakuan dan dukungan masyarakat luas." - Indra Safri -

Buku ini layak dibaca bagi anda pemerhati sepakbola Indonesia, penggila bola yang penasaran salah satu kunci sukses dari timnas Indonesia U-19. Sukses buat coach Indra dan Terbang tinggi Indonesiaku!

Comments

Popular posts from this blog

Ubur-Ubur Lembur oleh Raditya Dika

Ubur-ubur Lembur by Raditya Dika
My rating: 3 of 5 stars

O0m Dika, eh salah, bang Dika memang terbukti pencerita top.

Ngalir aja. Serasa baca kumpulan cerpen gitu. Tapi bedanya ini pengalaman batin bang Dika sendiri yang diceritain. Teknik berceritanya keren.

Isinya seru. Kontemplatif. Suka sama apa yang dibilang Radit, hiduplah dari apa yang elo senengin. Kira-kira gitu bahasa bebasnya.

selain itu. Jadi penasaran gue kan, sama Radikus makan kakus. yang dimention di bab terakhir gitu. Eh bener ga sih?

Rekomendasi nggak?

Iya, kalau pengen baca tulisan terbaru Radit, elo harus beli bukunya.
Kalau fans Radit garis keras, apalagi. Wajib hukumnya.

Tapi kalau dibilang, bagusan mana, saya akan bilang Koala Kumal ya.

salutlah sama effortnya Raditya dika. Ia bilang nyicil tulisannya di sela-sela jobnya yang udah seabrek cuy, dan bener-bener kelihatan ini kayak perjalanan karirnya dia yang pengen dibagi ke khalayak pembaca.

View all my reviews

Review Buku "Memimpin" oleh Alex Ferguson dan Michael Moritz

Rasanya menyenangkan dapat (mencoba) memahami resep memimpin yang diutarakan Sir Alex Ferguson. Bahasan tentang dunia manager klub Liga Inggris sangat menggoda. Bacaan ini sudah masuk dalam radar saya untuk dibeli sekitar beberapa tahun silam, waktu keluar dalam rilisan punggung keras. Namun keinginan tersebut seringkali tumpul karena harganya yang kelewat mahal, dan meski sudah ada rilis softcover, buku-buku lain seperti The Upstarts, Thank You For Being Late, Shoe Dog, dan The Elements of Journalism sudah memberatkan belanja saya.

Enter The Magical Realm - Superhero Fantasy

Ulasan Superhero Fantasy plus 1st Giveaway H23BCSelamat datang di rangkaian Around The Genres in 30 Days Blogger Buku Indonesia (BBI). Silakan nikmati semua post yang akan ditampilkan di Blog Buku Haremi. Aku sangat excited! Ini adalah kesempatan pertamaku meramaikan event HUT ke 4 BBI. Semoga kalian bisa terhibur dan semakin suka dengan review buku komunitas BBI.




Di post kali ini H23BC kebagian mengulas tentang subgenre fantasi, sudah bisa ditebak kan? Yap, Superhero Fantasy (SF). Siapa sih yang sekarang enggak ngikutin serial TV Arrow atau The Flash. Atau yang paling ditunggu-tunggu tahun ini film besutan terbaru Marvel Avengers: Age of Ultron. Kira-kira udah bisa ngebayangin seperti apa SF. Genre ini memang sangat populer dan punya basis penggemar yang kuat. Identitas rahasia dan misi utamanya untuk mengalakan kejahatan adalah karakteristik utama dari subgenre ini.



Apakah di cerita tersebut bisa kamu temukan ada seseorang dengan kemampuan super spesial, standar moral yang tinggi, du…