Thursday 11 July 2024

Review Buku "Belajar Marketing Belajar Hidup" dari Henry Manampiring (2024)

 


Memaknai hidup dari belajar marketing. Dimulai dari tahu bedanya sales sama marketing. 

Om Piring, bikin buku marketing. Sekaligus buku pengembangan diri. Henry Manampiring menerbitkan buku baru berjudul “Belajar Marketing Belajar Hidup” Juni 2024. Dikenal lebih dulu lewat bukunya yang mega best seller, “Filosofi Teras”, Henry menerbitkan novel “Hitam 2045”, kemudian nonfiksi filsafat “The Compass”.

Saya kutip dari Kompas.id, ”Dari dulu saya enggak mau menulis buku marketing. Pertama enek karena marketing itu pekerjaan, masak yang ditulis itu lagi? Kedua, buku marketing udah banyak. Sampai akhirnya akhir tahun lalu kesambe, dapat wangsit. Saya terpikir gimana kalau marketing ini digabungkan dengan pengembangan diri? ” kata Henry dalam peluncuran buku Belajar Marketing Belajar Hidup di Kompas Institute, Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Saat promonya digeber di Instagram Penerbit Buku Kompas. Saya langsung ancang-ancang untuk membelinya di masa preorder. Saya memesannya di Shopee “Patjarmerah” dengan keunggulan gratis ongkos kirim. Fitur ini baru saya jajal belakangan. Sebelumnya pembelian buku selalu dilakukan di lokapasar ijo. Setelah bukunya sudah tiba di tangan pembaca. Saya cek di ig PBK. Selang beberapa hari. Patjarmerah pun mengirimkan buku Om Piring ke Ambon. Syukurlah, jadi bisa segera dibaca. Bagaimana kesan saya atas buku terbaru Om Piring ini? Bagus dan layak dikoleksi kah? Simak bersama di tulisan ini sampai akhir.

 

Pertama, kita lihat sampulnya dulu. Sampulnya cakep! Sampul depannya gress. Apalagi bagian belakangnya. Saya kira inovasi sampul ini keren banget dan bikin orang penasaran buat beli. Lalu apa sih isi buku ini? Yaa. Secara umum, ada dua hal yang diungkapkan penulis dalam buku ini. Soal marketing lalu disambung dengan aplikasinya dalam hidup kita. Aku membaca buku ini tidak sekali duduk. Aku nikmati seperti lagi duduk nongkrong sama Om Piring. Dengerin apa pengalaman Om Piring gitu. At the end, seru abis bukunya. Aku dapat pengalaman dan ilmu yang lumayan. Selain terhibur tentunya. WAAAH paket lengkap dong ya.. ^^v Dapet ilmu, dapat terhiburnya juga. Hahaha.. Tapi beneran itu kesan saya membaca buku ini loh.

Hal yang saya sukai dari buku ini adalah: Ini buku tapi nggak berasa buku. Nah Loh! Di awal buku ini, penulis udah ngasih tahu klo ini semacam tumpahan isi kepala penulis. Anggap aja dengerin om-om cerita. Di sini kita udah bisa lah ya, ngasih ekspektasi isi bukunya. IMO. Buku ini beda dari buku-buku lainnya karena: ini kayak lagi diceritain panjang lebar sama orang. Dan saya ternyata suka dengan jenis nonfiksi naratif seperti ini. Di kemudian hari, saya nggak keberatan untuk baca buku nonfiksi. Dengan aliran narasi seperti sebuah obrolan.

Hal lainnya tentu saja adalah pengalaman soal marketing. Pula aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Om Piring seru dalam membahas perihal dunia marketing dan pengembangan diri. Saya menunggu untuk bisa baca buku selanjutnya. Sukses dan salam sehat untuk Henry Manampiring.

Overall: TOP dah! Saya merekomendasikan buku ini pada semua orang. Mau muda. Mau yang udah masuk usia pensiun. Silakan simak buku terbitan Buku Kompas ini.

 

 

No comments:

Post a Comment