Review Buku Seperti Bulan dan Matahari, Catatan Seorang Diplomat Amerika




CATATAN tentang kehidupan budaya, agama, dan politik di Indonesia sebagaimana yang dilihat lewat kacamata Stanley Harsha, seorang mantan diplomat Amerika Serikat yang terlibat “love affair” dengan Indonesia selama hampir 30 tahun. Menunjukkan keluasan wawasan penulis soal budaya Nusantara yang beragam, termasuk wawasan tentang etika dan adat perkawinan Jawa yang ia dapat dari calon mertua.

BUKU berisi kajian perbandingan antara masyarakat dan budaya Amerika Serikat dan Indonesia, dua bangsa yang kini sama-sama memiliki pemimpin populis, Barack Obama dan Joko Widodo (Jokowi); serta cerita tentang hari-hari yang mencekam di Kedubes AS di Jakarta, saat merebaknya gelombang demonstrasi anti-AS pasca-serangan 11 September 2001 dan penyerbuan AS ke Afganistan.





Bacaan yang dipandang penting untuk memahami Indonesia dan Amerika lewat kacamata Stanley Harsha. Berbekal pengalamannya sebagai diplomat Kedubes AS, dirinya membangun dan turut berproses di Indonesia. Buku ini bukan saja bercerita tentang kehidupannya yang berubah sejak tinggal di Indonesia, membangun keluarga yang bersahaja dan berkenalan dengan nilai-nilai luhur kehidupan dan tradisi kehidupan Indonesia, namun juga berisikan pandangan kritis yang konstruktif baik untuk kemajuan AS dan Indonesia. (ss)

Comments